Dampak Penggunaan Narkoba Bagi Masyarakat di Lingkungan Pengguna - Ashefa Griya Pusaka

Dampak Penggunaan Narkoba Bagi Masyarakat di Lingkungan Pengguna

Dampak Penggunaan Narkoba
Share on:

Jawaban dampak penggunaan narkoba bagi masyarakat di lingkungan pengguna, keluarga, bangsa Indonesia dan cara menyikapi orang yang menawarkan narkoba. Simak artikel ini sampai selesai untuk mendapatkan penjelasannya!

Narkoba dan masyarakat tidak bisa dipisahkan satu sama lain. Keadaan masyarakat yang sehat dapat menekan pengguna narkoba seminimal mungkin. Sehingga, apa dampak penggunaan narkoba bagi masyarakat di lingkungan pengguna tidak terjadi.

dampak penggunaan narkoba bagi masyarakat di lingkungan pengguna
dampak penggunaan narkoba bagi masyarakat di lingkungan pengguna

Masyarakat diartikan sebagai orang yang hidup bersama dan menghasilkan kebudayaan. Dalam artian, suatu kelompok masyarakat adalah manusia yang saling berinteraksi menurut sistem adat istiadat tertentu secara terus menerus.

Sebenarnya, dampak narkoba bersinggungan langsung karena pengguna narkoba merupakan bagian dari masyarakatnya sendiri. Dengan adanya interaksi sosial dengan lingkungan sekitar, maka narkoba sebenarnya juga mempunyai dampak bagi lingkungan masyarakat.

Dampak penyalahgunaan narkoba juga bisa mempengaruhi proses interaksi sosial, akibatnya akan terasa pada hubungan, komunikasi, tindakan dari orang-orang disekitar kita. Hal ini akan terjadi apabila Anda tidak segera memutuskan untuk berhenti menyalahgunakan. Oleh karena itu, pentingnya observasi bagi korban penyalahguna narkoba untuk menentukan strategi pemulihan yang tepat.

Apa itu Narkoba?

Pada makalah ini kita akan Mengenal apa itu narkoba? Pada umumnya masyarakat menganggap narkoba adalah hal yang tabu, dampak penggunaan narkoba sudah terbukti berbahaya untuk kesehatan fisik dan mental penyalahgunanya.

Narkoba bisa terdiri dari ragam jenis zat adiktif di Indonesia. Narkoba singkatan dari Narkotika dan obat obatan terlarang. Narkoba mempunyai kegunaan dunia dalam medis. Namun, disalahgunakan oleh sekolompok tertentu dengan mengolahnya menjadi zat adiktif yang kuat sehingga membuat kecanduan pengguna seperti Sinte, Lsd, Heroindan Kokain. Baca juga uu narkotika yang perlu Anda ketahui.

Seseorang yang memiliki ketergantungan narkoba harus menjalani program rehabilitasi narkoba supaya hidupnya bisa lebih baik lagi.

Apa Dampak Penggunaan Narkoba bagi Masyarakat di lingkungan Pengguna?

Ini Jawaban Dampak narkoba secara langsung bagi penyalahguna berkaitan dengan pemakainya secara fisik dan psikologis. Kandungan bahan kimia berbahaya dapat merusak tubuh. Ketergantungan terhadap narkoba secara berangsur-angsur akan merusak mental.

Masyarakat juga perlu mngetahui apa itu Narkoba dan zat-zat yang terkandung didalamnya, untuk meminimalisr penyebab penyalahgunaan obat terlarang ini.

Dampak Penggunaan Narkoba Bagi Masyarakat di Lingkungan Pengguna
Dampak Penggunaan Narkoba Bagi Masyarakat di Lingkungan Pengguna

Untuk lebih jelas mengenai dampak narkoba terhadap lingkungan masyarakat sekitar, dampak buruk narkoba terjadi beberapa cakupan. Yakni dimensi negara, ruang lingkup institusi pendidikan dan lingkungan keluarga. Lalu apa saja dampak penggunaan narkoba bagi masyarakat di lingkungan pengguna ? Berikut penjelasannya.

  • Dapat Mendorong Tindakan kriminal atau kejahatan

Penyalahguna NAPZA berdampak buruk terhadap lingkungan masyarakat sekitar lantaran terserang gangguan perasaan dan mood yang sangat ekstrim. Apalagi jika latar belakang pemakai adalah seorang tempramental.

Tidak hanya membuat emosi berada pada batas ekstrimya, pengguna narkoba juga mengalami ketidakstabilan emosi yang benar-benar tidak bisa diduga. Beberapa menit selesai pemakaian, penyalahguna bisa dalam kondisi sangat tenang. Namun, hal ini dapat berubah hanya dengan beberapa saat. Tiba-tiba orang yang mengamuk tidak terkendali.

Efek samping dari narkoba juga membuat orientasi hidup seseorang berubah. Orang orang normal umumnya mempunyai tujuan hidup yang berbeda beda, ada yang ingin capaian spritual, materi maupun kedudukan.

Akan tetapi, penyalahguna narkoba tujuan hidupnya adalah kebutuhan akan ketergantungan segera dipenuhi, dengan cara apapun bahkan dengan tindak kriminal. Hal ini kerap dilakukan tanpa memikirkan konsekuensi dari perbuatannya.

  • Bisa Menganggu Keamanan dan Ketertiban di Masyarakat

Perasaan aman dalam sebuah masyarakat bisa muncul karena adanya jaminan aman di lingkungan tersebut. Jika jaminan keamanan tidak ada, secara langsung akan berdampak pada ketakutan dan kecemasan di masyarakat.

Penyalahguna narkoba kerap menjadi benalu di tengah-tengah masyarakat. Karena korban penyalahguna narkoba yang sudah telat mengkonsumsi bisa melakukan tindakan krimanal tanpa rasa takut sedikitpun. Hal ini karena pengguna narkoba tidak dapat berfikir jernih.

  • Dapat Menimbulkan Beban Sosial- Ekonomi

Biaya untuk membeli narkoba tentunya sangat mahal. Harga yang sangat mahal tersebut tidak dijangkau oleh seseorang yang berlatar belakang ekonomi rendah.

Sifat narkoba yang sangat adiktif bagi pengguna membuat pengguna menjual harta, termasuk yang palingg berharga sekalipun. Tidak jarang pengguna narkoba pada akhirnya menjadi miskin.

Dalam skala yang sangat besar, pengguna narkoba juga menjadi beban negara. Lantaran negara berusaha memberantas produksi narkoba yang ilegal peredaran narkoba di pasar pasar gelap dengan menindak pidanakan pelaku dan merehabilitasi penggguna narkoba. Rehabilitasi sangat penting dilakukan, supaya para penyalahguna bisa hidup lebih baik.

  • Dapat Merusak Dunia Pendidikan

Pendidikan tidak hanya sebagai tindakan belajar mengajar untuk menambah pengetahuan semata. Namun, juga merupakan instrumen penting bagi kemajuan bangsa. Makna pendidikan sesungguhnya adalah investasi bagi masa depan bangsa.

Ada beberapa faktor yang menjadi alasan. Di antaranya: Bangsa yang tingkat pendidikannya tinggi, akan dapat mengembangkan ekonominya bukan hanya sekedar pertumbuhan ekonomi.

Selain itu, pendidikan merupakan investasi untuk pengembangan sumber daya manusia (SDM). Nantinya akan memberikan sumbangsih terhadap bangsa dari segi moniter dan non-moniter. Termasuk membuka peluang bagi pembangunan nasional, baik dari segi ekonomi, sosial kemanusiaan, budaya dan politik.

Dampak narkoba terhadap pelajar sangat jelas mempengaruhi jalannya pendidikan. Akibat penyalahgunaan narkoba akan mengalami emosi yang tidak stabil sehingga memicu perkelahian antar pelajar dan juga mempengaruhi teman sesama pelajar.

Pelajar pengguna narkoba sangatlah sulit untuk mendapatkan prestasi pelajar, bahkan cenderung merusak fasilitas sekolah dan menganggu teman satu sekolah. Bahkan, tidak jarang mereka mencemarkan nama baik sekolah.

  • Berpotensi Merusak Keluarga

Keluarga adalah instrumen penting bagi masyarakat. Jika seseorang bermanfaat bagi keluarganya, otomatis dia akan bermanfaat juga terhadap masyarakat.

Pengguna narkoba sangat berdampak buruk terhadap keluarga. Beberapa di antara mereka adalah kepala rumah tangga. Sehingga sangat rawan menyakiti dan menelantarkan keluarganya. Bisa dikatakan, tidak ada harapan lagi bagi keluarga yang kepala keluarganya terjangkit narkoba. Jika pengguna narkoba merupakan remaja, maka remaja tersebut akan menyusahkan dan membuat malu orang tuanya. Ketahui juga berapa lama rehabilitasi dan biaya yang harus dikeluarkan untuk mengatasi penyalahgunaan narkoba.

Dampak Penggunaan Narkoba Bagi Bangsa Indonesia

Obat terlarang sangat berbahaya untuk generasi muda, hal ini tentu bisa memberikan efek buruk. Dampak penggunaan narkoba bagi bangsa Indonesia bisa sangat merusak. Kandungan berbahaya bahan kimia dari narkoba lama-kelamaan bisa menggerogoti kesehatan fisik dan mental penyalahgunanya.

Bangsa yang besar membutuhkan generasi selanjutnya, generasi inilah yang nantinya akan tumbuh dan bisa membawa perubahan-perubahan baik bagi negaranya. Oleh karena itu menjaga generasi bangsa dari penyalahgunaan narkoba sangat penting. Efek yang timbul dari penyalahgunaan narkoba tidak bisa dianggap sepele, ketergantungan narkoba merupakan fase yang sangat berbahaya.

Mereka yang sudah memiliki ketergantungan biasanya akan sulit melepaskannya, apapun cara akan dilakukan untuk mendapatkan obat-obatan terlarang tersebut. Lalu apa saja dampak penyalahgunaan narkoba bagi bangsa Indonesia ? Simak penjelasannya di bawah ini !.

  • Prestasi anak bangsa menurun
  • Kehilangan penerus bangsa
  • Memiliki generasi yang tidak bermutu
  • Meningkatnya kasus kriminal
  • Bisa merusak bangsa Itu sendiri

Dampak Penggunaan Narkoba Bagi Keluarga Pengguna

Efek berbahaya narkoba sangat luar biasa, selain itu memberikan dampak terutama bagi keluarga pengguna. Keluarga penyalahguna tentu akan mengalami kondisi bingung disertai dengan mental terbebani karena omongan dari tetangganya.

Penyalahgunaan narkoba akan membuat keluarga Anda berubah drastis, terutama dari segi psikologis. Dari mulut kemulut, berita tentang keluarga Anda pasti akan tersebar di lingkungan setempat. Hal ini memberikan pukulan yang amat luar biasa bagi keluarga. Tidak hanya itu narkoba juga bisa memberikan dampak lainnya antara lain:

  • Membuat keluarga malu
  • Menjadi beban keluarga
  • Selalu meminta uang/mencuri untuk membeli narkoba
  • Hubungan keluarga tidak harmonis
  • Menjadi beban pikiran yang bisa membuat kesehatan menurun

Cara Menyikapi Orang yang Menawarkan Narkoba

Edukasi tentang narkoba sebaiknya dipelajari dari usia dini, selain itu orang tua juga harus memperhatikan pergaulan dari anaknya. Penyalahgunaan narkoba biasanya terjadi karena faktor kelalaian orang tua itu sendiri, bisa saja anak Anda coba-coba atau terjerumus dari teman sebayanya.

Pada point ini kita akan membahas tentang Bagimana kalian menyikapi, jika ada orang yang menawarkan narkoba kepada kalian?

Jika ada yang memberikan atau menawarkan narkoba kepada diri kita, sebaiknya jangan pernah untuk mencobanya. Narkoba dapat kita hindari dengan cara menolaknya dengan tegas merupakan cara paling efektif untuk menghindari penyalahgunaan narkoba.

Dampak Penggunaan Narkoba Bagi Pengguna

Penyalahgunaan narkoba biasanya di dasari dari coba-coba atau ajakan teman, namun kamu perlu ketahui dampak penggunaan narkoba bagi pengguna nya. Narkoba akan memberikan efek panjang dan bisa merusak hidup Anda, zat berbahaya yang ada didalamnya sangatlah berbahaya.

Dampak zat adiktif ini bisa merubah prilaku dan sikap, bahkan bisa merusak kesehatan tubuh dan mental penggunanya. Tidak sampai di situ, narkoba juga memiliki dampak buruk bagi pengguna, apa akibatnya jika terus menyalahgunakan zat adiktif antara lain:

  • Mengakibatkan ketergantungan
  • Mengganggu kesehatan tubuh
  • Mengakibatkan gangguan psikologis
  • Mudah emosi
  • Sering berhalusinan buruk
  • Penurunan fungsi tubuh
  • Penurunan daya ingat
  • Penurunan hormon

Selain itu juga, penyalahgunaan narkoba akan mempengaruhi organ tubuh manusia. Seperti halnya gangguan yang terjadi pada hati akan mempengaruhi sistem pencernaan.

Efek Penyalahgunaan Narkoba Untuk Diri Sendiri

Selain berdampak pada masyarakat di lingkungan pengguna, narkoba juga sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh dan mental penyalahgunanya. Kamu juga perlu mewaspadai, munculnya gangguan bipolar akibat penggunaan zat.

Oleh karena itu efek narkoba tidak bisa di anggap sepele, orang dengan ketergantungan NAPZA memerlukan penanganan yang tepat.

Penyalahgunaan narkoba sangat berbahaya bagi kesehatan dan bisa berakibat fatal bahkan bisa menyebabkan kematian, fikirkan kembali dampak dan efeknya jangan sampai menyesal di kemudian hari. Berikut ini beberapa dampak penggunaan narkoba bagi diri sendiri:

Penurunan Fungsi Tubuh

Akibat konsumsi narkoba sangat merugikan dan menimbulkan efek negatif yang amat besar. Efek samping dari narkotika atau narkoba bagi tubuh adalah kehilangan kesadaran, menimbulkan rasa kantuk, fungsi organ tubuh terganggu, dan merusak kesehatan fisik dan mental..

Dampak buruk narkoba bisa mempengaruhi fungsi, kesehatan organ tubuh manusia akan semakin melemah bahkan rusak.

Penurunan Daya Ingat

Akibat ketergantungan narkoba tidak bisa di abaikan, pasalnya zat adiktif yang ada di dalam obat-obatan ini mempunyai kandungan berbahaya.

Terutama menyerang fungsi saraf dan sel otak, perubahan perilaku dan penurunan daya ingat akan di alami oleh penyalahguna narkoba.

Emosi Tidak Terkontrol

Selain itu penyalahguna narkoba juga bisa memiliki emosi yang tidak terkontrol, akibatnya Anda bisa saja melakukan hal yang tidak jelas dan bisa berdampak bagi orang lain seperti mengamuk dan menyakitinya.

Kesimpulan

Dampak narkoba sangat serius dan berbahaya bagi generasi bangsa, oleh karena itu #warondrugs perlu ditingkatkan mulai dari lingkungan sekitar kita. Bisa dimulai dari hal-hal sederhana seperti memberikan edukasi seputar bahaya penyalahgunaan narkoba, hingga membantu mereka pulih dari ketergantungan.

Peredaran narkoba obat-obatan terlarang tidak bisa lepas dari kehidupan modern. Bahkan merupakan salah satu masalah sosial yang perlu mendapatkan perhatian serius sejak dahulu. Indonesia sejak masa kekuasaan Belanda sering dibingungkan oleh penyelundupan-penyelundupan candu.

Narkoba yang menyebabkan ketergantungan bagi pemakainya sehingga menciptakan orientasi hidup yang baru. Yakni bagaimana cara mendapatkan barang candu itu sesegera mungkin. Akibatnya, seseorang tidak mempunyai sebuah tanggung jawab sosial. Hal inilah yang menyebabkan narkoba mempunyai dampak bagi kehidupan masyarakat.

Penyalahguna narkoba seakan akan mempunyai kepribadian ganda dalam satu tubuh. Ini karena perubahan emosi yang tidak terduga. Pencandu narkoba tidak segan segan melakukan tindakan kekerasan terhadap orang lain, bahkan terhadap keluarga sendiri seperti orang tua, istri dan anaknya.

Oleh karena itu, rehabilitasi narkoba perlu dilakukan guna membantu korban penyalahguna mendapatkan penanganan yang tepat.

Itulah dampak penggunaan narkoba bagi masyaarakat di lingkungan pengguna. Karena pengguna narkoba merupakan seseorang yang menjadi bagian masyarakat. Secara otomatis individu pengguna narkoba tidak hanya berdampak buruk terhadap diri sendiri, namun juga bagi masyarakat.

Pusat rehabilitasi Ashefa Griya Pusaka

Artikel ini dipublikasikan oleh: https://ashefagriyapusaka.co.id.

Scroll to Top