Apa itu Alprazolam dan Kenali Efek Sampingnya - Ashefa Griya Pusaka

Apa itu Alprazolam dan Kenali Efek Sampingnya

Alprazolam
Share on:

Alprazolam merupakan salah satu obat yang termasuk ke dalam golongan obat benzodiazepine.  Golongan obat benzodiazepine ini biasanya digunakan sebagai penenang dan akan bekerja dan berpengaruh pada otak dan juga saraf (system saraf pusat).

Bagi sebagian orang mungkin jenis narkoba yang familiar misalnya seperti ganja, sabu, heroin, kokain dan lain sebagainya. Tetapi jika dilihat lebih jauh lagi masih banyak jenis dan varian dari narkoba. Diantaranya adalah alprazolam.

Apa itu Alprazolam dan Kenali Efek Sampingnya

Selain itu pun Alprazolam akan bekerja di dalam tubuh untuk meningkatkan efek dari zat kimia alami tertentu. Alprazolam juga biasanya dipakai sebagai pengobatan bagi orang-orang yang mengalami gangguan mental, gangguan kecemasan dan depresi. Lalu apa efek berbahaya bagi yang mengonsumsi alprazolam jika dikonsumsi berlebihan?

Apa itu Alprazolam?

Alprazolam merupakan jenis obat yang digunakan sebagai obat untuk mengatasi gangguan-gangguan kecemasan, kepanikan dan gangguan jiwa yang dialami. Biasanya alprazolam digunakan sebagai pengobatan jangka pendek dan sesuai dengan intruksi dan resep dokter.

Merek alprazolam yang seringkali dikenal diantaranya adalah Alganax, Alprazolam, Calmlet, Xanax, Opizolam, Zolastin, Zypraz, Atarax, Frixitas, Nuzolam dan lain sebagainya. Alprazolam sebenarnya memiliki manfaat yang banyak dalam mengatasi berbagai gangguan kesehatan.

Namun karena banyak dampak narkoba yang timbul akibat mengonsumsi secara berlebihan sehingga menyebabkan rusaknya tubuh kesehatan. Tidak sedikit efek yang dirasakan jika mengonsumsi alprazolam secara berlebihan.

Banyak yang beranggapan bahwa semakin banyak mengonsumsi alprazolam maka tubuh akan semakin tenang. Justru dengan mengonsumsi alprazolam secara berlebihan akan berdampak bagi tubuh dan malah menyebabkan efek dan dampak lain.

Cara penggunaan Alprazolam

Mengonsumsi alprazolam sangat diharuskan dengan resep dan intruksi dari dokter. Tidak boleh mengonsumsi alprazolam secara asal-asalan. Dosis yang diberikan sesuai resep dokter merupakan dosis yang diberikan sesuai dengan kondisi medis, usia serta respon terhdap pengobatan yang sedang dilakukan.

Dosis yang diberikan mungkin saja bisa bertahap meningkat namun hal tersebut sesuai dengan resep dokter jika efek darialprazolam bekerja dengan baik. Alprazolam bisa menyebabkan kecanduan. Oleh karena itu pemberian dosis yang tepat perlu dilakukan agar tidak menimbulkan efek yang tidak diinginkan.

Dalam mengonsumsi alprazolam jangan dikunyah atau ditelan bulat-bulat. Biarkan obat ini larut di dalam mulut. Atau biasanya dilakukan dengan cara dikulum bukan dengan dikunyah. Jika dilarutkan dalam sirup, gunakan sendok takar yang sudah disediakan.

Jika efek atau dampak dari obat ini sudah terasa maka segera hubungi dokter yang sudah meresepkan obat ini. Jangan berhenti atas keputusan sendiri dan tanpa izin dari dokter. Ikuti dan selalu konsultasikan dengan dokter terkait semua yang terjadi ketika dalam masa pengobatan.

Kondisi yang dapat diobati oleh alprazolam

Obat alprazolam merupakan suatu jenis obat yang biasanya digunakan sebagai mengobati beberapa penyakit. Diantaranya adalah insomnia, kejang, sindrom ketergantungan alkohol, gangguan panic, gangguan cemas serta generalized Anxiety Disorder (GAD).

Kondisi kepanikan dan kecemasan merupakan salah satu keadaan yang sangat sering terjadi. Lalu bagaimana bisa alprazolam bisa mengatasi berbagai gangguan pada tubuh? Simak pembahasannya di bawah ini ya.

  • Gangguan kecemasan

Salah satu jenis merek yang termasuk ke dalam jenis obat alprazolam adalah Xanax. Obat satu ini bisa memberikan dampak atau efek untuk mengatasi gangguan kecemasan seseorang. Meskipun memiliki keunggulan untuk mengatasi kecemasan, perlu adanya resep yang seharusnya dan jangan sampai berlebihan karena akan menimbulkan efek lain.

Gangguan kecemasan merupakan salah satu jenis dari kelompok penyakit mental atau gangguan jiwa. Yang perlu adanya penanganan khusus dan tidak boleh diabaikan. Kecemasan biasanya terjadi karena adanya respons terhadap suatu peristiwa atau kejadian.

Peristiwa atau kejadian yang terjadi pada orang tersebut memberikan tekanan sehingga menyebabkan gangguan mental dan akhirnya menimbulkan gangguan kecemasan. Gejala-gejala yang dapat dirasakan ketika seseorang mengalami gangguan kecemasan diantaranya adalah :

  • Gelisah, resah dan lelah
  • Khawatir secara berlebihan terhadap suatu hal
  • Mudah marah dan suasana hati berubah-ubah
  • Kesulitan untuk berkonsetrasi
  • Insomnia
  • Otot terasa tegang
  • Gangguan Panik

Gangguan panik yang seringkali dirasakan oleh kebanyakan orang merupakan suatu hal yang perlu diatasi. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi alprazolam ini. Alprazolam dapat mengatasi berbagai gangguan panic yang terjadi.

Gangguan panic ini biasanya dialami secara tiba-tiba karena ketakutan akan suatu hal sehingga memicu adanya reaksi fisik yang sangat parah meskipun tidak ada penyebab yang jelas. Serangan atau gangguan panic ini perlu diatasi karena bisa saja terjadi sangat menakutkan.

Bisa saja orang yang menderita gangguan kepanikan ini kehilangan kendali dan bisa menyebabkan serangan jantung dan bahkan kematian. Gejala-gejala yang dapat dirasakan oleh seseorang yang mengalami gangguan kepanikan diantaranya adalah :

  • Gemetar
  • Mual
  • Nyeri dada
  • Sakit kepala
  • Detak jantung berdetak kencang
  • Perasaan akan datangnya malapetaka
  • Takut kehilangan seseorang
  • Berkeringat

Efek samping jangka panjang alprazolam

Penyalahgunaan Alprazolam secara berlebihan juga bisa memberikan efek samping jangka panjang jika dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama. Efek samping jangka panjang diantaranya adalah :

  • Perasaan depresi, biasanya penyalahguna akan berfikiran untuk ingin bunuh diri serta ingin menyakiti dirinya sendiri. Perilaku depresi seperti ini merupakan perilaku yang sangat beresiko. Selain itu pun akan mengakibatkan berkurangnya pantangan pada dirinya serta tidak takut akan bahaya apapun
  • Kebingungan, mudah marah, hiperaktif serta menimbulkan halunisasi
  • Merasa lemah dan sempoyongan serta seperti akan pingsan
  • Kencing lebih sedikit atau berkurang bahkan tidak sama sekali
  • Nyeri pada dada, jantung berdebar cepat dan seperti ada tekanan di dada
  • Sering tremor dan kejang yang disebabkan oleh gerakan otot yang tidak terkendali
  • Menyebabkan penyakit kuning pada kulit atau pun mata

Kesimpulan

Alprazolam merupakan salah satu obat yang termasuk ke dalam golongan obat benzodiazepine.  Golongan obat benzodiazepine ini biasanya digunakan sebagai penenang dan akan bekerja dan berpengaruh pada otak dan juga saraf (system saraf pusat).

Merek alprazolam yang seringkali dikenal diantaranya adalah Alganax, Alprazolam, Calmlet, Xanax, Opizolam, Zolastin, Zypraz, Atarax, Frixitas, Nuzolam dan lain sebagainya. Alprazolam sebenarnya memiliki manfaat yang banyak dalam mengatasi berbagai gangguan kesehatan.

Banyak yang beranggapan bahwa semakin banyak mengonsumsi alprazolam maka tubuh akan semakin tenang. Justru dengan mengonsumsi alprazolam secara berlebihan akan berdampak bagi tubuh dan malah menyebabkan efek dan dampak lain.

Cara mengonsumsi alprazolam pun memiliki caranya tersendiri. Jangan sampai salah dalam mengonsumsi jenis obat satu ini. Selain itu pun dosis yang digunakan dalam mengonsumsi obat ini harus sesuai dengan resep dokter. Tidak kurang dan tidak lebih. Karena jika berlebihan justru akan membuat tubuhnya mendapatkan efek lain yang sangat berbahaya.

Oleh karena itu banyak sekali dampak jangka panjang yang dapat dialami jika mengonsumsi alprazolam secara berlebihan. Mari bijak dalam mengonsumsi apapun. Salah satunya adalah obat penenang satu ini yakni alprazolam. Sebagai upaya penanggulangan, rehabilitasi narkoba sangat diperlukan guna membantu korban penyalahguna bisa pulih dan hidup lebih baik.

Sumber : Hallosehat, gooddoctor

Artikel ini dipublikasikan oleh: https://ashefagriyapusaka.co.id.

Scroll to Top