Mengenal Lebih Jauh Tentang Rehabilitasi Narkoba

Mengenal Lebih Jauh Tentang Rehabilitasi Narkoba

Mengenal lebih jauh tentang rehabilitasi, ini merupakan salah satu metode yang saat ini cukup diandalkan untuk para korban penyalahguna obat-obatan terlarang tersebut. Saat ini hampir disetiap provinsi di Indonesia memiliki tempat rehabilitasi. Hal itu sebagai bentuk melawan penyalahgunaan narkoba tentunya.

Mengenal Lebih Jauh Tentang Rehabilitasi Narkoba
Mengenal Lebih Jauh Tentang Rehabilitasi Narkoba

Korban penyalahgunaan narkoba perlu mendapatkan pelayanan terbaik untuk menerima rehabilitasi supaya bisa pulih dari kondisinya menjadi lebih baik lagi.

Baca juga Berapa Lama Rehabilitasi Narkoba? Ini Informasi Lengkap Durasinya

Ashefa Griya Pusaka memiliki program rehabilitas medis dan submedis yang baik untuk membantu keluarga anda tercinta, tenaga ahli dan berpengalaman membantu mereka menangani masalahnya dengan langkah-langkah yang tepat.

Beberapa Hal Umum Tentang Rehabilitasi Narkoba

Di Indonesia sendiri jumlah pengguna narkoba bisa dikatakan cukup tinggi. Hal tersebut membuat pemerintah memfokuskan beberapa pihak untuk menanganinya. Berbagai cara telah dikerahkan dan salah satunya ialah tempat rehabilitasi narkoba. Berikut ulasan lengkapnya.

Pengertian Rehabilitasi Narkoba

Rehabilitasi adalah salah satu langkah atau metode guna menyembuhkan para para korban penyalahguna dari ketergantungan narkoba. Perihal prosesnya mungkin akan berlangsung tidak sebentar. Hal tersebut dikarenakan membutuhkan berbagai macam proses untuk pemulihan pasien itu.

Untuk prosesnya sendiri tergantung seberapa parah pasien dan sudah konsumsi narkoba dalam jangka waktu lama. Kasus seperti itu tentu membutuhkan waktu guna memulihkan korban agar bisa terlepas dari ketergantungan. Itulah alasan bahwa pentingnya rehabilitasi.

Tujuan Rehabilitasi Narkoba

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa rehabilitasi adalah salah satu jalan guna memulihkan kondisi pasien kembali normal. Tentu tujuannya adalah agar dapat terlepas daei ketergantungan. Dengan begitu, akan penyalahgunaan narkoba pun akan berkurang.

Baca juga Tujuan Rehabilitasi Narkoba dan Manfaatnya untuk Masa Depan

Semua orang tahu bahwa narkoba memberikan dampak buruk kepada para penggunanya. Bahkan hal tersebut bisa dirasakan oleh lingkungan sekitar. Oleh karena itu pemerintah terus berusaha menekan angka penyalahgunaan narkoba. Salah satunya melalui rehabilitasi.

Kriteria Pasien Rehabilitasi Narkoba

Untuk bisa direhabilitasi, tentu terdapat beberapa aturan yang sebelumnya telah dibentuk dalam hukum. Jadi, dapat dikatakan hal ini tidak berlangsung secara sembarang. Terlebih calon pasien harus memenuhi berbagai ketentuan agar mendapatkan fasilitas rehabilitasi.

Beberapa diantaranya adalah terdakwa telah tertangkap oleh pihak penyidik. Dalam hal ini barang bukti yang ditemukan berupa narkoba dengan dosis satu hari pakai. Selain itu, telah dilakukan uji lab guna memastikan positif atau negatif sebagai penyalahguna narkoba.

Cara Penanganan Korban Penyalahguna Narkoba Dengan Metode Rehabilitasi

Sejauh ini ada dua metode yang dilakukan untuk rehabilitasi narkoba. Kedua cara tersebut memiliki tujuan yang sama yaitu memberikan pengobatan terhadap para para korban penyalahguna obat-obatan terlarang. Berikut beberapa metode penanganan para korban penyalahguna narkoba.

Mengenal Lebih Jauh Tentang Rehabilitasi Narkoba
Mengenal Lebih Jauh Tentang Rehabilitasi Narkoba
  • Pengobatan Medis

Metode pertama yang dilakukan guna menangani para korban penyalahguna narkoba adalah menggunakan perawatan medis. Cara ini berlangsung dibawah pengawasan dokter dan tergantung pada jenis narkoba yang dikonsumsi. Jadi, bisa dikatakan penanganannya pun berbeda-beda.

Seperti misalkan narkoba jenis heroin atau morphin maka akan diberikan terapi obat. Beberapa jenis terapi yang dapat digunakan seperti terapi simtomatik dan terapi substitusi. Terapi tersebut pastinya memiliki efek samping oleh karena itu harus diawasi oleh dokter yang telah ahli.

  • Konseling

Konseling adalah metode kedua yang digunakan dalam proses rehabilitasi narkoba. Hal ini tentu menjadi bagian penting guna menyembuhkan dari ketergantungan obat-obatan terlarang. Biasanya cara ini dilakukan secara individu namun dapat berlangsung juga berkelompok.

Konseling diawasi oleh konselor selama proses rehabilitasi berlangsung. Tugasnya adalah membantu para pasien guna mengenali masalah-masalah serta alasannya menggunakan narkoba. Hal ini dilakukan dengan tujuan memulihkan mental sehingga dapat pulih total.

Itulah tadi pembahasan mengenai rehabilitasi narkoba. Pada dasarnya metode tersebut adalah salah satu cara untuk bisa terlepas dari ketergantungan terhadap obat-obatan terlarang. Jadi, jika Anda memiliki kerabat yang dengan gejala NAPZA, segera hubungi Ashefa Griya Pusaka.

For More Information

Hotline : 081388884646

rehabilitasi narkoba
Scroll to Top