Manfaat Mulberry untuk Wajah : Dari Mencerahkan Hingga Membasmi Jerawat - Ashefa Griya Pusaka

Manfaat Mulberry untuk Wajah : Dari Mencerahkan Hingga Membasmi Jerawat

manfaat mulberry untuk wajah
Share on:

Banyak wanita melakukan perawatan kulit wajah mahal demi bisa tampil cantik. Namun sebenarnya, mereka bisa mendapatkan apa yang diharapkan bila menggunakan bahan-bahan yang tepat. Salah satunya adalah buah mulberry atau murbei. Manfaat mulberry untuk wajah tak perlu diragukan lagi mulai dari mencerahkan kulit, melindungi dari sinar UV hingga mengobati jerawat.

Manfaat Ekstrak Mulberry untuk Kulit

Saat berbicara tentang mulberry, apa yang pertama kali terlintas di benak kita, buah atau warnanya? Warna mulberry memang cantik tapi buahnya pun enak. Meski buahnya kecil, namun ekstraknya memiliki manfaat besar untuk kulit. Mulberry baik itu daun, kulit batang, dan bunga terbukti memiliki berbagai sifat seperti : anti-inflamasi, antityrosinase, antioksidan, dan antibakteri, membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, meningkatkan kecerahan kulit, mengobati jerawat, serta menyejukkan dan menenangkan kulit.

Mulberry bergizi dan mengandung beragam vitamin, mineral, antioksidan, protein, lipid, air, dan serat makanan. Mereka juga mengandung mineral termasuk seng, fosfor, kalium, natrium, zat besi, dan magnesium serta vitamin seperti vitamin A, C, dan E. Varietas mulberry ada beberapa jenis yaitu murbei putih (Morus alba), murbei hitam (Morus nigra), dan murbei merah (Morus rubra). Murbei yang paling umum dan populer adalah murbei merah dan hitam.

  • Bahan Pencerah Kulit yang Baik

Enzim yang disebut tirosinase menghasilkan melanin (pigmen yang memberi warna pada kulit). Sebuah proses yang disebut melanogenesis dipicu, di mana tirosinase mengaktifkan produksi melanin, ketika kulit terkena sinar matahari. Dalam penelitian, zat alami dari ekstrak murbei berpotensi memperlambat atau menghalangi aktivitas tirosinase. Ini dapat membuat kulit lebih cerah dengan mengurangi produksi melanin.

Ekstrak mulberry juga digunakan dalam industri kosmetik untuk membuat produk yang dapat meminimalkan munculnya warna kulit tidak merata, bintik hitam, atau hiperpigmentasi. Penelitian lain juga menemukan bahwa ekstrak akar dan daun murbei (murbei hitam atau murbei liar) mempunyai potensi aktivitas pencerah kulit.

  • Melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV

Sebuah penelitian menyimpulkan bahwa buah mulberry hitam mengandung sejenis antioksidan yang disebut antosianin, yang memiliki kemampuan untuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat molekul berbahaya yang dikenal sebagai radikal bebas. Banyak faktor yang menimbulkan radikal bebas termasuk merokok, polusi, atau paparan sinar UV.

Paparan sinar UV terjadi ketika kulit terkena sinar matahari. Hal ini dapat menyebabkan keriput, sengatan matahari, atau bahkan kanker kulit. Antosianin dalam mulberry dapat mengurangi efek tersebut dengan menetralkan sebagian radikal bebas dan menyerap sebagian sinar UV. Buah mulberry hitam memiliki kandungan antosianin yang melimpah dan dapat mengobati kerusakan akibat sinar matahari.

  • Membantu Mengobati Jerawat

Jerawat merupakan salah satu penyakit radang kulit yang sering terjadi pada masa remaja. Penyebab utama timbulnya jerawat di wajah adalah bakteri penyebab jerawat seperti Staphylococcus epidermidis dan Propionibacterium acnes. Dua penelitian menyimpulkan bahwa mulberry hitam (kulit batang, daun, dan buah) kaya akan senyawa fenolik yang memiliki sifat antibakteri dan antioksidan yang sangat baik sehingga dapat mengatasi jerawat.

  • Menenangkan dan Menyejukkan Kulit

Sifat antioksidan dan anti inflamasi terdapat pada daun mulberry atau ekstrak daunnya. yang membantu mencegah iritasi dan ruam kulit serta memberikan sensasi tenang, lembut, dan menyejukkan kulit secara alami.

  • Mencegah Penuaan Kulit Dini

Sebuah penelitian tahun 2014 melaporkan bahwa daun mulberry mengandung polifenol dalam jumlah besar. Polifenol merupakan senyawa tumbuhan alami dengan efek antipenuaan.

Penelitian lain pada tahun 2022 melaporkan bahwa polifenol alami dari ekstrak mulberry dapat menunda penuaan kulit dan masalah terkait penuaan lainnya seperti pembentukan kerutan, hilangnya elastisitas kulit, dan bintik-bintik penuaan.

Membuat Bubuk Ekstrak Mulberry di Rumah

Untuk membuat bubuk ekstrak mulberry di rumah, bahan-bahan berikut harus disiapkan yaitu : Mulberry segar atau kering, Food prosesor, dan Saringan atau ayakan bermata halus. Sementara untuk langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  • Cuci dan keringkan buah mulberry segar, atau rendam mulberry kering dalam air selama beberapa jam untuk rehidrasi.
  • Dengan menggunakan food processor atau blender, haluskan mulberry menjadi bubuk halus.
  • Saring bubuk menggunakan saringan atau ayakan jaring halus untuk menghilangkan potongan yang lebih besar.
  • Taburkan bubuk mulberry ke atas loyang dan biarkan hingga benar-benar kering.
  • Simpan bubuk ini dalam wadah kedap udara untuk digunakan di kemudian hari.

Membuat Masker Wajah Sendiri Menggunakan Ekstrak Mulberry

Kita dapat membuat masker wajah ekstrak murbei sendiri untuk mencapai berbagai tujuan kesehatan dan kecantikan kulit tubuh dan kulit wajah.

Agar kulit bercahaya :

  • Ambil 2 sendok makan bubuk murbei dan 1 sendok makan gel lidah buaya dan pisang tumbuk ke dalam mangkuk.
  • Campur dengan benar untuk mendapatkan campuran yang halus.
  • Oleskan ke wajah dan leher, dan diamkan selama 15-20 menit.
  • Cuci dengan air hangat.

Menghilangkan jerawat :

  • Ambil 2 sendok makan bubuk ekstrak mulberry, 1 sendok makan gel lidah buaya, dan minyak jojoba secukupnya untuk membuat pasta.
  • Masukkan semua bahan tadi ke dalam mangkuk dan aduk rata hingga terbentuk pasta.
  • Oleskan campuran ini pada kulit wajah dan gosok dengan gerakan searah jarum jam.
  • Biarkan selama 5–10 menit dan bilas menggunakan air hangat.

Gel lidah buaya sangat bagus untuk melembabkan dan bertindak sebagai agen anti jerawat. Minyak jojoba baik untuk hidrasi kulit dan membantu melawan jerawat.

Menenangkan kulit meradang, teriritasi, dan sensitif :

  • Campurkan bubuk ekstrak mulberry dan kamomil dalam jumlah yang sama.
  • Tambahkan minyak rosehip secukupnya hingga terbentuk pasta lepas.
  • Oleskan ke kulit wajah selama 5-10 menit.
  • Bilas dengan air.

Minyak kamomil dan rosehip memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi. Jadi, bagus untuk melembabkan dan menenangkan kemerahan pada kulit.

Melawan penuaan kulit :

  • Ambil 2 sdm bubuk ekstrak mulberry, 1 sdm yogurt, dan ½ sdm jus mentimun dalam mangkuk.
  • Campur semua bahan tadi sampai terbentuk pasta.
  • Oleskan pasta secara merata pada wajah dan leher menggunakan ujung jari.
  • Biarkan selama 15-20 menit.
  • Cuci dengan air.

Tips Penting Menggunakan Ekstrak Mulberry pada Kulit

Ada beberapa tips tambahan yang perlu diingat ketika menggunakan ekstrak mulberry pada kulit yaitu :

  • Jangan gunakan ekstrak mulberry dengan produk pencerah atau pengelupas kulit lainnya. Ekstrak murbei dapat memberikan efek pengelupasan ringan pada kulit. Ini dapat membantu memperbaiki tekstur kulit dan menghilangkan sel-sel kulit mati. Menggunakan produk tambahan dengan efek serupa seperti AHA (asam alfa-hidroksi), BHA (asam beta-hidroksi), vitamin C, atau retinoid dapat menyebabkan pengelupasan kulit berlebih yang diikuti iritasi. Oleh karena itu, tetap gunakan satu produk atau gunakan sebagai alternatif.
  • Simpan di tempat sejuk dan gelap. Jika terkena cahaya, udara, atau panas, ekstrak murbei dapat kehilangan khasiatnya. Untuk menghindarinya, simpan dalam wadah kedap udara, jauhkan dari suhu tinggi dan sinar matahari langsung.
  • Konsultasikan dengan dokter jika sedang hamil atau menyusui atau memiliki kondisi medis apa pun. Ekstrak murbei dapat mempengaruhi kadar hormon atau berinteraksi dengan obat-obatan tertentu. Jika wanita sedang hamil atau menyusui atau mempunyai kekhawatiran mengenai kesehatan maka konsultasikan dengan dokter sebelum menggunakannya.
  • Lakukan uji tempel sebelum mengaplikasikan. Beberapa orang mungkin alergi terhadap bahan alami. Oleh karena itu, sebelum mengoleskannya ke wajah, ambil sedikit ekstrak murbei dan oleskan pada siku bagian dalam atau belakang telinga dan tunggu minimal 24 jam. Jika timbul ruam, bengkak, gatal, atau kemerahan, hentikan penggunaannya dan konsultasikan dengan dokter.
  • Gunakan sesering mungkin untuk hasil terbaik. Ekstrak murbei adalah pilihan yang baik untuk mencerahkan warna kulit, memudarkan bintik hitam, dan mengurangi tanda-tanda penuaan. Gunakan secara teratur sebagai bagian dari rutinitas perawatan kulit untuk melihat perubahan nyata, yang mungkin memerlukan waktu. Oleskan juga pada kulit yang bersih dan kering.

Manfaat mulberry untuk wajah memang luar biasa. Daftarnya tidak ada habisnya; mulai dari mencerahkan kulit hingga antipenuaan, semuanya bisa dilakukan! Ini juga merupakan bahan yang bagus untuk masker wajah yang bisa dibuat sendiri di rumah. Lihat kulit wajah yang berubah dari kusam menjadi cerah bercahaya dalam waktu singkat.

Scroll to Top