Penyebab dan Gejala Hypertrichosis atau Pertumbuhan Rambut Berlebih - Ashefa Griya Pusaka

Penyebab dan Gejala Hypertrichosis atau Pertumbuhan Rambut Berlebih

Penyebab dan Gejala Hypertrichosis atau Pertumbuhan Rambut Berlebih
Share on:

Hypertrichosis atau disebut sindrom manusia serigala. Keadaan langka ini terjadi menyebabkan banyaknya rambut yang tumbuh berlebih di seluruh tubuh dan wajah. Bisa terjadi mulai dari kandungan atau saat lahir dan berkembang hingga dewasa. 

Banyak penyebabnya karena gen, obat-obatan, menderita penyakit tertentu dan sebagainya. Kondisi ini bagus sebagian orang akan mengganggu penampilan sehingga harus dilakukan pengobatan. 

Apa itu Hypertrichosis ?

Hypertrichosis adalah pertumbuhan rambut yang berlebih yang berlebih dan terlalu cepat mulai dari wajah dan sekujur tubuh, kondisi ini sangat langka. Bisa dialami pria dan wanita mulai dari sejak lahir atau berkembang saat mulai dewasa. Pertumbuhan rambut ini akan sangat lebat dan menutupi seluruh tubuh membuat penderita seperti serigala. Hypertrichosis disebut juga sindrom manusia serigala. 

Penyebab Hypertrichosis

  • Bawaan gen atau keturunan. Hal ini disebabkan oleh gen yang merangsang pertumbuhan rambut lebih aktif dan tidak wajar karena berlebihan. Sindrom ini akan dimulai sejak dalam kandungan dan semakin berkembang saat bertambah usia
  • Mengkonsumsi obat-obatan tertentu seperti obat penumbuh rambut, imunosupresan atau steroid androgenik
  • Terjadinya malnutrisi atau kurang gizi 
  • Menderita penyakit kanker dan mutasi gen dalam tubuh 
  • Pola makan yang tidak sehat sehingga mengalami anoreksia nervosa 
  • Mengalami kondisi tertentu seperti porfiria cutanea tarda yang menyebabkan kulit lebih sensitif pada sinar UV sehingga menyebabkan hypertrichosis
  • Menderita penyakit autoimun dan infeksi yang mempengaruhi kulit dan menumbuhkan rambut berlebihan 
  • Hypertrichosis pada bagian tertentu disebabkan oleh lichen simplex yang ditandai dengan ruam, gatal dan goresan.

Gejala Hypertrichosis

  • Munculnya rambut di seluruh tubuh dalam jumlah banyak yang tidak sesuai usia, ras dan jenis kelamin 
  • Rambut muncul di area yang tidak biasa seperti di seluruh wajah 

Namun, tidak semua jenis rambut ditemukan sama pada penderita hypertrichosis. Ada 3 jenis rambut, yaitu : 

1. Lanugo 

Lanugo yaitu rambut yang ukurannya panjang, tipis dan tekstur nya lembut. Jenis rambut ini tidak mempunyai warna, mudah rontok sama seperti rambut bayi yang pertama dilahirkan. Pada penderita hypertrichosis akan terus tumbuh apabila tidak dicukur.

2. Vellus 

Jenis rambut ini berukuran pendek, lembut dan memiliki sedikit pigmen atau warna. Biasanya panjangnya kurang dari 0,2 cm, tidak terlihat jelas. Akan tumbuh di seluruh tubuh kecuali di area yang tidak memiliki folikel seperti telapak kaki, telapak kanan dan selaput lendir. 

3. Terminal 

Rambut jenis terminal mempunyai warna paling gelap di antara lainnya. Akan tumbuh lebih tebal, panjang, lebat dan kasar. Banyak ditemukan di area wajah, selangkangan. Berkaitan dengan hormon pada tubuh.

Pada wanita yang mengalami hypertrichosis hirsutisme rambut akan tumbuh lebih banyak di sisi wajah, lengan, punggung dan dada. Akan meningkat atau menurun seiring bertambahnya usia. 

Pengobatan Hypertrichosis

  1. Tidak mengkonsumsi jenis imunosupresan atau steroid androgenik dan menghindari pemakaian obat penumbuh rambut
  2. Jangka pendek bisa dilakukan hair removal treatment seperti mencukur rambut, waxing, mencabut dengan pinset, pemutihan dan menggunakan bahan kimia untuk proses pencukuran
  3. Elektrolisis. Tindakan ini dapat digunakan untuk jangka panjang karena elektrolisis akan menghancurkan folikel rambut dengan muatan listrik
  4. Perawatan menggunakan laser. Perawatan memotong rambut yang tumbuh lebat menggunakan sinar laser. Tidak akan menimbulkan rasa sakit namun beberapa orang akan mengalami kebotakan permanen

Kesimpulan

Hypertrichosis adalah kondisi langka yang menyebabkan pertumbuhan rambut secara berlebihan diseluruh tubuh dan wajah. Penyebabnya karena bawaan gen, obatan-obatan jenis imunosupresan dan steroid androgenik, terjadinya malnutrisi, pola makan tidak sehat, dan terjadinya suatu penyakit tertentu.

Ada 3 jenis rambut yang tumbuh pada sindrom hypertrichosis yaitu lanugo, vellus dan terminal. Pengobatannya berupa hair removal treatment, elektrolisis dan perawatan laser.

Publikasi: Ashefa Griya Pusaka

Scroll to Top