Memenangkan Pertempuran Melawan Kecanduan Sabu - Ashefa Griya Pusaka

Memenangkan Pertempuran Melawan Kecanduan Sabu

melawan kecanduan sabu
Share on:

Kecanduan merupakan kondisi yang membutuhkan banyak usaha untuk meninggalkannya. Salah satu yang paling sulit untuk ditinggalkan adalah ketika seseorang kecanduan sabu. Bukan hanya karena sabu adalah jenis narkoba yang paling membuat ketagihan, namun efek sampingnya pun fatal. Bagaimana strategi memenangkan pertempuran melawan kecanduan sabu?

Risiko yang Menyertai Sabu

Sabu, kadang juga disebut meth, speed, blue, ice, crystal meth, dan banyak lagi. Sabu sangat menarik bagi orang-orang karena ada banyak cara berbeda untuk menggunakannya. Ada yang berbentuk pil, bisa dihisap dalam bentuk bubuk dan kristal, dihirup dalam bentuk bubuk, dan bisa juga disuntikkan dengan cara melarutkan bubuk dalam air atau alkohol. Tentu saja, setiap cara tadi memiliki risiko, namun narkoba yang menggunakan jarum suntik memiliki risiko tambahan berupa infeksi seperti HIV dan hepatitis B dan C akibat berbagi jarum suntik, serta perilaku terkait yang meningkatkan risiko kesehatan pengguna.

Narkoba jenis stimulan biasanya akan meningkatkan aktivitas dalam sistem kardiovaskular ketika dikonsumsi. Konsumsi sabu dapat meningkatkan tekanan darah, suhu tubuh, dan membuat jantung berdebar kencang serta pernapasan pun lebih cepat. Ini tentu sangat berbahaya, dan ada pengguna yang meninggal dengan hanya mengkonsumsi sabu satu kali.

Namun, hal tersebut bukanlah satu-satunya risiko jangka pendek dari penggunaan sabu. Sabu pun dapat mengganggu tidur hingga tidak bisa tidur sama sekali dalam jangka waktu lama, hingga tidur sepanjang waktu saat mengalami kecelakaan. Sabu juga terkenal karena dapat menurunkan nafsu makan, dan juga menyebabkan mual, muntah, dan diare yang ekstrem. Dan jangan lupa, overdosis sabu merupakan risiko kapan saja setiap kali menggunakan sabu.

Jika efek samping sabu dalam jangka pendek masih dianggap ringan, maka dampak jangka panjangnya akan jauh lebih buruk. Penggunaan sabu dalam waktu lama dapat menimbulkan masalah kardiovaskular seperti tekanan darah tinggi, yang menyebabkan serangan jantung, stroke, dan bahkan kematian. Sabu juga dapat menyebabkan kerusakan permanen pada hati dan ginjal penggunanya.

Memenangkan Pertempuran Melawan Kecanduan Sabu

Metamfetamin alias sabu adalah salah satu narkoba paling adiktif yang biasa digunakan untuk tujuan kesenangan. Zat yang satu ini mudah dikonsumsi, lebih mudah diakses saat ini dengan meningkatnya pasokan, namun juga merupakan salah satu yang paling sulit untuk dipulihkan. Tidak hanya gejala sakau dan keinginan mengidam yang brutal, tetapi juga dapat menimbulkan kerusakan jangka panjang pada kesehatan penggunanya.

Namun bukan tidak mungkin untuk terbebas dari belenggu kecanduan sabu dengan mengikuti langkah-langkah yang tepat berikut ini :

  • Keinginan Kuat untuk Sembuh

Semua kecanduan itu memilukan. Salah satu hadiah terbaik yang kita miliki dalam kehidupan ini adalah hak pilihan bebas kita. Ketika Anda mulai menggunakan zat terlarang untuk alasan apa pun, Anda mulai menyerahkan kebebasan itu kepada zat tersebut dan keinginan yang sangat besar dan kuat untuk memperoleh lebih banyak zat tersebut. Anda pun memiliki pilihan untuk meninggalkannya jauh-jauh.

Dalam kasus sabu, atau apa pun sebutannya, Anda mungkin ketagihan setelah mencobanya pertama kali. Sabu adalah narkoba stimulan yang sangat kuat yang dapat menghasilkan ketagihan yang kuat hanya dalam satu waktu. Seperti yang Anda ketahui, semakin sering Anda menggunakannya maka pengaruh zat tersebut menjadi semakin kuat secara eksponensial.

  • Terus Berjuang Hingga Sembuh

Sekuat apa pun sabu, Anda tetap lebih kuat. Anda tidak hanya membuat pilihan untuk menghentikan kecanduan, tetapi juga menindaklanjuti pilihan tersebut, tidak peduli betapa sulitnya hal itu. Anda selamat dari gejala sakau, dan sejauh ini Anda telah melawan keinginan mengidam yang kuat. Artinya Anda memenangkan pertempuran itu.

Medan pertempuran mungkin telah membuat Anda menanggung rasa sakit, kecemasan, kelelahan, keinginan mengidam yang sangat besar, dan mungkin delusi atau gejala psikotik lainnya. Itu bukanlah pertempuran yang ingin dilawan oleh kebanyakan orang. Jika Anda memiliki kekuatan untuk tidak ikut serta, Anda mungkin ingin tidak ingin mengikutinya. Namun anda sudah terlanjur tercebur ke dalam pertempuran itu dan tak ada pilihan lain selain memenangkannya.

  • Penyembuhan dari Dalam

Proses pemulihan kecanduan sabu membutuhkan kekuatan dan daya tahan fisik yang besar. Namun, pemulihan emosional dan mental akan lebih sulit lagi. Jika Anda beralih ke sabu untuk melarikan diri, kemungkinan besar Anda sedang menahan rasa sakit yang sangat hebat. Untuk menyembuhkannya diperlukan ketabahan yang tak tertandingi. Namun, Anda berhasil.

Dengan menyembuhkan dari dalam, Anda memiliki peluang terbesar untuk sukses dalam proses pemulihan kecanduan. Pekerjaan awal lebih sulit dan intens daripada sekadar menemukan ketenangan hati. Namun saat Anda menghadapi rasa sakit Anda secara langsung, namun sebagaimana seorang pejuang, Anda mencapai inti rasa sakit Anda, mengalahkan monster besar, dan memenangkan pertempuran. Penyembuhan dari dalam memberi Anda hati seorang pejuang, yang menyertai tubuh pejuang Anda.

  • Tetap Kuat

Kini, tantangan terbesar menanti Anda: tetap kuat. Ini tidak terjadi sekaligus, seperti gejala sakau secara fisik. Itu tidak muncul di dalam diri Anda selama bertahun-tahun, dan kemudian hilang seperti rasa sakit Anda. Sebaliknya, untuk tetap kuat mengharuskan Anda untuk selalu waspada terhadap pemicunya. Anda harus waspada terhadap keinginan mengidam. Anda harus menjaga diri sendiri setiap hari untuk memenangkan pertempuran ini. Anda harus berjuang setiap hari, dan bertahan sampai akhir. Tetap kuat tidaklah sulit, namun ini hanya bisa dimenangkan oleh pejuang sejati.

  • Menjalani Masa Depan Anda

Hal terbaik dari pertempuran yang Anda menangkan ini adalah Anda sekarang dipersenjatai dan dilindungi oleh alat dan senjata ampuh yang diberikan kepada Anda selama rehabilitasi. Anda dapat mempraktikkan semua yang Anda pelajari dalam terapi untuk mengatasi stres, emosi, atau rasa sakit. Anda dapat mengeluarkan perisai yang Anda peroleh dalam pengobatan untuk membantu Anda memenangkan pertempuran melawan keinginan menggunakan sabu kembali.

Kadang-kadang, ini mungkin hanya sekedar meditasi kesadaran, di lain waktu, Anda mungkin perlu mengeluarkan setiap perisai yang Anda tahu untuk mengatasi keinginan menggunakan narkoba lagi. Tapi Anda bisa. Anda sudah diberikan pelatihan, Anda memiliki keterampilan, dan Anda juga memiliki alatnya. Anda berpengalaman dalam pertempuran, dan Anda menjalani masa depan Anda sebagai seorang pejuang.

Bertempur dengan kecanduan sabu adalah perjuangan yang dahsyat. Anda telah memanfaatkan kesempatan itu, dan Anda keluar sebagai pemenangnya. Anda telah berjuang keras untuk menghadapi rasa sakit yang awalnya Anda coba hindari dengan sabu. Dan Anda juga memenangkannya. Sekarang Anda tinggal mempertahankan kemenangan itu untuk menyongsong kehidupan yang lebih baik di masa depan.

Publikasi: Ashefa Griya Pusaka

Scroll to Top