Obat Jerawat Punggung Paling Ampuh Tanpa Mahal - Ashefa Griya Pusaka

Obat Jerawat Punggung Paling Ampuh Tanpa Mahal

obat jerawat punggung paling ampuh
Share on:

Jika jerawat di punggung mulai muncul, bagi sebagian orang itu bisa membuat frustrasi dan menjengkelkan sebagaimana munculnya jerawat di wajah. Namun tak perlu berkecil hati sebab kini sudah ada sejumlah perawatan yang dapat membantu menghilangkan jerawat punggung. Tak perlu mengeluarkan banyak uang untuk mendapatkan obat jerawat punggung paling ampuh sebagaimana dijelaskan berikut ini.

Mengapa Jerawat Punggung Muncul?

Jerawat terjadi di area kulit mana pun yang memiliki folikel rambut, artinya semua area kulit yang ditumbuhi rambut rentan terhadap munculnya jerawat. Jerawat biasanya muncul di wajah, namun area lain di tubuh juga bisa berjerawat. Jerawat bisa muncul di dada, leher, bahu, lengan atas bahkan bokong.

Punggung, sama seperti wajah, memiliki banyak kelenjar sebaceous yang mengeluarkan sebum. Dan sebum, seperti yang mungkin sudah banyak yang tahu, adalah penyebab utama pori-pori tersumbat. Ketika pori-pori kulit tersumbat, maka akan menjadi tempat berkembang biak yang sempurna bagi bakteri penyebab jerawat. Selain itu, jerawat punggung juga bisa disebabkan oleh pakaian ketat (seperti kemeja dan bra), keringat, dan produk rambut yang berminyak.

Jerawat punggung adalah kondisi kulit yang umum dimana kondisi ini diderita oleh lebih dari separuh penderita jerawat) yang sulit diobati. Jenis jerawat yang muncul bergantung pada reaksi pori-pori. Oleh karena itu, jerawat punggung dapat memiliki jenis yang serupa, termasuk:

  • Komedo putih, atau dikenal sebagai komedo tertutup, muncul ketika pori-pori yang tersumbat tetap tertutup, membentuk benjolan putih kecil.
  • Komedo, atau komedo terbuka, terjadi ketika pori-pori tersumbat terbuka ke udara. Kotoran di dalamnya teroksidasi dan berubah menjadi hitam.
  • Papula adalah lesi yang tampak seperti benjolan kecil berwarna merah muda, akibat pori-pori yang meradang dan tersumbat.
  • Pustula, yang biasa disebut jerawat, adalah papula berisi nanah dengan dasar kemerahan yang meradang.
  • Nodul terbentuk ketika bakteri terperangkap di pori-pori, menyebabkan terbentuknya benjolan keras dan nyeri jauh di bawah permukaan kulit.
  • Kista juga meluas jauh di bawah permukaan kulit. Jerawat yang lebih besar dan berisi nanah ini menghasilkan benjolan yang menyakitkan dan dapat menimbulkan jaringan parut.

Jerawat punggung berbeda dengan jerawat wajah dalam dua hal penting yaitu :

  • Kulit tubuh lebih rentan tersumbat karena pori-porinya lebih besar dan lebih tebal dibandingkan kulit wajah.
  • Kelenjar penghasil minyak di punggung cenderung lebih aktif dibandingkan kelenjar yang terletak di wajah, sehingga sering kali menyebabkan jerawat yang lebih besar dan meradang yang dikenal sebagai jerawat kistik.

Meskipun jerawat dapat memburuk akibat aktivitas gaya hidup tertentu atau kebersihan yang buruk, penyebab jerawat mempunyai banyak faktor. Namun jangan khawatir, ada sejumlah pengobatan efektif yang bisa diterapkan. Baik jerawat wajah maupun jerawat punggung disebabkan oleh hal yang sama: pori-pori tersumbat. Jadi jika Anda menderita jerawat punggung, hal terbaik yang dapat dilakukan adalah fokus menjaga pori-pori tetap bersih.

Perawatan dan Obat Jerawat Punggung Paling Ampuh

Ada beberapa cara untuk mengobati jerawat punggung. Berikut beberapa pilihan perawatan jerawat punggung yang cukup efektif :

Cobalah Menggunakan Produk Kecantikan Bebas Minyak

Jika Anda memiliki kulit yang rentan berjerawat, pasti Anda sudah tahu bahwa penggunaan produk berbahan dasar minyak bisa memperparah jerawat. Hal yang sama juga terjadi pada perawatan tubuh. Jika Anda menggunakan produk rambut atau losion tubuh berbahan dasar minyak, beralihlah ke produk bebas minyak. Ini akan membantu mengurangi jumlah sebum pada kulit Anda dan juga membantu mencegah pori-pori tersumbat.

Hilangkan Tekanan Pada Punggung

Acne Mechanica adalah salah satu jenis jerawat tubuh yang paling umum. Kondisi ini sangat umum terjadi di kalangan atlet, dan jika Anda menyukai olahraga, Anda mungkin pernah mengalaminya. Acne Mechanica disebabkan oleh gesekan dan tekanan pada kulit. Cara terbaik untuk mencegah jerawat jenis ini adalah dengan mengenakan pakaian longgar dan menghindari pakaian ketat, seperti bra olahraga. Selain itu, tas ransel olahraga atau perlengkapan lainnya juga dapat memperparah jerawat punggung. Jika Anda seorang atlet, cobalah mencari perlengkapan yang tidak memberikan terlalu banyak tekanan pada punggung Anda. Penting untuk menggunakan sabun mandi yang mengandung bahan-bahan yang dapat membantu melawan jerawat. Carilah sabun mandi yang mengandung benzoil peroksida, asam salisilat, atau minyak pohon teh.

Bersihkan Punggung Secara Teratur

Penting untuk menjaga kebersihan kulit jika ingin mencegah dan mengobati jerawat. Terutama setelah aktivitas olahraga. Namun jika menyangkut jerawat di tubuh, membersihkan kulit punggung bisa jadi sulit. Itu sebabnya penting untuk menggunakan sabun mandi yang mengandung bahan-bahan yang dapat membantu melawan jerawat. Carilah sabun mandi yang mengandung benzoil peroksida, asam salisilat, atau minyak pohon teh. Selain itu, penting untuk menggunakan produk yang dapat mengangkat sel kulit mati dengan lembut. Sel kulit mati menjadi salah satu penyebab utama pori-pori tersumbat dan timbulnya jerawat. Anda bisa menemukan sejumlah produk scrub dan eksfoliator yang dirancang khusus untuk jerawat di tubuh.

Oleskan Krim di Titik Jerawat

Jika punggung Anda berjerawat, Anda mungkin bisa mencoba alternatif yang satu ini. Perawatan jerawat biasanya berupa formulasi gel atau krim yang mengandung bahan pembasmi jerawat seperti benzoil peroksida atau asam salisilat. Perawatan dengan benzoil peroksida atau asam salisilat dapat membantu mengeringkan jerawat dan mencegah terbentuknya jerawat baru. Obat jerawat paling ampuh biasanya diformulasikan dengan kombinasi bahan-bahan yang kuat. Ini akan cepat menargetkan jerawat di permukaan kulit Anda. Tidak seperti kebanyakan obat jerawat yang dapat menyebabkan kulit kering dan mengelupas, obat jerawat punggung yang baik akan menjaga kelembapan kulit sekaligus ampuh membuka pori-pori dan mengurangi sebum berlebih.

Jika jerawat punggung termasuk parah, Anda mungkin perlu menggunakan krim atau salep obat. Produk-produk ini biasanya mengandung obat resep dan mengandung bahan-bahan seperti retinoid, antibiotik, atau hormon. Krim dan salep obat bisa sangat efektif dalam mengobati jerawat punggung, namun juga bisa menimbulkan efek samping seperti kulit yang menjadi kering, kemerahan, dan iritasi.

Jangan Tidur di Sprei yang Sama Terlalu Lama

Perawatan jerawat atau maupun jerawat punggung tidak harus selalu berupa krim atau larutan pembersih. Anda dapat mengatasi jerawat dengan mengganti dan mencuci sprei tempat tidur secara teratur. Dan bukan hanya jerawat punggung yang sembuh, namun tidur juga akan lebih nyenyak.

Cuci Pakaian secara Teratur

Anda juga harus mencuci pakaian secara rutin, terutama jika banyak berkeringat. Pakaian yang kotor atau berminyak dapat memperparah jerawat di tubuh. Saat mencuci pakaian, gunakan deterjen lembut dan hindari penggunaan pelembut kain karena dapat mengiritasi kulit.

Dengan perawatan jerawat yang tepat, Anda akan merasa percaya diri dengan tubuh Anda sendiri. Meski jerawat di tubuh, terutama jerawat punggung, lebih mudah disembunyikan, bukan berarti Anda harus menanggungnya. Mengobati jerawat dengan benar dan merawat kulit sensitif berarti Anda bisa merasa percaya diri sepenuhnya dengan tubuh Anda sendiri.

Publikasi: Ashefa Griya Pusaka

Scroll to Top