Kecanduan Narkoba Bisa Merusak Hubungan Keluarga - Ashefa Griya Pusaka

Kecanduan Narkoba Bisa Merusak Hubungan Keluarga

Kecanduan Narkoba Bisa Merusak Hubungan Keluarga
Share on:

Kecanduan narkoba bisa merusak hubungan harmonis didalam keluarga, dampak buruk penyalahgunaan bisa mengakibatkan stigma negatif yang muncul di internal dan eksternal si Individu tersebut.

Oleh karena itu Kecanduan narkoba tidak bisa dianggap sepele, hal seperti ini harus segera dihentikan. Jika hal ini masih berlanjut akan menimbulkan efek panjang bagi kesehatan fisik dan mental penggunanya.

Efek panjangnya ini bisa menyebabkan Individu mengalami kematian hingga melakukan tindakan kriminal yang bisa membahayakan orang lain. Efek kecanduan narkoba sangatlah mengerikan, sebelum coba-coba pikirkan efeknya yang akan Anda alami !.

Apa Itu Kecanduan Narkoba

Kecanduan atau ketergantungan merupakan kondisi mengkonsumsi obat ilegal atau legal secara berlebihan dan terus-menerus. Hal ini bisa berakibat fatal, karena menimbulkan efek samping pendek dan panjang dari obat-obatan yang dikonsumsinya.

Sedangkan kecanduan narkoba ialah kondisi seseorang tidak bisa mengendalikan penggunaan obat dan bisa menimbulkan efek berbahaya dari zat adiktif yang dikonsumsinya. Zat ini akan merusak tubuh dan kesehatan korban penyalahguna narkoba.

Kecanduan narkoba menimbulkan rasa ingin mengkonsumsi yang sangat kuat, pemikiran kita hanya ingin terus menggunakan obat-obatan terlarang tersebut demi memuaskan hawa napsu.

Jika Anda mengalami masalah kecanduan NAPZA, segera konsultasikan ke Ashefa Griya Pusaka untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Bahaya Penyalahgunaan Narkoba

Setiap tahunnya orang yang menyalahgunakan narkoba sangat banyak dan terus bertambah, seolah-olah peredaran barang haram ini tidak pernah ada habisnya.

Padahal efek samping dari narkoba bisa menyebabkan risiko yang lebih berbahaya lagi. Bahaya penyalahgunaan narkoba bisa dinilai dari beragai macam aspek, mulai dari Individu hingga efeknya bagi masyarakat.

Penyalahgunaan Narkoba Menyebabkan Efek Samping Serius

Bahaya penyalahgunaan narkoba bisa menyebabkan efek samping serius bagi korban penyalahguna, mulai dari kesadaran yang tidak stabil, kekurangan cairan dalam tubuh hingga menyebabkan kematian. Berikut efek samping serius yang muncul pada diri Anda, jika terus mengkonsumsi narkoba:

Ketergantungan

Penyalahgunaan narkoba bisa menyebabkan ketergantungan, obat-obatan yang dikonsumsi ini mengandung zat adiktif.

Jika terus disalahgunakan, akan menimbulkan efek terus ingin mengkonsumsinya. Oleh karena itu sebelum terlambat dan ketagihan, segeralah berhenti menggunakannya.

Orang yang sudah mengalami ketergantungan obat perlu ditangani dengan program rehabilitasi yang tepat. Jika dibiarkan begitu saja, efek ketergantungan ini akan menyebabkan timbulnya efek buruk lainnya hingga melakukan kejahatan kriminal lainnya.

Rasa ingin mengkonsumsi yang kuat, fokus Anda ingin terus membeli obat-obatan terlarang ini bagaimanapun caranya. Hal mengerikan ini mungkin saja akan Anda alami, jika tidak segera menjalani rehabilitasi.

Halusinasi

Seseorang akan mengalami perubahan kesadaran atau halusinasi, efek penyalahgunaan narkoba sangat berbahaya. Aktivitas menjadi terganggu, sulit mengikuti pelajaran dan tidak fokus untuk berkonsentrasi.

Efek ini biasanya muncul setelah beberapa jam, setelah orang tersebut mengkonsumsi obat-obatan terlarang seperti NAPZA.

Individu akan sulit mengambil keputusan yang tepat dan hanya mementingkan hawa napsunya saja.

Dehidrasi

Dehidrasi merupakan kondisi tubuh kekurangan cairan, konsumsi cairan semakin meningkat dan tidak mencukupi. Tidak seimbangnya gula garam dalam tubuh dan mengakibatkan fungsinya tidak berjalan dengan baik.

Kecanduan obat juga bisa menyebabkan dehidrasi, sehingga membahayakan Individu terkena serangan panik dan kejang-kejang.

Kematian

Dampak paling fatal dari narkoba bisa menyebabkan kehilangan nyawa. Penggunaan dengan dosis yang tinggi membuat tubuh kejang-kejang dan mengakibatkan kematian.

Penggunaan narkoba secara berlebihan dan tidak ada kesadaran untuk pulih untuk hidup lebih baik merupakan kondisi yang sangat berbahaya. Terus menggunakan zat adiktif akan memompa tubuh kita bekerja secara maksimal, efek obat ini akan menggerogoti tubuh kita hingga tidak bisa berfungsi dengan baik lagi. Seperti halnya mesin yang dipaksakan terus bekerja 24 jam tanpa henti, lama kelamaan akan mati kapan saja.

Penyalahgunaan narkoba bisa sangat berbahaya, memberikan efek yang sementara tidak sebanding dengan apa yang akan kamu dapatkan kedepannya. Berhenti menggunakan narkoba dan hidup lebih baik merupakan solusi terbaik yang bisa Anda ambil mulai dari sekarang.

Kecanduan Narkoba Bisa Merusak Hubungan Keluarga

Dampak buruk penggunaan narkoba bisa merusak hubungan keluarga. Akibat emosi yang tidak terkontrol, malu yang di tanggung anggota keluarga hingga masalah internal lainnya bisa mempengaruhi hubungan didalamnya.

Kecanduan Narkoba Bisa Merusak Hubungan Keluarga
Kecanduan Narkoba Bisa Merusak Hubungan Keluarga

Membantu anggota keluarga untuk pulih dari kecanduan narkoba sangatlah penting. Penyalahgunaan narkoba bisa sangat berbahaya jika dibiarkan begitu saja. Cobalah untuk meminta bantuan dari pusat rehabilitasi narkoba untuk menyelesaikan permasalahan yang sedang kamu alami. Contohnya seperti Ashefa Griya Pusaka, penanganan yang tepat dan tenaga Profesional bisa membantu Anda keluar dari bahaya penyalahgunaan narkoba.

Jika terus dibiarkan akan mengakibatkan berbagai macam hal fatal didalam keluarga, contohnya:

  • Mencuri uang didalam keluarga atau milik orang lain
  • Melakukan penipuaan
  • Menjual barang berharga untuk membeli narkoba
  • Mengancam keselamatan anggota keluarga lainnya
  • Emosi tidak terkontrol, bikin rumah semakin panas
  • Membuat khawatir anggota keluarga
  • Hilangnya keharmonisan didalam keluarga

Jika ada anggota keluarga seperti anak, suami, istri, keponakan atau siapapun itu didalamnya. Segeralah minta pertolongan kepada pusat rehabilitasi narkoba terdepan dan terpercaya.

Pastikan Anda mendapatkan program rehabilitasi yang tepat dan sesuai, pilihanmu menentukan pemulihanmu.

Kesimpulan

Kecanduan narkoba bisa menyebabkan hal berbahaya bagi Individu, bisa merusak kesehatan fisik dan mental. Sebelum terlambat segera ambil Tindakan pemulihan, guna membantu Anda hidup lebih baik lagi.

Penyalahgunaan narkoba bisa menimbulkan efek buruk bagi kehidupan, salah satu contohnya bisa merusak hubungan keluarga.

Publikasi: Ashefa Griya Pusaka

Scroll to Top