10 Jenis Makanan Terbaik untuk Membersihkan Arteri dan Melindungi Serangan Jantung - Ashefa Griya Pusaka

10 Jenis Makanan Terbaik untuk Membersihkan Arteri dan Melindungi Serangan Jantung

makanan terbaik untuk melindungi jantung 1
Share on:

Jika Anda mengonsumsi terlalu banyak makanan berlemak dan kaya kolesterol secara teratur, lemak, kolesterol, dan kotoran lainnya yang berlebihan ini dapat menyumbat pembuluh arteri dan membuatnya menyempit. Seiring berjalannya waktu, penyumbatan ini dapat menjadi lebih besar dan pada akhirnya menyebabkan serangan jantung dan berpotensi membahayakan nyawa Anda.

Untungnya, ada cara mudah untuk mencegah penyumbatan arteri dan melindunginya dari penumpukan lemak dan kolesterol. Dan cara mudahnya adalah melalui makanan yang Anda konsumsi. Ya, ada makanan tertentu yang dapat Anda sertakan dalam diet harian Anda yang akan memastikan pembuluh arteri Anda tetap dalam kondisi prima dan meningkatkan kesehatan jantung Anda.

Bawang Putih

Bawang putih kaya akan antioksidan yang mencegah peradangan. Selain itu, meningkatkan sirkulasi darah, memperlebar pembuluh darah, dan menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat). Sifat-sifat bawang putih ini berpotensi mencegah penyumbatan pembuluh arteri dan memastikan fungsi jantung yang sehat.

Makanlah 1 atau 2 siung bawang putih mentah setiap pagi sebelum sarapan. Selain itu, Anda dapat menambahkannya ke salad, sup, dan resep lainnya secara teratur. Teratur mengonsumsi bawang putih memastikan pembuluh arteri anda bersih dari tumpukan kolesterol dan dengan sendirinya risiko serangan jantung pun rendah.

Buah Delima

Delima bersifat anti inflamasi sehingga mampu mencegah aktivitas radikal bebas di pembuluh arteri dan juga mencegah penumpukan lemak di arteri. Senyawa yang terdapat dalam buah delima akan menginduksi produksi oksida nitrat dalam tubuh, yang dapat memperlebar arteri dan meningkatkan aliran darah di wilayah tersebut.

Makanlah minimal 1 buah delima sehari atau minum jus delima mentah tanpa menambahkan gula. Rutin melakukannya akan membuat jantung anda sehat dan penyakit berbahaya pun menjauh.

Teh Hijau

Teh hijau kaya akan katekismus, yaitu sejenis antioksidan yang mencegah penumpukan LDL atau kolesterol jahat dalam tubuh Anda. Selain itu, teh hijau bila dikonsumsi dengan teratur dapat meningkatkan metabolisme dan memastikan kesehatan jantung dan arteri Anda.

Teh hijau mengandung polifenol tingkat tinggi, yang merupakan antioksidan kuat yang dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Teh hijau mengandung kafein dan asam amino L-theanine, yang dapat membantu meningkatkan fungsi otak, termasuk suasana hati, memori, dan waktu reaksi. Minumlah satu atau dua cangkir teh hijau setiap hari sebelum makan rutin Anda.

Bayam

Bayam mengandung oksida nitrat, yang mencegah pembentukan plak dan pembekuan darah di arteri. Sayuran hijau ini juga kaya akan vitamin A dan C, yang mampu melawan kolesterol yang menempel di dinding arteri dan mengeluarkannya dari sistem metabolisme tubuh Anda.

Penyakit Hati Berlemak Non Alkoholik disebut NAFLD. Sebuah penelitian mengamati tikus, yang mengonsumsi makanan tinggi lemak dan menderita NAFLD. Pola makan tinggi lemak juga menyebabkan kolesterol tinggi dan mengubah mikrobiota usus. Ini juga mengubah pola asam lemak rantai pendek dan metabolit mikroba usus fenolik.

Melengkapi pola makan dengan bayam membantu memperbaiki beberapa perubahan yang disebabkan oleh pola makan tinggi lemak. Secara khusus, bayam membantu meningkatkan jumlah Lactobacillus (mikroba usus yang sehat). Menambahkan bayam ke dalam makanan juga membantu menurunkan kadar glukosa puasa. Ini juga mengurangi kolesterol total dan kolesterol lipoprotein densitas rendah. Usahakan untuk mengonsumsi 1/2 cangkir bayam setiap hari bersamaan dengan makanan Anda.

Asparagus

Asparagus memiliki kemampuan alami untuk melawan penyumbatan arteri dan tekanan darah abnormal. Kehadiran Vitamin-K dalam asparagus mencegah akumulasi kalsium di pembuluh darah dan mencegah penyumbatan yang diakibatkannya. Cobalah memasukkan asparagus ke dalam makanan Anda setidaknya 3 hingga 4 kali seminggu.

Alpukat

Alpukat kaya akan lemak sehat dan kolesterol baik. Buah yang satu ini akan dapat membantu menurunkan tingkat LDL atau kolesterol jahat. Selain itu, mengandung vitamin E, folat, dan potasium yang akan mencegah oksidasi kolesterol sehingga menurunkan kadar homosistein dalam darah dan menurunkan tekanan darah. Karena itu usahakan untuk mengonsumsi setidaknya 1/2 buah alpukat setiap hari.

Kunyit

Seperti banyak rempah-rempah lainnya, kunyit merupakan sumber yang kaya akan banyak mineral penting. Ini termasuk zat besi (jenis nonheme yang tidak menumpuk di darah), tembaga, mangan, seng, magnesium, dan kalium. Kunyit segar juga mengandung sedikit serat.

Namun, keunggulan terbesar kunyit adalah kurkuminoidnya – senyawa yang tidak hanya memberikan warna kuning pada akar, tetapi juga banyak manfaat kesehatannya. Kurkuminoid utama adalah kurkumin, yang meskipun namanya, tidak berasal dari jintan. Kurkumin adalah polifenol, senyawa tumbuhan yang bertindak sebagai antioksidan dalam makanan kita dan memiliki sifat melawan penyakit.

Kurkumin yang masuk ke tubuh akan melawan peradangan di arteri, mencegah penyumbatan, dan menurunkan tingkat kolesterol LDL. Tambahkan 1 sdt bubuk kunyit ke dalam segelas susu, aduk rata dan minum setiap hari.

Brokoli

Brokoli kaya akan vitamin K yang mencegah pengerasan pembuluh darah arteri. Selain itu, brokoli mampu mencegah oksidasi kolesterol LDL dan berpotensi mencegah segala kondisi jantung. Brokoli juga kaya akan kandungan serat yang membantu menurunkan tekanan darah dan menurunkan stres. Sertakan brokoli dalam makanan Anda setidaknya 3 hingga 4 kali seminggu.

Apel

Apel mengandung antioksidan, vitamin, serat makanan, dan berbagai nutrisi lainnya. Karena kandungan nutrisinya yang bervariasi, apel bisa menjadi tambahan makanan sehat untuk diet seimbang. Apel hadir dalam berbagai bentuk, warna, dan rasa. Mereka menyediakan berbagai nutrisi yang dapat bermanfaat bagi banyak aspek kesehatan seseorang.

Apel adalah sumber yang kaya pektin, yang membantu menurunkan kadar kolesterol LDL. Selain itu, apel juga mengandung senyawa flavonoid yang memerangi penyakit arteri koroner dan kondisi terkait jantung lainnya.

Sebuah studi tahun 2019 menemukan bahwa makan dua apel mentah setiap hari selama 8 minggu menurunkan kadar kolesterol pada orang sehat. Namun, meminum jus apel bening tidak memberikan dampak yang sama. Serat dalam apel membantu mengurangi kolesterol. Konsumsilah setidaknya satu apel sehari untuk mendapatkan manfaatnya.

Biji Chia

Biji chia kaya akan asam lemak omega-3 dan merupakan sumber serat yang kaya. Kedua bahan ini membantu menjaga kesehatan jantung dan pembuluh arteri dalam kondisi prima, serta serat dalam mengatur tekanan darah yang sehat. Taburkan sedikit biji chia ke sereal dan yogurt Anda dan cobalah mengonsumsinya setidaknya 4 hingga 5 kali seminggu.

Scroll to Top