Manfaat Buah Loquat yang Menakjubkan, Salah Satunya Membunuh Sel Kanker - Ashefa Griya Pusaka

Manfaat Buah Loquat yang Menakjubkan, Salah Satunya Membunuh Sel Kanker

manfaat buah loquat
Share on:

Buah loquat (Eriobotrya japonica) merupakan buah yang enak dan menyehatkan. Tanaman ini berasal dari Tiongkok. Banyak orang yang jatuh hati dengan buah loquat atau nama lokalnya buah biwa karena rasanya yang manis, penampilannya yang cantik, dan manfaat kesehatannya yang menakjubkan. Tidak hanya buahnya, biji, daun, dan bagian lainnya juga dimanfaatkan dalam pengobatan tradisional. Apa saja manfaat buah loquat untuk menunjang kesehatan?

Kandungan Nutrisi Buah Loquat

Bagian pohon loquat, mulai dari buah, biji, dan daunnya, telah digunakan sebagai obat selama berabad-abad. Loquat telah digunakan untuk mengobati batuk, bronkitis, diabetes, dan juga peradangan. Dalam pengobatan tradisional Tiongkok, buah dan daun loquat digunakan sebagai obat untuk masalah pernapasan, masalah perut, dan masalah kulit.

Buah biwa mengandung beberapa nutrisi penting termasuk vitamin, mineral, serat, dan gula, yang dibutuhkan untuk kesehatan.

  • Vitamin dan mineral: Buah ini kaya akan vitamin A, B6, C, E, dan K. Selain itu, buah ini merupakan sumber kalsium, magnesium, potasium, dan fosfor yang baik.
  • Serat: Setiap cangkir buah loquat memberi Anda 3 gram serat. Ini dapat membantu menjaga perut Anda tetap sehat dan kadar kolesterol Anda pun terkendali.
  • Gula: Terdapat 18 gram gula per cangkir buah loquat, yang dapat memberi Anda banyak energi untuk satu hari.
  • Lemak: Setiap cangkir buah biwa hanya mengandung 0,3 gram lemak, yang cukup rendah. Jadi, Anda bisa menikmatinya sebagai bagian dari program diet seimbang.
  • Protein: Loquat memang hanya mengandung sekitar 1 gram protein per cangkir. Namun kandungan vitamin, mineral, dan antioksidannya yang tinggi akan menggantikannya.

Buah Loquat pun mengandung banyak bahan kimia tanaman yang dapat meningkatkan kesehatan Anda seperti :

  • Senyawa fenolik: Antioksidan ini dapat membantu melawan radikal bebas penyebab kerusakan sel dan menimbulkan penyakit. Senyawa fenolik akan membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.
  • Flavonoid: Senyawa ini memberi warna cerah pada buah loquat. Senyawa ini mungkin juga membawa manfaat antioksidan dan anti-inflamasi.
  • Karotenoid: Bahan kimia ini berubah menjadi vitamin A dalam tubuh Anda. Karotenoid berperan dalam meningkatkan kesehatan penglihatan, fungsi kekebalan tubuh, dan pertumbuhan sel.
  • Triterpen: Senyawa organik ini menawarkan sifat anti-inflamasi dan antikanker.

Manfaat Kesehatan Buah Loquat

Buah yang juga disebut buah emas ini memang menawarkan banyak manfaat. Beragam manfaat buah loquat terutama untuk kesehatan diantaranya adalah :

  • Tinggi Nutrisi

Seperti disebutkan, buah biwa kaya akan nutrisi penting dan senyawa tanaman yang dapat membantu meningkatkan kesehatan Anda. Nutrisi dan senyawa ini memiliki efek antioksidan, antiinflamasi, dan antikanker. Ini dapat membantu meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Serat dalam buah loquat pun membantu kesehatan pencernaan. Ini dapat membantu Anda tetap teratur dan menjaga kadar kolesterol Anda tetap sehat.

  • Meningkatkan Kesehatan Jantung

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa buah loquat dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dengan beberapa cara. Pertama adalah menurunkan tekanan darah. Kadar potasium dan magnesium yang tinggi dalam loquat dapat membantu mengatur tekanan darah, sehingga menurunkan risiko penyakit jantung. Kedua adalah mengurangi kadar kolesterol. Serat makanan dalam buah loquat dapat membantu menjaga kadar kolesterol tetap sehat, yang bermanfaat bagi jantung Anda. Ketiga adalah meningkatkan sirkulasi darah. Antioksidan dan senyawa anti-inflamasi dalam buah loquat dapat membuka jalan bagi aliran darah yang lebih baik. Hal ini juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

  • Potensi Sifat Antikanker

Meskipun penelitian lebih lanjut masih diperlukan, namun beberapa penelitian menunjukkan buah biwa mungkin melindungi terhadap beberapa jenis kanker. Pertama adalah karena efek antiproliferatif yang dimiliki. Penelitian menunjukkan bahwa buah biwa dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker. Kedua adalah kemampuan induksi apoptosis. Beberapa penelitian menunjukkan buah biwa dapat memicu kematian sel kanker. Dan ketiga adalah pencegahan metastasis. Beberapa temuan penelitian menunjukkan bahwa manfaat buah loquat juga dapat mencegah penyebaran sel kanker dalam tubuh.

  • Meningkatkan Kesehatan Metabolik

Penelitian awal menunjukkan efek positif buah loquat bagi kesehatan metabolisme Anda. Yang pertama yaitu dalam pengaturan kadar gula darah. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak buah loquat dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Hal ini dapat membantu dalam mengelola diabetes tipe 1 dan tipe 2. Kedua adalah meningkatkan sensitivitas insulin. Senyawa kimia loquat dapat membantu pengelolaan resistensi insulin yang lebih baik. Hal ini dapat memudahkan sel mengambil gula dari darah. Ketiga adalah pengelolaan berat badan. Kandungan serat dalam buah loquat akan menambah volume pada makanan Anda. Ini mungkin membantu membuat Anda cepat kenyang.

  • Sifat Anti-Peradangan

Loquat mungkin membantu mengurangi peradangan di tubuh Anda. Berikut beberapa manfaat potensialnya. Pertama adalah mengurangi peradangan. Senyawa dalam buah biwa dapat menurunkan tingkat peradangan di tubuh Anda. Kedua adalah mengobati peradangan. Penelitian menunjukkan bahwa buah loquat dapat membantu mengobati berbagai kondisi peradangan seperti radang sendi, penyakit radang usus, dan infeksi saluran pernafasan. Yang ketiga yaitu mendukung sistem kekebalan tubuh. Dengan mengurangi peradangan, buah biwa dapat meningkatkan respons kekebalan Anda terhadap infeksi dan penyakit lainnya.

  • Serbaguna dan Lezat

Selain dianggap membawa manfaat kesehatan, buah loquat juga enak rasanya dan serbaguna. Buah Loquat segar dapat dinikmati apa adanya, dimaniskan, dijus, atau dimasak menjadi makanan penutup. Buah ini dapat menambahkan sedikit rasa buah ke salad Anda atau hidangan apa pun yang membutuhkan sedikit rasa buah.

Buah loquat enak sekali dimakan. Dan bagian dari pohon loquat pun telah menjadi bahan pokok pengobatan tradisional. Selama berabad-abad, bahan ini telah digunakan untuk mengobati peradangan, penyakit pernapasan, dan kondisi kulit dalam praktik pengobatan konvensional.

Meskipun menunjukkan potensi manfaat kesehatan, buah loquat pun berpotensi berbahaya dalam hal-hal berikut :

  • Biji dan toksisitas: Biji loquat mempunyai senyawa yang berpotensi berbahaya yang dikenal sebagai glikosida sianogenik. Mengonsumsi banyak biji loquat yang retak dapat membahayakan, jadi sebaiknya dihindari.
  • Alergi: Jika Anda tidak yakin dengan status alergi Anda terhadap buah ini, diskusikan dengan dokter sebelum mengonsumsinya.
  • Interaksi obat: Komponen buah atau pohon biwa dapat saling menetralkan dengan obat tertentu. Ini termasuk obat pengencer darah atau obat hipoglikemik. Sebelum menambahkan buah loquat ke dalam makanan Anda, bicarakan dengan dokter.

Meskipun beberapa penelitian telah menunjukkan potensi manfaat buah loquat yang dapat meningkatkan kesehatan, namun tetap diperlukan uji coba lebih lanjut pada manusia dalam skala besar untuk mengonfirmasi hal tersebut.

Scroll to Top