Dampak Penggunaan Narkoba Bagi Diri Sendiri - Ashefa Griya Pusaka

Dampak Penggunaan Narkoba Bagi Diri Sendiri

Dampak Penggunaan Narkoba Bagi Diri Sendiri
Share on:

Telah banyak contoh dampak penggunaan narkoba bagi diri sendiri yang dialami seseorang. Apa yang telah dirasakan oleh para penyalahguna tersebut tentu dapat menjadi pembelajaran diri bagi diri sendiri. Ada banyak dampak buruk terkait penyalahgunaan narkoba .

Dampak Penggunaan Narkoba Bagi Diri Sendiri
Dampak Penggunaan Narkoba Bagi Diri Sendiri

Narkoba adalah musuh bersama sebab dapat merusak siapapun penggunanya. Efek samping berbahaya bagi psikis dan fisik sudah tak diragukan lagi. Meski tahu dampak buruknya, penyalahgunaan zat-zat terlarang ini justru semakin marak.

Lembaga Badan Narkotika Nasional menyebutkan jika 3,2% pelajar tersebar pada 13 ibukota provinsi yang ada di Indonesia mengkonsumsi narkoba. Dimana itu setara 2,29 juta pemuda generasi bangsa terancam memiliki masa depan yang buruk.

Bahaya Narkoba

Narkotika tidak mengenal mangsanya, siapapun bisa terjebak ke dalamnya jika tidak memiliki pemahaman terhadap narkoba. Banyak kalangan tidak mampu menahan bujuk rayu kesenangan semata dari zat berbahaya yang membuat kecanduan ini.

Dampak Penggunaan Narkoba Bagi Diri Sendiri
Dampak Penggunaan Narkoba Bagi Diri Sendiri

Sebenarnya, lama kelamaan mereka hanya akan mengalami banyak masalah dalam hidup. Obat-obatan ini memiliki banyak pengaruh buruk, terhadap kesehatan diri sendiri bila dikonsumsi. Selain itu, semakin lama akan semakin menggerogoti organ tubuh.

Selain memberikan dampak negatif bagi tubuh, dosis yang berlebihan digunakan pun juga bisa merusak sistem otak dan hati secara perlahan yang lama kelamaan dapat membunuh sistem saraf. Oleh sebab itu,  banyak korban penyalahguna yang mengalami depresiasi, halusinasi dan cenderung menyakiti diri sendiri.

Baca juga Bahaya Narkoba Bagi Generasi Muda

Penyalahguna juga akan mengalami kesulitan untuk fokus terhadap sesuatu. Hilangnya kesadaran membuat gangguan pada koordinasi tubuh hingga sering bingung dan mengakibatkan terjadi perubahan sifat. Bahaya narkoba terburuk bagi para korban penyalahguna narkoba yaitu akan menimbulkan hilangnya ingatan. Terkadang justru mengalami kejang-kejang pada jenis narkoba tertentu.

Baca juga Dampak Penyalahgunaan Narkoba untuk Kesehatan Fisik Dan Mental

Adapun cara bisa menangani korban yang kecanduan zat-zat tersebut dapat dilakukan upaya rehabilitasi narkoba. Namun seringkali dengan rehabilitasi pun masih ada kemungkinan penyalahguna akan kembali mengkonsumsinya.

Akibat Pemakaian Narkoba

Meski edukasi tentang penyalahgunaan narkoba sudah sering dilakukan oleh pihak BNN di sekolah-sekolah, ataupun di kampus dan tempat kerja. Namun hingga saat ini perkembangan kasus narkoba, semakin meningkat.

Dampak Penggunaan Narkoba Bagi Diri Sendiri
Dampak Penggunaan Narkoba Bagi Diri Sendiri

Ada banyak faktor masalah mulai dari keuangan, pekerjaan dan lainnya, tidak terkecuali pergaulan yang diikuti membuat kenapa korban tergiur dan melampiaskan ke obat terlarang tersebut. Pada akhirnya mengalami banyak permasalahan hidup seperti:

  • Mengalami Masalah Kesehatan

Akibat terlalu lama mengkonsumsi obat-obatan haram ini, maka berbagai macam penyakit hingga komplikasi pun lebih berisiko. Karena obat tersebut akan terus menggerogoti bagian yang ada dalam tubuh.

Ada beberapa kasus paling umum dialami korban, yaitu mengalami masalah irama jantung, gangguan paru-paru serta hipertensi. Bukan hanya fisik, narkotika juga mengganggu mental pengguna.

  • Mengakibatkan Kecanduan

Pada umumnya, lama kelamaan korban akan mengalami kecanduan. Dari candu inilah nantinya, menyebabkan berbagai penyakit komplikasi dan akan menyebabkan korban penyalahgunaan narkoba terus-menerus menggunakannya.

Tidak jarang menyebabkan korban menjadi tak terkontrol dalam mengonsumsi hingga terjadi over dosis. Itu dikarenakan, semakin lama pemakaian yang digunakan, dipastikan dosisnya menjadi lebih tinggi.

  • Mengakibatkan Gangguan Tubuh

Banyaknya masalah yang diakibatkan oleh narkoba sehingga menganggu kesehatan tubuh. Bukan hanya itu, tapi juga menganggu masalah reproduksi gangguan pada endokrin (penurunan fungsi reproduksi) seperti testosteron, estrogen, progesteron hingga gangguan seksual.

Gangguan kesehatan reproduksi bagi perempuan yaitu perubahan waktu menstruasi tidak menentu, mengakibatkan ketidakteraturan haid bahkan menimbulkan amenorhoe (tidak haid).

  • Mengakibatkan Gangguan Psikologis

Banyak di antara penyalahguna menjadi lamban bahkan sering ceroboh dan gelisah tidak menentu. Korban juga biasanya kehilangan konsentrasi dan tertekan.  Adanya halusinasi menimbulkan perasaan yang tidak aman hingga menyakiti diri, bahkan sampai bunuh diri

  • Penurunan Efektifitas Obat

Sebagian golongan narkoba memang masih dijadikan obat di dunia medis. Tapi, tetap saja ada bahaya besar yang mengancam. Efek narkoba untuk kesehatan dapat meningkatkan toleransi terhadap obat lain atau tidak mempan.

Akibat terburuknya juga dipastikan mengakibatkan efektivitas pengobatan jauh berkurang. Mungkin saja akan hilang hingga tak berdampak apapun.

Dampak Penggunaan Narkoba bagi Diri Sendiri

Pengaruh penyalahgunaan narkoba ini memang sangat membahayakan. Tidak jarang ada korban ketergantungan hingga mengakibatkan kematian. Bahkan meski sudah direhabilitasi, banyak penyalahguna yang kembali lagi mengkonsumsinya.

Inilah bahaya yang bisa menjerat seumur hidup pengguna narkotika. Oleh karena itu, pikirkan kembali dampaknya jika ingin menikmati zat adiktif tersebut. Karena ada banyak dampak negatif selalu dialami, di antaranya yaitu:

  • Penurunan Fungsi Tubuh

Ketika seseorang mengkonsumsi narkoba, maka dirinya akan terus menerus menggunakannya. Sebab akan ada efek kecanduan sehingga terus menerus digunakan. Hal inilah yang akan berakibat fatal terhadap fungsi-fungsi tubuh yang semakin melemah.

Diakibatkan dari obat-obatan tersebut, bahkan pada jangka waktu lama, organ tubuh semakin digerogoti. Hingga bisa membunuh fungsi hati dan ginjal. Adanya penurunan dari fungsi tubuh akibat dari zat-zat yang terkandung di narkoba tersebut.

  • Penurunan Daya Ingat

Akibat dari kecanduan narkoba  yaitu membahayakan diri sendiri, karena ada zat terkandung di obat-obatan ini yang akan mengganggu fungsi saraf dan sel otak. Hingga mengakibatkan penurunan daya ingat bahkan daya pikir yang terkesan lamban.

  • Penurunan Hormon

Jika mengkonsumsi obat-obatan terlarang dalam waktu yang lama tentu saja secara perlahan juga akan mengakibatkan penurunan hormon baik fungsi reproduksi hingga ketidakteraturan menstruasi bagi wanita.

  • Emosi yang Tak Terkontrol

Rusaknya fungsi syarat akibat terus menerus mengkonsumsi narkotika membuat pemakai sering tidak mampu mengontrol emosi. Sehingga biasanya sering mengamuk tidak jelas, bahkan menyakiti orang lain.

Meski ada tim ahli dapat membantu korban untuk pulih, namun selain memerlukan waktu, pastinya juga memerlukan biaya besar bahkan belum tentu kembali normal.

Narkoba juga bisa memberikan dampak bagi bangsa Indonesia

  • Seringnya Berhalusinasi Buruk

Dampak lainnya, yang tentu saja akan semakin mengacaukan diri sendiri akibat mengkonsumsi narkoba. Karena mengalami halusinasi-halusinasi buruk yang membuat depresi, hingga bisa saja terkadang ingin melukai diri sendiri

Dan tidak jarang banyak pemakai mengalami gangguan jiwa hingga bunuh diri. Bahaya ini tidak boleh disepelekan, karena sudah banyak dialami oleh pecandu-pecandu.

Narkotika memang menjanjikan kesenangan, namun hanya sementara. Setelah itu, lama-kelamaan justru hanya akan berdampak buruk terhadap diri sendiri. Korban penyalahgunaan narkoba cenderung akan menghadapi banyak masalah, baik pada diri sendiri maupun orang lain. Dampak penggunaan narkoba bagi diri sendiri tersebut sudah pasti sangat merugikan.

Artikel ini dipublikasikan oleh: https://ashefagriyapusaka.co.id.

Scroll to Top