Kecanduan Game Online dan Cara Mengatasinya! - Ashefa Griya Pusaka

Kecanduan Game Online dan Cara Mengatasinya!

Kecanduan Game Online dan Cara Mengatasinya!
Share on:
Kecanduan Game Online dan Cara Mengatasinya!

Akhir-akhir ini game online menjadi hal yang sulit untuk dihentikan. Padahal bermain game dalam waktu yang lama bisa sangat berbahaya bagi tubuh manusia. Kali ini kita akan membahas bahaya kecanduan game online secara lengkap.

Orang yang bermain game dalam waktu yang lama bisa dikategorikan sebagai pecandu. Apa lagi ia tidak bisa menghentikan aktivitas ini seharian penuh. Efek adiksi dari kecanduan game online bisa berdampak pada kondisi fisik dan mental.

Pada beberapa kasus, orang yang mengalami kecanduan game online biasanya akan mengalami susah tidur, sering merasa lelah, leher dan ototnya terasa kaku, dan mempengaruhi sistem metabolisme tubuh.

Orang yang mengalami kecanduan game online, akan lebih memprioritaskan bermain game. Sehingga ia akan melupakan aktivitas utamanya seperti makan, belajar, beribadah dan lainnya.

Bila hal ini terus berlanjut, maka akan berbahaya bagi kesehatan dan perkembangannya dilingkungan sosial.

Selain itu juga, kecanduan bermain game bisa membuat seseorang mengalami, dehidrasi, obesitas atau sebaliknya, dan mengalami penyakit jantung. Bermain game online secara berlebihan juga bisa membuat kerugian ekonomi yang sangat besar. Para pecandu game online akan, lebih sering melakukan “top-up” aktivitas mengeluarkan uang demi bermain game.

Bagaimana game online dapat menyebabkan kecanduan?

Kecanduan Game Online dan Cara Mengatasinya!

Bermain game online saat ini bisa lewat ponsel atau komputer, dengan menggunakan koneksi internet. Banyak orang yang suka bermain game, untuk mengisi waktu atau menghilangkan rasa stres dihidupnya. Akan tetapi, ada juga yang akhirnya malah kecanduan game online. Lantas apa saja sih yang menyebabkan seseorang bisa kecanduan game online? Yuk simak pembahasan ini untuk mencari tahu jawabannya!

Bermain game bisa membuat seseorang mengalami gairah atau rasa puas secara berlebihan. Misalnya saat ia memenangkan permainan dengan skor terbaik, pastinya orang tersebut akan merasa senang. Namun, perlu diketahui bahwa kondisi ini bisa memicu hormon dopamin meningkat. Hormon ini nantinya bisa mempertahankan minat, terhadap sesuatu hal.

Pada akhirnya hormon ini memicu orang tersebut, untuk beramin game secara terus-menerus. Hormon dopamin juga bisa meningkat ketika seseorang mengonsumsi alkohol atau obat-obatan terlarang. Pelepasan hormon dopamin yang berlebihan pesat ini bisa memicu seseorang mengalami kecanduan yang semakin parah.

Bagaimana Melihat Seseorang yang Memiliki Masalah Kecanduan Game Online?

Pada era yang sudah sangat modern ini, setiap orang pastinya pernah bermain game. Lalu bagaimana cara membedakan seseorang yang memiliki masalah kecanduan game online, dengan orang yang sekedar bermain saja? Berikut penjelasannya.

Bermain game online secara bijak memang bisa mendatangkan hal baik, seperti menurunkan tingkat stres pada seseorang. Namun, jika digunakan secara berlebihan malah akan mendatangkan hal yang buruk. Dampak buruk akibat terlalu sering bermain game, yaitu kecanduan. Ini merupakan salah satu hal yang bisa menyebabkan masalah pada gangguan kejiwaan.

Selain itu juga, orang yang memiliki gejala kecanduan game online biasanya telah bermain selama 1 tahun atau lebih. Berikut ini tanda-tanda orang yang memiliki permasalahan dengan kecanduan game online, diantaranya:

  1. Selalu ingin bermain game, setiap harinya
  2. Melakukan cara apapun untuk mengakses game online
  3. Lebih terlihat stres, murung, dan marah ketika tidak bisa bermain game
  4. Menghabiskan waktunya dengan cara bermain game setiap hari, tanpa melakukan aktivitas lainnya
  5. Lebih sering berbohong kepada orang tua demi gamenya
  6. Menghamburkan banyak uang hanya untuk membeli item-item didalam game
  7. Emosinya tidak terkontrol, bahkan bisa bersikap kasar terhadap orang tua
  8. Bahasa yang digunkan dominan jorok, kasar dan frontal

Menurut beberapa penelitian, bermain game online secara berlebihan juga malah akan menimbulkan rasa stres dan depresi. Sehingga membuat orang tersebut lebih apatis, membuatnya menjadi kasar atau melakukan kekerasan. Oleh karena itu, orang yang memiliki masalah dengan kecanduan game online memerlukan perawatan dengan ahlinya.

Bagaimana cara mengatasi kecanduan game online?

Memiliki anak dengan masalah kecanduan game online tidak bisa dibiarkan begitu saja. Jika dibiarkan, nantinya malah menyebabkan gangguan jiwa yang lebih berbahaya lagi. Lalu bagaimana cara mengatasi kecanduan game online? Simak beberapa tipsnya dibawah ini.

Jangan terlalu lama bermain game, coba mulai berikan batasan waktu

Salah satu cara yang paling penting, untuk mencegah dan mengatasi kecanduan game online yaitu dengan cara membatasi waktu bermain.

Cobalah untuk membuat jadwal bermain hanya 1 jam perhari. Memberikan batasan waktu untuk diri sendiri atau anak supaya terbiasa bermain dengan waktu sewajarnya saja.

Selain itu juga, jangan lupa untuk mengerjakan kewajiban terlebih dahulu sebelum bermain game. Membiasakan diri Anda tidak meninggalkan hal-hal yang wajib untuk dikerjakan terlebih dahulu.

Kurangi perlahan, sampai akhirnya terbiasa

Jika pada awalnya Anda bisa menghabiskan 15 jam untuk bermain game. Cobalah perlahan mengurangi waktu bermain tersebut.

Misalnya membantu kegiatan orang tua dirumah, bermain diluar bersama teman, atau bahkan berjalan mencari udara segar sambil berolahraga. Tentu saja ini akan jauh lebih bermanfaat dan sehat, daripada Anda harus bermain game secara terus-menerus.

Cobalah lakukan cara ini secara konsisten, hingga Anda bisa mencapai 1 jam perhari untuk bermain game. Selain bisa mengurangi aktivitas bermain game, juga bisa membuat kehidupan Anda jadi lebih bermanfaat.

Mencari hobi baru yang lebih bermanfaat

Kecanduan game online memang bukan masalah yang mudah untuk dihentikan. Namun, sebelum terlambat, lebih baik berusaha hidup lebih baik. Kecanduan bermain game kedepannya malah akan menghancurkan masa depan Anda. Oleh karena itu, yuk mulai dari sekarang mencari hobi baru yang lebih bermanfaat.

Cobalah untuk mencari kegiatan lain yang bisa menjadi minat Anda. Misalnya coba bermain alat musik, berolahraga, melukis, membaca buku, dan menulis. Selain memiliki hobby baru, aktivitas ini jauh lebih produktif daripada Anda harus bermain game terus-terusan.

Cara ini bisa dilakukan untuk mengatasi kecanduan game online. Mengalihkan mata Anda, untuk tidak melihat layar komputer atau ponsel. Selain itu juga, aktivitas fisik seperti olahraga bisa membuat Anda tetap sehat dan meringankan rasa stres yang sedang dihadapi.

Meletakkan perangkat game di luar kamar tidur

Bermain game online pada umumnya dilakukan pada malam hari hingga matahari terbit. Kebiasan buruk ini harus segera dihentikan.

Sebelum tidur, cobalah untuk meletakan ponsel, atau perangkat bermain game lainnya diluar kamar tidur. Sebagai orang tua, jangan pernah meletakan perangkat tersebut didalam kamar anak. Jika anak bisa dengan mudah mengakses perangkat bermain gamenya, tentu ini akan sangat berbahaya.

Ia bisa saja bermain berjam-jam, hingga tidak ingat waktu. Walaupun, orang tua sudah memiliki batasan waktu. Namun, jika perangkat masih ada didalam, Anak bisa secara diam-diam bermain tanpa Anda ketahui.

Niatkan dengan kuat untuk berhenti

Hal yang paling penting untuk berhenti bermain game online adalah niat yang kuat. Niat yang kuat adalah senjata terampuh untuk menyembuhkan segala jenis kecanduan.

Pada dasarnya, seseorang yang ingin hidup lebih baik pastinya memiliki tujuan yang lebih baik untuk hidupnya. Menyadari bahwa, masih banyak hal yang harus dilakukan daripada bermain game. Niat yang kuat bisa menjadi pondasi utama supaya Anda bisa berhenti bermain game lagi.

Buat Pengaturan 5 Menit sekali untuk mematikan hp secara otomatis

Jika Anda sudah memiliki niat yang kuat, untuk berhenti bermain game sepenuhnya. Namun, batasan yang telah dibuat sebelumnya masih belum mempan.

Cobalah membuat pengaturan 5 menit sekali, untuk mematikan HP secara otomatis. Misalnya disaat Anda diam sejenak ketika bermain game tanpa ada sentuhan dilayar, maka ponsel akan secara otomatis terkunci. Hal-hal seperti ini, lama-kelamaan membuat Anda bosan bermain game. Lama-kelamaan bisa saja menjadi faktor utama yang menyebabkan Anda berhenti bermain game.

Konsultasikan dengan dokter

Jika hal yang saya sampaikan masih kurang efektif, mengatasi masalah kecanduan game Anda. Cobalah untuk memeriksakan diri ke dokter atau psikolog. Minta bantuan dari ahlinya, supaya bisa terlepas dari kecanduan.

Menjalani psikoterapi atau rehabilitasi

Selain itu juga Anda bisa coba menghubungi psikiater, memintanya membantu masalah yang sedang dihadapi saat ini. Mungkin saja Anda akan direkomendasikan untuk mengikuti program psikoterapi atau rehabilitasi.

Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah dengan cara cognitive behavioral therapy (CBT) atau terapi kognitif perilaku.

Memiliki kondisi dengan kecanduan game online adalah salah satu masalah kesehatan mental yang bisa terjadi oleh siapa saja. Jika dibiarkan bisa merusak kondisi kesehatan fisik, mental dan mempengaruhi kualitas hidup. Bagi anak remaja tentunya akan sangat merugikan terutama bisa menurunkan prestasi anak disekolah.

Publikasi: Ashefa Griya Pusaka

Scroll to Top