Cara Menghilangkan Nyeri Haid Selamanya - Ashefa Griya Pusaka

Cara Menghilangkan Nyeri Haid Selamanya

cara menghilangkan nyeri haid selamanya
Share on:

Jika Anda mengalami nyeri haid, Anda pasti tahu betapa ketidaknyamanan tersebut dapat mengganggu rutinitas harian Anda. Nyeri haid yang luar biasa dapat berdampak besar pada kualitas hidup Anda. Menggunakan obat pereda nyeri atau mandi air hangat hanyalah beberapa cara untuk meredakan nyeri. Berikut berbagai cara menghilangkan nyeri haid selamanya yang dapat coba anda terapkan.

Kram dan nyeri haid cenderung memburuk pada hari sebelum menstruasi dimulai dan berlanjut hingga hari pertama. Jika tahu menstruasi akan segera datang, Anda dapat mengambil langkah lebih awal berikut ini untuk mencoba mengurangi tingkat keparahan nyeri. Memang tidak semua cara berikut berhasil untuk semua orang, jadi mungkin perlu waktu untuk mengetahui mana yang terbaik bagi Anda. Ingatlah bahwa Anda dapat menggabungkan beberapa metode untuk meredakan nyeri haid lebih cepat.

Terapkan Panas ke Perut

Anda dapat meredakan nyeri haid dengan mengoleskan panas langsung ke perut. Anda bisa menggunakan bantal pemanas, botol berisi air panas, atau menggunakan produk kompres panas menstruasi. Gunakan pemanas selama yang Anda inginkan, tetapi suhu pada bantalan pemanas atau botol air Anda harus kurang dari 40 derajat Celcius agar kulit Anda tidak terbakar.

NSAID

Obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) paling efektif jika Anda meminumnya saat pertama kali menstruasi. Namun, Anda tidak boleh mengonsumsi obat golongan NSAID jika Anda memiliki kelainan pendarahan, alergi aspirin, masalah hati atau perut, maag, atau asma. Jangan mengonsumsi lebih dari yang disarankan. Obat NSAID yang dijual bebas (OTC) yang umum termasuk Advil dan Motrin (ibuprofen) dan Aleve (naproxen).

Parasetamol

Jika tubuh Anda tidak dapat mentoleransi obat golongan NSAID, Anda dapat mengonsumsi Tylenol (acetaminophen) sesuai petunjuk yang tertera di kemasan. Anda juga dapat mencoba Midol Lasting Relief (obat pereda nyeri extended-release yang bertahan hingga delapan jam) atau Midol Complete, yang mengandung acetaminophen (untuk menghilangkan rasa sakit), kafein (bertindak sebagai diuretik untuk mengurangi kembung), dan pyrilamine maleate (sejenis obat pereda nyeri).

Obat Resep

Terkadang, nyeri haid yang parah berhubungan dengan kondisi lain, seperti endometriosis, fibroid, atau adenomiosis. Jika demikian, dokter dapat meresepkan obat golongan NSAID yang lebih kuat seperti Ponstel (asam mefenamat) yang biasa diresepkan untuk nyeri haid.

Mandi Air Hangat

Berendam dalam air hangat dapat memberikan efek meredakan nyeri yang sama seperti bantal pemanas atau botol air panas. Ini mungkin juga bermanfaat bagi mereka yang mengalami kram malam hari. Penelitian menunjukkan bahwa mandi air hangat yang menenangkan di malam hari dapat meningkatkan kualitas tidur malam.

Olahraga

Olahraga ringan seperti berjalan kaki, dapat membantu meredakan nyeri haid. Berjalan-jalan di sekitar rumah dapat membantu meringankan rasa nyeri haid sekaligus meningkatkan suasana hati Anda. Latihan aerobik, termasuk jogging, berenang, dan bersepeda pun dapat dipilih dimana jenis-jenis olahraga itu dapat menghasilkan bahan kimia di dalam tubuh yang dapat menghalangi rasa sakit.

Peregangan atau Yoga

Saat Anda bangun di pagi hari dengan nyeri haid, cobalah memulai hari Anda dengan melakukan beberapa peregangan. Dan melakukan beberapa pose yoga pun dapat membantu mengurangi nyeri haid dan sekaligus akan meningkatkan mood. Tahan pose yoga Anda itu selama setidaknya 30 hingga 60 detik, namun jangan memaksakan diri jika rasanya tidak nyaman.

Pijat Perut

Memijat perut dapat membantu mengendurkan otot dan meredakan kram ketika haid. Dalam sebuah penelitian, beberapa partisipan menerima pijatan perut selama lima menit sehari selama enam hari, dimulai hari kelima sebelum menstruasi. Hasilnya, peserta mengalami nyeri menstruasi yang jauh lebih sedikit dibandingkan dengan mereka yang tidak melakukan pijat perut.

Ubah Posisi

Mengubah posisi pun dapat mengurangi tekanan dan meredakan nyeri haid yang parah. Jika Anda duduk terlalu lama, usahakan untuk bangun, berjalan, atau melakukan peregangan sesekali. Anda juga bisa mencoba mengubah posisi tidur Anda. Cobalah tidur telentang dengan bantal di bawah lutut. Anda juga dapat mencoba tidur miring ke samping dalam posisi janin dan dengan kaki terentang. Bereksperimenlah dengan bantal badan untuk menambah kenyamanan dan dukungan.

Akupunktur

Akupunktur yaitu pengobatan dengan tusukan jarum akan merangsang sistem saraf dan dapat membantu meringankan nyeri haid yang parah. Sebuah tinjauan penelitian menunjukkan bahwa akupunktur mungkin dapat mengurangi nyeri haid lebih baik daripada mengkonsumsi obat NSAID atau tanpa pengobatan sama sekali.

Akupresur

Akupresur mirip dengan akupunktur tetapi menggunakan tekanan manual dan bukan jarum. Anda dapat meminta seorang praktisi melakukannya atau belajar melakukannya sendiri. Akupresur dapat membantu mengurangi rasa sakit selama haid dengan meningkatkan pelepasan endorfin dan meningkatkan aliran darah ke rahim.

Meditasi

Penelitian menunjukkan bahwa meditasi mindfulness dapat mengurangi sensasi nyeri. Teknik meditasi dan relaksasi meliputi:nCitra terpandu, Napas dalam-dalam, dan Relaksasi otot progresif.

Stimulasi Saraf

Stimulasi saraf listrik transkutan (TENS) adalah terapi di mana tempelan elektroda dipasang pada kulit yang sakit. Perangkat ini merangsang area tubuh Anda di atau dekat saraf untuk melepaskan bahan kimia yang dapat mengurangi rasa sakit.

Penelitian menunjukkan TENS tidak menghilangkan rasa sakit seperti halnya pengobatan, tetapi mungkin merupakan alternatif yang bagus bagi mereka yang tidak bisa atau tidak ingin mengonsumsi obat pereda nyeri.

Cara Menghilangkan Nyeri Haid Selamanya

Ada hubungan antara nyeri haid yang parah dan faktor gaya hidup seperti pola makan, olahraga, dan stres. Beberapa cara potensial untuk mengurangi nyeri haid dalam jangka panjang meliputi:

  • Diet tinggi serat
  • Diet tinggi ikan, telur, sayuran, dan buah-buahan
  • Makanan yang mengandung magnesium tingkat tinggi
  • Mengurangi konsumsi garam
  • Olahraga rutin
  • Jalan cepat selama 30 menit sehari selama tiga hari pertama menstruasi
  • Menggunakan kontrasepsi hormonal
  • Suplemen jahe
  • Chamomile (teh, kapsul, ekstrak, minyak)

Lebih dari separuh orang yang mengalami menstruasi mengalami nyeri selama satu atau dua hari setiap bulannya, meskipun biasanya ringan. Namun, nyeri yang lebih parah dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Nyeri haid yang parah dan kram (dismenore) bukanlah hal yang normal. Dismenore primer disebabkan oleh ketidakseimbangan kimiawi, dan biasanya dimulai sesaat setelah Anda menstruasi. Dismenore sekunder biasanya dimulai kemudian karena sebab lain, seperti:

  • Endometriosis
  • Penyakit radang panggul (PID)
  • Fibroid rahim
  • Keguguran
  • Kehamilan ektopik
  • Infeksi, tumor, atau polip di rongga panggul

Jika Anda terus-menerus mengalami nyeri haid yang parah, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter untuk diagnosis. Mengetahui penyebabnya dapat mengarahkan Anda pada pengobatan yang tepat untuk segera terbebas dari nyeri yang mengganggu.

Publikasi: Ashefa Griya Pusaka

Scroll to Top