Manfaat Susu Oat, dari Kesehatan Tulang Hingga Jantung - Ashefa Griya Pusaka

Manfaat Susu Oat, dari Kesehatan Tulang Hingga Jantung

manfaat susu oat
Share on:

Oatmilk atau susu oat menjadi populer akhir-akhir ini di kalangan para pelaku diet. Susu Oat adalah makanan yang sangat bergizi dan sehat, dengan banyak manfaat kesehatan. Oat pun tinggi serat, protein nabati, vitamin B, dan mineral seperti zat besi, kalsium, dan magnesium. Manfaat susu oat untuk kesehatan tak perlu disangsikan lagi, gula darah, jantung dan usus mampu disehatkannya.

Apa Itu Oat?

Oat merupakan biji-bijian atau sereal yang diambil dari Avena Sativa. Biji-biji tersebut kemudian diproses sebelum digulung, dipotong, maupun ditumbuk sebagai serbuk halus. Biji oat dapat diolah sebagai oatmeal, serpihan oat, maupun tepung oatmeal. Oatmeal yang dijual di pasaran merupakan produk olahan. Tanaman Oat bisa tumbuh dengan baik di lokasi yang mempunyai musim panas panjang dengan curah hujan yang juga sering.

Oat memiliki bentuk serat larut yang dikenal sebagai beta-glukan, yang terbukti meningkatkan kadar kolesterol, membantu pengelolaan gula darah, dan menurunkan risiko penyakit jantung. Serat yang dikandungnya juga memiliki kadar prebiotik tinggi, yang mendorong pertumbuhan probiotik di usus orang yang mengonsumsinya.

Kandungan Nutrisi Susu Oat terdiri dari :

  • Kalori: 120
  • Lemak Total: 5g
  • Lemak Jenuh: 0,5g
  • Jumlah Karbohidrat: 16g
  • Jumlah Gula: 7g
  • Gula Tambahan: 7g
  • Serat Makanan: 2-4g
  • Protein: 3 gram
  • Vitamin A: 20% DV
  • Kalsium: 25% DV
  • Besi: 2% DV
  • Vitamin D: 20% DV
  • Riboflavin: 45% DV
  • Vitamin B12: 50% DV
  • Fosfor: 20% DV
  • Kalium: 8% DV

Manfaat Susu Oat

Setidaknya ada 10 alasan utama mengapa susu oat harus ditambahkan ke dalam menu makanan demi meningkatkan kesehatan tubuh anda secara keseluruhan :

Vegan, Bebas Laktosa, Bebas Kedelai, dan Bebas Kacang

Susu oat merupakan salah satu jenis susu nabati yang tidak mengandung produk hewani apa pun sehingga menjadikannya vegan. Tapi itu juga bebas laktosa, kedelai, dan kacang-kacangan. Hal ini menjadikan susu oat pilihan yang bagus bagi siapa saja yang ingin menggantikan susu sapi tetapi alergi terhadap kedelai atau kacang-kacangan.

Sumber Vitamin B

Vitamin B sangat penting untuk mendukung fungsi otak dan dikaitkan dengan peningkatan suasana hati. Riboflavin, atau vitamin B2 diperlukan untuk mengubah karbohidrat menjadi energi yang dapat digunakan, yang bermanfaat bagi atlet dan orang yang menderita kelelahan akibat penyakit kronis. Hanya satu cangkir susu oat akan menyediakan riboflavin hampir mencukupi untuk sepanjang hari.

Mengonsumsi makanan tinggi vitamin B juga dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung dan beberapa jenis kanker. Susu oat juga bisa menjadi sumber vitamin B12 yang baik. Nutrisi ini sangat penting, terutama bagi vegan atau mereka yang mengikuti pola makan nabati. Vitamin B12 akan menjaga kesehatan saraf dan sel darah dan terlibat dalam pembentukan DNA.

Sumber Fosfor dan Zat Besi yang Baik

Secangkir susu oat mengandung fosfor untuk satu hari. Tubuh membutuhkan fosfor untuk membangun tulang dan gigi. Ini juga diperlukan untuk pembuatan molekul DNA, RNA, ATP yang memberi energi pada sel, dan membran sel.

Fosfor memperkuat tulang melalui penyerapan kalsium dan bahkan membantu konduksi saraf dengan menciptakan keseimbangan cairan yang tepat antara jaringan otak dan pembuluh darah. Fosfor juga diperlukan untuk kesehatan jantung dan sistem kardiovaskular.

Kebutuhan zat besi adalah antara 10 dan 18 mg setiap hari. Penting bagi para vegan untuk mencapai angka ini setiap hari karena zat besi dalam bentuk tumbuhan (non-heme) tidak disimpan sebaik zat besi yang berasal dari hewan (heme). Zat besi membantu mencegah anemia dan meningkatkan produksi sel darah merah yang sehat.

Menyehatkan Jantung

Oatmilk mungkin tidak mengandung serat yang sangat tinggi, tetapi serat yang dimilikinya adalah jenis khusus yang dikenal sebagai beta-glukan. Beta-glukan adalah sejenis serat larut. Beta-glukan memiliki sifat penurun kolesterol dan manfaatnya tetap terjaga ketika oat diubah menjadi susu oat atau minuman oat lainnya. Beta-glukan juga dapat mengikat kolesterol di usus dan mengurangi penyerapannya. Minum susu oat setiap hari ternyata bisa membantu Anda menurunkan kolesterol dan meningkatkannya e kesehatan jantungmu!

Oatmilk juga tidak mengandung lemak jenuh. Meskipun beberapa lemak jenuh diperlukan, penelitian menunjukkan bahwa mengganti lemak jenuh dengan lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda akan bermanfaat bagi kesehatan jantung.

Mengatur Kadar Gula Darah

Beta-glukan yang merupakan serat larut di dalam susu oat akan memperlambat penyerapan karbohidrat di usus, sehingga memberikan pasokan gula yang lebih lambat dan lebih stabil ke dalam aliran darah. Pilihan yang sangat baik dan sangat sehat untuk pasien diabetes tipe 2 yang ingin membantu mengatur gula darah mereka.

Bagus untuk Kesehatan Tulang

Susu oat sering kali diperkaya dengan kalsium dan vitamin D, yang keduanya penting untuk kesehatan tulang. Kalsium merupakan mineral utama yang digunakan untuk membentuk tulang, sedangkan vitamin D membantu tubuh menyerap kalsium bahkan dapat mengurangi pertumbuhan sel kanker.

Orang dewasa membutuhkan antara 1.000 dan 1.300 mg kalsium setiap hari. Meskipun jumlah kalsium bervariasi tergantung merek susu oat yang Anda pilih, segelas susu biasanya dapat memenuhi antara 1/3 dan 1/2 dari kebutuhan harian Anda.

Memberikan Energi Tahan Lama

Memang benar bahwa susu oat memiliki kandungan karbohidrat yang lebih tinggi dibandingkan kebanyakan susu alternatif lainnya. Ini belum tentu buruk. Semakin tinggi kadar karbohidrat yang terkandung dalam susu oat akan menghasilkan energi yang tahan lama sepanjang hari.

Meningkatkan Rasa Kenyang

Susu oat tinggi protein dan serat, yang membantu Anda merasa kenyang lebih cepat dan memperpanjang lama rasa kenyang. Hal ini dapat membantu penurunan berat badan dengan meningkatkan pengendalian nafsu makan dan mendorong penurunan lemak.

Manis Secara Alami

Oatmilk memiliki rasa manis alami yang tidak dimiliki oleh alternatif susu kacang tanpa pemanis lainnya. Rasa manisnya berasal secara alami dari oat. Beberapa karbohidrat kompleks dipecah menjadi gula sederhana melalui pengolahan oat. Jadi Anda mendapatkan rasa manis tanpa perlu menambahkan gula.

Baik untuk Kesehatan Usus

Susu oat bermanfaat untuk kesehatan usus karena mengandung banyak serat larut. Serat larut menghasilkan zat seperti gel di usus yang membantu memindahkan makanan Anda.

Cocok untuk Hidangan Lainnya

Oatmilk sangat serbaguna. Rasa susu oat yang lembut dan manis menjadikannya tambahan yang cocok untuk hidangan gurih dan manis yang biasanya Anda gunakan susu. Busanya juga bagus, menjadikannya alternatif ideal untuk pembuat krim kopi.

Membuat Susu Oat di Rumah

Setelah mengetahui manfaat susu oat bagi kesehatan, sekarang saatnya membuatnya sendiri. Membuat susu oat di rumah sangatlah mudah. Namun, susu ini tidak padat nutrisi seperti susu oat yang dijual di supermarket karena tidak difortifikasi atau diperkaya dengan vitamin dan mineral.

Haluskan satu cangkir (80 gram) oat gulung dengan empat gelas air. Blender selama 1 menit atau kurang! Memblender terlalu lama akan menghasilkan produk yang berlendir. Tuangkan campuran di atas kain tipis atau gunakan kantong susu kacang khusus untuk memisahkan cairannya. Susu oat buatan Anda bisa disimpan dalam botol kaca di lemari es hingga lima hari. Setelah Anda terbiasa, coba tambahkan sejumput garam, satu sendok teh ekstrak vanila atau kayu manis, beberapa kurma, atau sirup maple untuk mempermanisnya.

Susu Oat Dibanding Susu Sapi

Susu oat yang dibeli di toko memiliki jumlah vitamin dan mineral yang sama dengan susu sapi. Susu atau oat yang diperkaya menyediakan sekitar 20% dari nilai harian Anda untuk setiap cangkir. Fakta nutrisi untuk setiap jenisnya adalah sebagai berikut: susu oat memiliki lebih banyak karbohidrat (16g versus 12g), serat (3g versus 0g), dan protein (3g versus 8g) dibandingkan susu sapi. Protein ekstra dalam susu sapi dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama.

Susu oat memiliki banyak manfaat, termasuk menyehatkan jantung, meningkatkan energi, mengenyangkan, lebih baik bagi lingkungan dibandingkan susu sapi atau sebagian besar susu non-susu lainnya, dan merupakan pilihan yang baik bagi mereka yang menderita resistensi insulin atau diabetes tipe dua. Susu oat juga bagus sebagai alternatif susu dalam masakan, kue, dan kopi!

Tak heran mengapa susu oat begitu diminati di kalangan vegan dan orang-orang yang sadar kesehatan. Jika Anda sedang mencari pilihan alternatif untuk keluarga Anda, ambil segala macam manfaat susu oat yang dibawanya!

Publikasi: Ashefa Griya Pusaka

Scroll to Top