Efek Obat Terlarang Bagi Kualitas Hidup - Ashefa Griya Pusaka

Efek Obat Terlarang Bagi Kualitas Hidup

Efek Obat Terlarang Bagi Kualitas Hidup
Share on:

Penggunaan obat-obatan terlarang hingga saat ini masih sering terjadi, banyak alasan seseorang menyalahgunakannya. Padahal, obat terlarang memiliki efek samping yang berbahaya jika disalahgunakan.

Efek Obat Terlarang Bagi Kualitas Hidup
Efek Obat Terlarang Bagi Kualitas Hidup

Efek samping ini nantinya bisa mempengaruhi kondisi kesehatan fisik dan mental bagi penyalahgunanya dalam jangka pendek ataupun panjang. Sehingga, obat terlarang bisa berdampak bagi kualitas hidup penyalahgunanya.

Dampak buruk penyalahgunaan obat terlarang akan terasa semakin parah, apabila kamu sudah masuk di fase ketergantungan. Pada fase ini penggunaan obat bisa saja ditingkatkan, karena rasa ketidakpuasaan dan ingin menambah dosisnya.

Dari sinilah kemungkinan risiko overdosis bisa terjadi, karena peningkatan dosis yang tidak sesuai dengan anjuran dokter dan bisa berakibat fatal bagi penyalahgunanya.

Kenapa Obat Terlarang Bisa Berbahaya?

Kali ini kita akan membahas, kenapa obat terlarang bisa berbahaya bagi manusia? Pada umumnya setiap obat jika digunakan sesuai dengan fungsinya akan memberikan dampak yang baik, akan tetapi jika disalahgunakan bisa memberikan efek samping yang mengerikan. Oleh karena itu, sebelum coba-coba menyalahgunakan obat-obatan teralang, sebaiknya ketahui dulu efek samping yang mungkin terjadi bagi penyalahgunanya.

Efek samping muncul dari senyawa kimia atau zat adiktif yang ada didalam kandungan obat terlarang, dengan sifat alamiah, sintetis maupun semi sintetis. Obat-obatan ini lebih dikenal dengan nama narkoba, yang memiliki efek halusinasi, daya rangsang, membuat kesadaran menurun, dan menyebabkan ketergantungan.

Baca juga Jenis Zat Adiktif yang Bisa Menimbulkan Ketergantungan

Narkoba atau obat terlarang memiliki berbagai macam jenis yang berbeda, selain jenis yang yang beraneka ragam, tentunya efek sampingnya pun berbeda-beda. Efek samping ini bisa diperkuat dari seberapa parah tingkat penyalahgunaan obat tersebut.

Efek Obat Terlarang Bagi Kualitas Hidup

Selain memiliki efek samping bagi kesehatan fisik dan mental, obat terlarang juga bisa mempengaruhi kulaitas hidup penyalahgunanya.

Lalu apa saja yang akan dirasakan oleh orang yang mengonsumsi obat teralang bagi kehidupannya? Beberapa gangguan hidup mungkin terjadi, antara lain:

Sulit Berkonsentrasi

Orang yang menggunakan obat teralang, biasanya akan sulit untuk berkonsentrasi dalam melakukan segala hal, misalnya dalam aktivitas belajar, bekerja atau berbisnis.

Fokus yang telah dikumpulkan bisa tiba-tiba ambyar, karena efek samping obat terlarang membuat konsentrasi Anda jadi berantakan.

Mengalami Masalah Keuangan

Selanjutnya, penyalahguna obat terlarang juga akan mengalami masalah keuangan yang amat kritis. Efek ketergantungan, yang membuat seseorang selalu mengonsumsi obat tak lepas dari masalah perekonomian.

Pasalnya harga obat terlarang itu tidak murah, dan kondisi selalu menginginkan dengan cara apapun akibat efek ketergantungan inilah yang berbahaya. Orang dengan kondisi seperti ini, akan mengalami permasalahan ekonomi. Bahkan, bisa saja mereka melakukan tindakan kriminal yang berbahaya demi mendapatkan uang untuk membeli obat-obatan.

Membuat Penggunanya Ketergantungan Obat

Penyalahgunaan obat terlarang merupakan masalah yang serius dan perlu ditanggulangi. Efek samping dari penyalahgunaan bisa menyebabkan ketergantungan.

Dampak ini dihasilkan dari penggunaan obat terlarang secara terus menerus dan mengakibat seseorang jadi ketergantungan. Selain itu juga, bisa membuat seseorang merasa nyaman, tenang, dan bahagia dalam waktu sesaat. Hal ini dikarenakan zat kimia yang terkandung didalam obat bisa memproduksi hormon dopamin lebih banyak, dan memberikan efek sementara bagi penggunanya.

Efek sementara ini tidak sebanding dengan risiko penyalahgunaan obat yang nantinya Anda alami. Selain itu juga, zat kimia tersebut bisa merusak otak, kerusakan inilah yang memicu pengguna selalu ingin mengonsumsi obat terlarang tersebut.

Terjadinya Perubahan Pada Sel Otak

Penyalahgunaan obat terlarang hanya akan memberikan dampak buruk bagi hidup Anda, selanjutnya efek ini akan menimbulkan permasalahan baru pada sel otak. Tentunya, ini permasalahan ini hanya akan membuat efek samping obat semakin memburuk dan terjadinya kerusakan sel otak.

Jenis obat narkotika atau psikotropika ada yang bisa menstimulasi otak supaya jadi lebih tenang dengan cara menekan saraf pusat. Jika penggunaan obat dalam jangka waktu yang lama, bisa memperparah kondisi. Bahkan, setelah penggunaan obat sudah dihentikan, akan tetapi efek yang terjadi disel otak tidak bisa hilang begitu saja.

Ketergantungan Merupakan Penyakit Otak Kronis

Penyalahgunaan narkoba atau obat-obatan terlarang bisa menyebabkan ketergantungan, yang merupakan penyakit otak kronis sulit untuk disembuhkan.

Seseorang dengan masalah penyalahgunaan obat, memerlukan layanan rehabilitasi untuk membantunya pulih.

Rehabilitasi narkoba adalah cara yang paling tepat untuk menanggulangi korban penyalahguna obat, untuk mendapatkan kesempatan kedua hidup ditengah masyarakat.

Dapat Menyebabkan Kematian

Efek paling mengerikan dari penyalahgunaan obat terlarang ialah kematian. Sudah banyak kasus kematian, akibat penyalahgunaan obat.

Mulai dari mereka yang hanya coba-coba, alias baru pertama kali merasakan hingga orang-orang dengan pengunaan obat dalam jangka waktu yang panjang.

Namun, kematian pada penyalahguna obat biasanya di alami oleh orang-orang dengan kondisi overdosis. Tidak hanya itu, penyalahguna narkoba juga bisa saja mengalami halusinasi dan membuat penggunanya melakukan hal-hal diluar nalar seperti melompat dari gedung, menabrakan kendaraan dan lainnya.

Jika tidak segera dihentikan, efek narkoba hanya akan membuat Anda frustasi dalam menjalani hidup. Oleh karena itu, sebelum terlambat dan terjerumus lebih jauh. Segeralah bertobat dan berhenti menyalahgunakan narkoba.

Kenapa Seseorang Bisa Menyalahgunakan Obat Terlarang?

Efek samping dari penyalahgunaan obat terlarang memiliki dampak negatif bagi individu yang menggunakannya. Namun, kasus penyalahgunaan obat hingga saat ini masih tergolong besar.

Lantas apa sih yang mendasari seseorang ingin menggunkan obat terlarang? Salah satu contohnya adalah depresi, memiliki masalah, dan coba-coba.

Depresi

Orang yang menggunakan obat-obatan berbahaya, biasanya sedang mengalami depresi. Rasa depresi ini bisa menjadi alasan seseorang menyalahgunakan obat, karena ingin meredakan perasaan yang sedang dialaminya.

Baca juga Anak Mengalami Depresi Rawan Terjerumus Narkoba

Memiliki Masalah

Selain itu juga, ada yang memiliki alasan karena sedang banyak masalah. Permasalahan ini bisa datang dari berbagai macam aspek misalnya lingkungan keluarga, pekerjaan dan juga hubungan yang rumit dengan pasangan.

Dalih ingin merasa lebih baik dengan cara mengonsumsi obat-obatan, untuk menenangkan diri. Penyalahgunaan obat bukanlah solusi, akibatnya malah akan membawa masalah baru didalam hidup Anda.

Coba-coba karena Penasaran

Seseorang juga bisa saja menyalahgunakan obat berbahaya ini, karena didasari dengan rasa keingin tahuan yang kuat. Coba-coba karena penasaran dengan obat tersebut.

Tak bisa dipungkiri lagi, banyaknya kasus penyalahgunaan obat biasanya diawali dari coba-coba dan akhirnya ketergantungan.

Pengaruh Teman atau Lingkungan

Penyalahgunaan obat terlarang juga bisa didasari oleh pengaruh teman atau lingkungan yang negatif. Ketika kamu memiliki teman yang latar belakangnya seorang pecandu, akibatnya bisa saja berdampak pada ikut-ikutan atau permasalahan hukum.

Baca juga Mengapa Dukungan Teman Sebaya Penting Untuk Pemulihan Narkoba

Banyak juga kasus penyalahgunaan obat, karena pengaruh dari teman. Faktor pertemanan inilah yang paling berbahaya, oleh karena itu perlunya memberikan edukasi dan cara menolak narkoba, supaya anak kita bisa selamat dari penyalahgunaan dan efek sampingnya. Ketahui juga Inilah Cara Menghindari Narkoba yang Efektif Dilakukan, selain itu kamu juga perlu menolak narkoba dengan tegas!

Kesimpulan

Segala jenis obat jika disalahgunakan, bisa berakibat fatal bagi penggunanya. Apa lagi jika jenis obat tersebut ialah obat-obatan narkoba yang mengandung zat kimia berbahaya didalamnya.

Senyawa kimia ini bisa sangat berbahaya, terutama bagi kondisi kesehatan penyalahgunanya.

Penggunaan obat jenis narkoba hanya akan memberikan dampak buruk bagi kualitas hidup Anda. Mulai dari sulit berkonsentrasi hingga menimbulkan masalah keuangan, karena efek penggunaan obat yang berlebihan. Banyak alasan yang bisa mendasari seseorang bisa saja menyalahgunakan obat, mulai dari rasa depresi yang sedang dialaminya, hingga coba-coba karena rasa ingin tahu yang kuat. Penyalahgunaan obat hanya akan mendatangkan hal buruk bagi hidup Anda, efek sementara yang diberikan tidak sebanding dengan risiko penyalahgunaan yang akan Anda terima nantinya.

Sekian pembahasan \”Efek Obat Terlarang Bagi Kualitas Hidup\”. Mulai dari sekarang segera hentikan penyalahgunaan obat-obatan jenis apapun, dan konsultasikan masalah Anda ke pusat rehab Ashefa Griya Pusaka.

Artikel ini dipublikasikan oleh: https://ashefagriyapusaka.co.id.

Scroll to Top