Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Fibromyalgia - Ashefa Griya Pusaka

Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Fibromyalgia

fibromyalgia
Share on:

Apakah tubuh Anda terus-menerus merasa sakit? Apakah Anda merasakan nyeri tekan dan nyeri di seluruh otot dan persendian? Apakah kelelahan mengikuti kemana-mana seperti awan gelap? Apakah Anda sudah menderitanya selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun, namun dokter tidak menemukan ada yang salah? Anda mungkin menderita fibromyalgia.

Apa itu Fibromyalgia?

Penyakit tak kasat mata ini menjangkiti jutaan orang di seluruh dunia. Penyanyi Lady Gaga pun menderita penyakit ini. Begitu pula dengan Morgan Freeman, sang aktor film. Meski seorang selebritis, tidak ada yang melindungi Anda dari rasa sakit dan kelelahan yang tiada henti karena fibromyalgia ini.

Fibromyalgia adalah kondisi nyeri kronis. Fibromyalgia menyebabkan nyeri dan nyeri tekan pada otot, sendi, dan jaringan. Pasien dengan fibromyalgia biasanya merasakan nyeri di seluruh tubuh. Mereka juga mengalami kelelahan ekstrem, insomnia, kecemasan, depresi, dan kesulitan fokus. Penyebab pasti dari fibromyalgia tidak diketahui. Tapi ini berkaitan dengan proses nyeri abnormal pada sistem saraf. Orang dengan fibromyalgia merasakan sakit lebih dari yang lain. Hal ini terkait dengan peningkatan rangsangan di otak dan disfungsi jalur nyeri alami.

Sekitar 2 hingga 8% populasi menderita fibromyalgia. Lebih banyak perempuan yang terkena dampak dibandingkan laki-laki. Gejala sering kali dimulai setelah trauma, infeksi, atau stres. Namun terkadang tidak ada pemicu yang jelas. Belum ada obatnya. Namun gejalanya dapat diatasi dengan pengobatan, perubahan gaya hidup, dan pengobatan alternatif.

Gejala Umum Fibromyalgia

Gejala utama fibromyalgia adalah nyeri kronis yang meluas dan nyeri tekan saat disentuh. Penyakit ini juga menyebabkan gejala lain seperti :

  • Kelelahan ekstrem – Penderita fibromyalgia sering kali merasa lelah tidak peduli seberapa banyak mereka beristirahat. Aktifitas sederhana pun bisa sangat melelahkan.
  • Kesulitan tidur – Kebanyakan pasien melaporkan tidur yang tidak menyegarkan dan insomnia. Bangun dengan perasaan lelah adalah hal biasa.
  • Disfungsi kognitif – Dikenal sebagai “fibro fog”, banyak pasien mengalami masalah ingatan, gangguan konsentrasi, dan kesulitan berpikir jernih.
  • Gangguan mood – Kecemasan, depresi, dan mudah tersinggung sering terjadi pada fibromyalgia.
  • Sakit kepala dan migrain – Sakit kepala berulang merupakan keluhan yang umum terjadi. Migrain juga menyerang sekitar 30-50% pasien.
  • Sensitivitas terhadap suhu, perubahan cuaca, kebisingan, dan cahaya terang – Perubahan suhu yang tiba-tiba atau terlalu banyak kebisingan dan cahaya dapat meningkatkan rasa sakit dan ketidaknyamanan.
  • Sensasi mati rasa dan kesemutan – Sensasi mati rasa, terbakar, tertusuk-tusuk dimana paling sering terjadi pada tangan dan kaki.
  • Pusing dan masalah keseimbangan – Episode sakit kepala ringan dan kehilangan keseimbangan tidak jarang terjadi.
  • Masalah pencernaan – Sembelit, diare, mual, kembung, dan sakit perut mempengaruhi sebagian besar pasien.

Gejala lain yang mungkin terjadi termasuk sindrom kaki gelisah, nyeri panggul, masalah kandung kemih, mata dan mulut kering, nyeri rahang, nyeri saraf, keringat malam, dan kekakuan di pagi hari.

Penyebab Fibromyalgia

Para peneliti masih belum yakin apa penyebab fibromyalgia, namun diyakini bersifat multifaktorial – artinya penyakit ini disebabkan oleh kombinasi faktor fisik, mental, dan lingkungan:

  • Genetika – Fibromyalgia sering diturunkan dalam keluarga, jadi genetika dianggap berperan. Mutasi genetik tertentu dapat mempengaruhi seseorang untuk mengembangkan fibromyalgia.
  • Infeksi – Penyakit yang disebabkan oleh virus, bakteri, dan parasit sebelumnya dapat memicu fibromyalgia pada beberapa orang.
  • Trauma fisik atau emosional – Gangguan stres pasca trauma dan cedera fisik di masa lalu meningkatkan risiko terjadinya fibromyalgia. Stres psikologis adalah pemicu yang umum.
  • Pemrosesan sistem saraf yang tidak normal – Orang dengan fibromyalgia mengalami peningkatan sensasi nyeri karena sinyal nyeri yang diperkuat dan jalur penghambatan nyeri alami yang tidak berfungsi di otak dan sumsum tulang belakang.
  • Gangguan tidur – Kurang tidur memperburuk persepsi nyeri dan dapat memicu gejala fibromyalgia pada orang sehat. Gangguan pada tidur nyenyak dan restoratif memainkan peran penting.
  • Ketidakseimbangan hormonal – Perubahan kadar hormon atau disregulasi sumbu hipotalamus-hipofisis dapat menyebabkan fibromyalgia pada beberapa pasien.
  • Peradangan – Peningkatan sitokin inflamasi dan zat yang menyebabkan peradangan saraf dapat memulai atau mempertahankan gejala fibromyalgia.
  • Peningkatan glutamat yang tidak normal – Kelebihan glutamat, suatu neurotransmitter di otak, dapat meningkatkan sinyal rasa sakit. Pasien fibromyalgia menunjukkan peningkatan glutamat di area utama pemrosesan nyeri.
  • Neuropati serat kecil – Kerusakan pada serabut saraf kecil di sistem saraf tepi dapat mendahului atau berkontribusi terhadap sensitisasi sentral fibromyalgia.

Tidak ada penyebab tunggal fibromyalgia yang ditemukan. Penelitian menunjukkan kemungkinan besar disebabkan oleh campuran faktor genetik, gaya hidup, dan lingkungan. Kombinasi faktor-faktor ini mendorong seseorang melampaui ambang batas untuk terkena fibromyalgia.

Pengobatan Fibromyalgia yang Tersedia

Meskipun tidak ada obat untuk fibromyalgia, banyak pengobatan yang dapat membantu meringankan gejalanya. Rencana pengobatan kombinasi bekerja paling baik. Ini melibatkan pengobatan dan terapi non-obat. Dokter menyesuaikan rencana dengan kebutuhan setiap pasien.

Obat-obatan:

Beberapa jenis obat utama yang digunakan untuk mengobati nyeri fibromyalgia dan gejala lainnya:

  • Analgesik – Asetaminofen, NSAID, dan obat nyeri opioid dapat menjadi pilihan untuk meredakan nyeri ringan hingga sedang.
  • Antidepresan – Duloxetine, milnacipran, amitriptyline, dan antidepresan trisiklik lainnya membantu mengurangi rasa sakit dan meningkatkan kualitas tidur dan energi.
  • Obat anti kejang – Pregabalin dan gabapentin sering kali efektif untuk meredakan nyeri fibromyalgia dan membantu tidur.
  • Relaksan otot – Tizanidine dapat mengurangi ketegangan otot dan kejang.
  • Stimulan – Adderall, Ritalin, dan Vyvanse dapat meningkatkan kejernihan mental dan energi pada beberapa pasien.
  • Ganja medis – Jika legal, ganja dapat mengurangi rasa sakit, meningkatkan kualitas tidur, dan mengurangi kekakuan pada otot dan persendian.
  • Naltrexone dosis rendah (LDN) – Antagonis opioid ini dapat membantu mengurangi rasa sakit dan kelelahan pada beberapa pasien dengan dosis yang lebih rendah daripada yang digunakan untuk mengobati kecanduan.
  • Sodium oxybate – Juga dikenal sebagai Xyrem, depresan sistem saraf pusat ini dapat meningkatkan kualitas tidur dan mengurangi rasa sakit.
  • Suntikan hormon pertumbuhan – Memperbaiki kekurangan hormon pertumbuhan dapat mengurangi rasa sakit dan nyeri tekan pada pasien fibromyalgia tertentu.
  • Suntikan kortisol – Pemberian tambahan kortisol dapat meringankan gejala pada beberapa pasien dengan kadar kortisol rendah.
  • Modafinil secara – Stimulan ini dapat digunakan untuk mengatasi rasa kantuk dan kelelahan yang berlebihan di siang hari.
  • Tramadol – Obat nyeri opioid ini dapat digunakan untuk mengatasi nyeri akut dalam beberapa kasus. Sebaiknya hindari penggunaan obat opioid karena risiko ketergantungan.
  • Infus ketamin dosis rendah – Efek disosiatif Ketamin dapat mengganggu sinyal nyeri dan meredakan fibromyalgia parah untuk sementara.

Terapi Non-Obat

Selain pengobatan, terapi non-farmakologis harus menjadi komponen kunci dari setiap rencana pengobatan fibromyalgia:

  • Olahraga – Aktivitas berdampak rendah seperti berjalan kaki, berenang, yoga lembut, tai chi, dan Pilates dapat membantu mengurangi rasa sakit. Mulailah dengan perlahan.
  • Terapi fisik – Bekerjasama dengan ahli terapi fisik dapat meningkatkan kekuatan, fleksibilitas, dan tingkat nyeri melalui pijat, peregangan, perawatan USG, dan latihan khusus.
  • Kebersihan tidur – Melakukan perubahan gaya hidup untuk meningkatkan kualitas tidur sangatlah penting. Hal-hal seperti membatasi kafein, menetapkan rutinitas waktu tidur, dan menjaga kamar tidur tetap sejuk dan gelap dapat membantu.
  • Teknik pengurangan stres – Metode relaksasi seperti meditasi, pernapasan dalam, terapi pijat, terapi musik, dan hidroterapi dapat menurunkan stres dan meningkatkan toleransi rasa sakit.
  • Terapi Perilaku Kognitif (CBT) – CBT berfokus pada modifikasi pola pikir negatif yang memperburuk rasa sakit dan mengubah perilaku merugikan. Ini bisa sangat efektif untuk fibromyalgia.
  • Akupunktur – Jarum halus dimasukkan ke titik pemicu untuk meredakan ketegangan otot dan sensasi nyeri. Ini dapat meningkatkan endorfin alami.
  • Perawatan kiropraktik – Manipulasi dan pijatan tulang belakang dapat meringankan kejang otot dan nyeri sendi yang berhubungan dengan fibromyalgia.
  • Penyesuaian nutrisi – Beberapa pasien menganggap diet bebas gluten dan anti-inflamasi bersama dengan suplemen vitamin D, B12, dan magnesium bermanfaat.

Penderita bisa bereksperimen untuk menemukan kombinasi obat-obatan, olahraga, pereda stres, dan perubahan gaya hidup yang tepat untuk mengelola gejala fibromyalgia dalam jangka panjang. Ini mungkin memerlukan waktu.

Scroll to Top