Ini Efek Penyalahgunaan Narkotika Bagi Fisik & Psikis - Ashefa Griya Pusaka

Ini Efek Penyalahgunaan Narkotika Bagi Fisik & Psikis

Penyalahgunaan Narkotika Menimbulkan Efek
Share on:

Pernahkah kamu mendengar tentang penyalahgunaan narkotika? Yups penyalahgunaan narkotika berdampak buruk bagi kesehatan penggunanya. Ada beragam efek yang ditimbulkan dari penyalahgunaan narkotika bagi kesehatan tubuh, baik fisik maupun psikis. Penyalahgunaan narkotika menimbulkan efek yang berbahaya, salah satunya yaitu halusinasi.

Narkotika adalah zat atau obat yang bisa menimbulkan efek penurunan kesadaran, daya rangsang, dan halusinasi. Selain itu, narkotika juga sebagai obat penghilang nyeri, ketenangan sehingga banyak orang yang terjerumus dalam penyalahgunaan narkotika untuk meningkatkan stamina. Nama lain dari narkotika yaitu NAPZA, Narkoba, atau Obat-obatan terlarang.

Pada kenyataannya, narkotika jika disalahgunakan akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh dan menimbulkan kecanduan. Lalu, apa saja Efek yang ditimbulkan pengguna yang menyalahgunakan narkotika? Simak yuk penjelasannya.

Penyalahgunaan Narkotika Menimbulkan Efek Berbahaya untuk Fisik dan Mental

Penyalahgunaan Narkotika Menimbulkan Efek
Penyalahgunaan Narkotika Menimbulkan Efek

Efek yang ditimbulkan penyalahgunaan narkotika pada tubuh pengguna seperti gangguan sistem pencernaan, gangguan jantung, hemoprosik, gangguan paru-paru, gangguan pada sistem saraf, menimbulkan penyakit HIV/AIDS, Hepatitis, Herpes dan lainnya.

Sementara itu efek yang ditimbulkan penyalahgunaan narkotika bagi kejiwaan pengguna seperti, depresi, keinginan untuk bunuh diri, gangguan jiwa atau psikotik, melakukan tindakan kejahatan, kekerasan dan pengrusakan.

Selain itu ada dampak secara tidak langsung bagi pengguna yang menyalahgunakan narkotika seperti banyak pengeluaran yang untuk kebutuhan proses pemulihan dan perawatan kesehatan. Akan dikucilkan di lingkungan masyarakat dan pergaulan. Menimbulkan rasa anti sosial, akan kehilangan kesempatan untuk berkerja dan belajar, kurang dipercaya, melakukan tindakan kriminal. Bahkan pengguna narkotika bisa masuk ke Renah hukum seperti penjara.

Tak hanya itu, penyalahgunaan narkotika menimbulkan efek untuk kesehatan yang harus kamu ketahui, yakni:

Dehidrasi

Menyalahgunakan narkotika bisa menimbulkan efek buruk pada keseimbangan elektrolit. Sehingga, menyebabkan tubuh mengalami kekurangan cairan. Pada saat itulah, pengguna narkotika bisa mengalami penurunan kesadaran dan kerusakan organ tubuh.

Halusinasi

Halusinasi adalah salah satu efek buruk dari narkotika. Apabila pengguna narkotika merasakan efek halusinasi bisa menyebabkan kecemasan dan takut berlebihan.

Gangguan sistem pencernaan

Efek buruk menyalahgunakan narkotika bisa menyebabkan gangguan sistem pencernaan. Hal ini terjadi karena pengguna narkotika sering menambah dosis sembarangan. Dosis yang berlebihan akan menimbulkan efek mual, diare, konstipasi dan hilang nafsu makan.

Menurunnya kualitas tidur

Narkotika memang bermanfaat untuk keperluan medis, seperti membantu keluhan gangguan tidur apabila di gunakan sesuai dosis dan pengawasan dari dokter. Sebaliknya, jika digunakan tanpa pengawasan dari dokter maka akan mempengaruhi kualitas tidur penggunanya. Pengguna narkotika akan merasakan energi yang berlebih, lebih percaya diri, dan detak jantung meningkat. Sehingga akan sulit tidur.

Daripada membangun percaya diri dengan narkoba, lebih baik baca artikel ini Tips untuk Membangun Kepercayaan Diri

Menurunnya kualitas hidup

Penggunaan narkotika juga berpengaruh pada kualitas hidup penggunanya. Sudah banyak peristiwa yang terjadi bahwa narkotika itu berkaitan dengan kriminalitas dan penyimpangan lain. Misalnya melakukan tindakan mencuri, seks bebas dan menjadi pengedar narkotika demi mendapatkan uang. Selain itu, narkotika juga bisa mengubah perilaku penggunanya menjadi lebih kasar dan tidak bermoral.

Jangan coba-coba jadi pengedar karena sangat dilarang, baca penjelasannya disini 6 Alasan Mengapa Narkotika dan Psikotropika Dilarang Peredarannya

Gangguan secara psikologis

Penyalahgunaan narkotika juga menimbulkan efek buruk pada kesehatan mental penggunanya. Mereka akan merasakan atau mengalami gangguan pada sinyal otak, sehingga kerap kali merasakan depresi, cemas, gangguan panik, paranoid dan lainnya.

Gangguan pada mulut

Efek dari penyalahgunaan narkotika selanjutnya terjadi pada organ mulut penggunanya. Ketergantungan narkotika bisa menyebabkan mulut menjadi kering karena adanya perubahan komposisi air liur. Penyalahgunaan narkotika juga rentan mengalami gigi berlubang dan penyakit gusi

Kerusakan organ tubuh

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya jika menyalahgunakan narkotika akan berdampak buruk pada otak, jantung, paru-paru dan ginjal mengalami kerusakan secara perlahan. Terlebih pada orang yang mengalami kejang, dehidrasi, sesak napas akibat dari berlebihan mengonsumsi narkotika.

Berisiko penyakit HIV-AIDS

Efek samping lainnya dari penyalahgunaan narkotika yaitu risiko terkena penyakit HIV-AIDS. Penyakit ini terjadi apabila menyalahgunakan narkotika melalui jarum suntik dan tindakan yang menyimpang misalnya seks bebas.

Menurunnya tingkat kesadaran

Penyalahgunaan narkotika dengan dosis yang tinggi akan menimbulkan efek pada tubuh menjadi lebih rileks, sehingga tingkat kesadaran berkurang drastis, misalnya pada beberapa kasus pengguna narkotika yang mengalami tidur terus dan tidak terbangun. Hilangnya kesadaran ini berdampak pada koordinas tubuh terganggu, bingung dan terjadi perubahan perilaku, bahkan hilang ingatan.

Kerusakan sel otak

Ada beberapa jenis narkotika yang memaksa otak untuk bekerja tidak sesuai dengan semestinya. narkotika jenis stimulan memaksa otak untuk bekerja lebih cepat atau tidak normal, sehingga menekan saraf pusat dan memaksa tubuh untuk tetap tenang.

Kematian

Efek samping yang paling berbahaya dari penyalahgunaan narkotika yaitu kematian. Apabila pengguna narkotika menggunakan dosis tinggi hingga mengalami overdosis dan tubuh kejang. Apabila keadaan pengguna terus mengalami kejang dalam waktu yang lama, dan tidak cepat ditangani bisa berujung pada kematian.

Nah, itu pembahasan tentang penyalahgunaan narkotika menimbulkan efek bagi kesehatan tubuh baik fisik maupun psikis. Ada beragam efek yang timbul bagi kesehatan, tentunya ini akan sangat berbahaya untuk tubuh dan kualitas hidup. Penggunaan narkotika merupakan tindakan yang salah, dan bisa jadi penyakit yang sulit untuk dihentikan. Sebelum terlambat, sebaiknya segera hentikan penggunaan obat-obatan terlarang tersebut.

Baca juga Pergaulan Bebas

Semoga informasi tersebut bisa membantu kamu untuk terhindar dari bahaya dari penyalahgunaan narkotika. Sebaiknya jangan pernah mencoba untuk barang terlarang tersebut. Bisa merugikan diri sendiri dan orang lain. Apabila ada permasalahan yang tidak dapat terselesaikan, maka berkonsultasilah dengan kerabat atau ahlinya. Kemudian, jika sudah terlanjur mengonsumsi narkotika, maka segeralah berkonsultasi di tempat rehabilitasi narkoba.

Publikasi: Ashefa Griya Pusaka

Scroll to Top