Cara Mengatasi Nyeri Leher Kronis dengan Cepat - Ashefa Griya Pusaka

Cara Mengatasi Nyeri Leher Kronis dengan Cepat

nyeri leher kronis
Share on:

Nyeri leher (serviksgia) dibedakan dalam dua yaitu nyeri leher akut dan nyeri leher kronis. Dengan istirahat, nyeri leher akut akan sembuh dalam beberapa hari. Namun nyeri leher kronis bisa berlangsung hingga tiga bulan. Itu menandakan kondisi mendasar yang memerlukan pengobatan. Bagaimana cara mengatasi nyeri leher kronis dengan cepat?

Apa Itu Sakit Leher Kronis?

Leher memungkinkan manusia melakukan mobilitas yang kompleks. Dengan tujuh tulang belakang, tumpukan cakram, jaringan saraf dan pembuluh darah, serta banyak otot, leher dapat berputar dan menopang kepala. Kerusakan di mana saja di sepanjang matriks rumit ini berkontribusi terhadap nyeri leher. Saraf terjepit, persendian yang meradang, simpul otot, semuanya menghasilkan sinyal rasa sakit secara berlebihan.

Nyeri leher kronis adalah nyeri terus-menerus pada leher yang berlangsung lebih dari 3 bulan. Ini mungkin dimulai secara tiba-tiba setelah cedera, atau terjadi secara bertahap seiring berjalannya waktu. Nyeri leher dapat berkisar dari ringan hingga parah, dan dapat menyebar ke area seperti kepala, bahu, lengan, atau punggung atas.

Nyeri leher aksial mengacu pada nyeri yang berpusat di tulang belakang leher dan daerah leher. Nyeri radikuler mengacu pada nyeri yang menyebar ke area lain. Nyeri leher kronis dapat berdampak negatif pada kualitas hidup, tidur, suasana hati, dan aktivitas sehari-hari.

Gejala-gejala sakit leher kronis bisa berupa :

  • Sakit, kaku, atau nyeri pada leher
  • Rasa sakit yang tajam dan menusuk yang menjalar ke lengan atau bahu
  • Mati rasa atau kesemutan pada lengan atau tangan
  • Sakit kepala yang berasal dari dasar tengkorak
  • Berkurangnya rentang gerak saat memutar atau menekuk leher
  • Kejang otot di leher dan bahu
  • Suara gerinda atau letupan saat menggerakkan leher

Nyeri leher sangat umum terjadi di seluruh dunia, meskipun tampaknya lebih umum terjadi di negara-negara Barat yang maju dibandingkan dengan negara-negara berkembang. Studi epidemiologi memperkirakan prevalensi nyeri leher secara global berkisar antara 5,9% hingga 38,7%.

Penyebab Umum Nyeri Leher

Epidemi nyeri leher kronis di zaman modern berkorelasi dengan meningkatnya penggunaan perangkat genggam seperti ponsel pintar dan tablet. Menggunakan gadget selama berjam-jam dapat menyebabkan rasa sakit karena memberikan tekanan pada otot leher dan tulang belakang. “Postur teknologi” yang buruk ini dapat menyebabkan nyeri otot dan kekakuan sendi seiring berjalannya waktu.

Sebuah penelitian menemukan bahwa pekerja kantoran lebih mudah menderita nyeri leher dan bahu setelah 90 menit membungkuk di depan komputer. Beristirahat secara teratur dan secara sadar menjaga postur tegak saat menggunakan perangkat membantu mencegah nyeri leher terkait teknologi. Peralatan ergonomis seperti dudukan yang menaikkan ketinggian layar juga mengurangi ketegangan pada leher. Singkatnya, menatap ponsel mungkin terasa nyaman, namun dapat menyebabkan beberapa masalah leher yang serius.

Ada banyak kemungkinan penyebab nyeri leher kronis. Beberapa yang paling umum meliputi:

  • Cakram hernia: Tulang belakang dilindungi oleh cakram yang dapat mengalami herniasi atau pecah, sehingga memberikan tekanan pada saraf di dekatnya yang disebut akar saraf. Hal ini sering kali menyebabkan nyeri yang menjalar ke lengan (nyeri yang dimaksud). Jenis nyeri ini sering disebut nyeri radikuler atau radikulopati.
  • Stenosis tulang belakang: Penyempitan saluran tulang belakang memberi tekanan pada sumsum tulang belakang dan saraf. Hal ini lebih sering terjadi pada orang tua.
  • Osteoartritis: Rusaknya tulang rawan dan tulang menyebabkan kekakuan dan nyeri pada sendi leher.
  • Penyakit cakram degeneratif: Cakram kehilangan hidrasi dan tinggi badan seiring berjalannya waktu. Hal ini dapat menyebabkan saraf terjepit.
  • Whiplash: Kecelakaan mobil atau terjatuh dapat menyebabkan leher menjadi hiperekstensi dan mengakibatkan ketegangan ligamen atau otot.
  • Postur tubuh yang buruk: Postur tubuh yang buruk memberikan tekanan ekstra pada leher. Misalnya, sering membungkuk di atas meja atau sering menatap ponsel.
  • Ketegangan otot: Penggunaan otot leher yang berlebihan dapat menyebabkan kejang dan sesak yang menyakitkan.
  • Tidur tengkurap: Hal ini dapat mengiritasi sendi facet di leher, menyebabkan ketegangan otot, kekakuan, dan saraf terjepit.

Kesamaan dari semua hal di atas adalah peradangan. Peradangan menyebabkan nyeri leher dan mengobati peradangan itu akan meredakan nyeri leher.

Mengenal Anatomi Leher

Leher memiliki sistem rumit yang terdiri dari tulang, saraf, otot, ligamen, dan tendon yang saling berhubungan. Memahami anatomi struktur leher dapat membantu mengidentifikasi penyebab nyeri leher.

Tulang Belakang Serviks

Tulang belakang berlapis tujuh yang membentuk leher disebut tulang belakang leher. Tulang-tulang ini melindungi sumsum tulang belakang dan memungkinkan pergerakan kepala. Vertebra pertama (C1) terhubung ke tengkorak di sendi atlantooccipital. Vertebra kedua (C2) membentuk titik pivot yang memungkinkan kepala menoleh ke kiri dan ke kanan.

Cakram

Antara setiap ruas tulang belakang merupakan suatu cakram yang terdiri dari inti bagian dalam yang lembut seperti gel yang dikelilingi oleh bagian luar yang lebih keras. Cakram ini melindungi tulang belakang dan mencegahnya saling bergesekan.

Saraf

Sumsum tulang belakang berjalan melalui bagian tengah berongga tulang belakang, memanjang dari batang otak hingga punggung bawah. Saraf bercabang melalui bukaan di kedua sisi tulang belakang leher untuk terhubung dengan otot dan reseptor sensorik.

Otot dan Ligamen

Lapisan otot leher mengelilingi tulang belakang dan memungkinkan kepala bergerak ke berbagai arah. Ligamen menghubungkan tulang belakang dan memberikan stabilitas.

Mendiagnosis Penyebab dan Pengobatan Sakit Leher Kronis

Dokter biasanya akan memulai dengan pertanyaan – kualitas nyeri, gerakan leher yang memicu atau meredakannya, terkait mati rasa. Berikutnya adalah pemeriksaan langsung yang cermat. Pencitraan seperti rontgen, CT scan atau MRI mengkonfirmasi dugaan kelainan struktural seperti herniasi diskus, arthritis atau taji tulang. Hanya dengan begitu pengobatan yang disesuaikan dapat dimulai – pengobatan, terapi fisik, suntikan, pembedahan, atau kemungkinan terapi multi-modal.

Ada berbagai kemungkinan pengobatan tergantung pada penyebab dan tingkat keparahan nyeri leher kronis. Kebanyakan penderita merasakan kelegaan dengan menggabungkan pendekatan seperti:

Obat-obatan

Meredakan nyeri leher kronis dimulai dengan sederhana – dengan obat golongan NSAID untuk menenangkan peradangan, pelemas otot untuk melepaskan ikatan, dan obat saraf seperti antidepresan atau antikonvulsan. NSAID yang dijual bebas mengobati iritasi otot atau sendi secara langsung. Relaksan otot meredakan kejang tetapi menyebabkan sedasi. Antidepresan trisiklik (TCA) akan menstabilkan saraf dan meningkatkan pereda nyeri alami. Antikonvulsan dapat mengurangi penembakan saraf yang tidak normal.

Terapi fisik

Terapi fisik menggunakan teknik peregangan, pijat, terapi panas/es, USG, dan latihan khusus untuk meningkatkan mobilitas dan memperkuat leher. Ini membantu memberikan kelegaan dan memperbaiki masalah postur. Berbagai uji klinis dan tinjauan sistematis telah menemukan bukti kuat bahwa latihan terapi fisik membantu mengurangi rasa sakit dan meningkatkan fungsi pada nyeri leher kronis nonspesifik. Manfaatnya bisa bertahan berbulan-bulan setelah selesai terapi.

Untuk radikulopati serviks akibat herniasi diskus, penelitian menunjukkan terapi fisik yang berfokus pada traksi, mobilisasi, penguatan, dan koreksi postur secara signifikan memperbaiki gejala dibandingkan dengan alternatif seperti kalung serviks. Pada pasien dengan gangguan yang berhubungan dengan whiplash, menggabungkan terapi fisik dengan nasehat dan edukasi nampaknya lebih efektif dibandingkan nasehat saja dalam mengurangi rasa sakit dan kecacatan.

Untuk nyeri leher yang disertai kejang otot, terapi seperti pijat, USG, panas, dan peregangan lembut dapat meredakan gejala, terutama bila dikombinasikan dengan obat-obatan. Program terapi fisik yang ditujukan untuk memperbaiki postur tubuh yang buruk, memperkuat otot leher, dan meningkatkan rentang gerak bermanfaat untuk mencegah terulangnya nyeri leher.

Singkatnya, terapi fisik menawarkan pendekatan pengobatan yang efektif untuk berbagai penyebab umum nyeri leher jangka panjang, baik secara mandiri maupun bersamaan dengan terapi lain. Program olahraga khusus yang dirancang oleh ahli terapi fisik juga menawarkan cara berisiko rendah untuk mengatasi nyeri leher.

Suntikan

Suntikan kortikosteroid ke sendi atau jaringan lunak yang meradang dapat meredakan nyeri. Suntikan trigger point dapat melepaskan jaringan otot yang terikat di daerah leher. Beberapa kasus mendapat manfaat dari suntikan anestesi atau antiperadangan.

Operasi

Kondisi tertentu yang gagal dalam pilihan non-bedah mungkin memerlukan pembedahan. Pembedahan mungkin dipertimbangkan untuk masalah seperti herniasi diskus yang memberi tekanan pada saraf. Prosedur seperti disektomi, foraminotomi, atau fusi dapat mendekompresi saraf yang terjepit.

Modifikasi Gaya Hidup

Melakukan penyesuaian pada kebiasaan sehari-hari tertentu dan ergonomi tempat kerja dapat mengurangi nyeri leher kronis yang terus-menerus secara signifikan:

  • Gunakan postur tubuh yang baik saat duduk, berdiri, atau berbaring
  • Sering-seringlah beristirahat saat melakukan tugas yang berulang
  • Sakit leher dan punggung sering terjadi bersamaan. Targetkan terapi fisik untuk mengobati keduanya
  • Tidur telentang atau menyamping
  • Batasi ketegangan leher akibat aktivitas seperti membungkuk saat memegang ponsel atau laptop
  • Gunakan bantal untuk menopang kepala dan leher dengan baik saat tidur
  • Tingkatkan aktivitas fisik dan latihan kekuatan untuk leher
  • Oleskan kompres es atau kompres panas ke area yang nyeri
  • Berhenti merokok, yang dapat menyebabkan degenerasi cakram yang menyebabkan nyeri leher
  • Menurunkan berat badan untuk mengurangi stres pada leher

Publikasi: Ashefa Griya Pusaka

Scroll to Top