Bahaya Narkoba Bagi Pelajar - Ashefa Griya Pusaka

Bahaya Narkoba Bagi Pelajar

Bahaya Narkoba Bagi Pelajar
Share on:

Bahaya narkoba bagi pelajar akan sangat merusak generasi muda bangsa, akibatnya potensi dan inovasi baru akan cenderung menurun.

Narkoba atau NAPZA tak cuma mengincar remaja dan dewasa, akan tetapi juga anak-anak. Para pengedar narkoba selalu punya cara agar anak-anak ingin mencoba narkoba untuk kemudian menjadi korban penyalahgunaan. Sehingga, para orangtua harus selalu waspada mengawasi pergaulan anak-anak demi menghindari ancaman penyalahgunaan.

Bahaya Narkoba Bagi Pelajar
Bahaya Narkoba Bagi Pelajar

Peran orangtua sangat penting untuk memberikan pemahaman kepada anak-anak mengenai bahaya narkoba bagi pelajar yang bisa dirintis ketika usia SD. Pengenalan tersebut menyesuaikan dengan usianya, dibutuhkan metode terbaik ketika mengedukasi mengenai narkoba itu. Pendidikan yang pas akan menjadikan anak mengerti bahayanya narkoba yang akan membuatnya ingin selalu menjauhinya. Berikut beberapa strategi mengenalkan bahaya narkoba kepada anak-anak :

Berdiskusi Langsung

Bahaya Narkoba Bagi Pelajar
Bahaya Narkoba Bagi Pelajar

Selaku orangtua, tak masalah apabila selalu mendiskusikan mengenai bahaya narkoba ke anak-anak. Berdialog secara terbuka merupakan metode penting agar anak bisa belajar mengenai narkotika dan kerusakan yang diakibatkan. Diskusi santai dengan anak tak hanya sekali namun berkali-kali sampai dia betul-betul paham.

Proses diskusi ini merupakan langkah awal agar anak bisa lebih terbuka dengan orang tuanya, cobalah diskusi santai sambil mengedukasi anak tentang bahaya narkoba.

Langkah ini cukup sederhana tapi efeknya sangat luar biasa, anak jadi lebih paham dan bisa menolak narkoba di manapun ia berada nantinya.

Lakukan dari Dini

Ajari anak-anak mengenai segala sesuatu yang berguna dan mana saja yang bisa membahayakan. Orangtua bisa memberikan pengajaran jika narkoba akan menghancurkan kerja alami tubuh serta dapat mengakibatkan kematian.

Edukasi ini bisa dilakukan dari dini untuk mengajarkan anak tentang akibat konsumsi narkoba dan efek-efek negatif yang timbul setelahnya. hal ini merupakan pencegahan dini yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk membantu anaknya menolak narkob dimanapun ia berada nantinya.

Cari Info tentang Narkoba

Cari berbagai penjelasan mengenai narkoba sehingga orangtua akan memiliki jawaban yang tepat bila anak-anak bertanya mengenai bahaya narkoba. Di abad teknologi seperti hari ini, gampang saja mendapatkaan informasi zat apa saja yang dikategorikan sebagai narkotika yang dilarang. Orangtua dapat mengakses website resmi Badan Narkotika Nasional (BNN) untuk mencari informasi yang dibutuhkan. Kecuali itu, orangtua pun dapat menyediakan buku bergambar yang membahas bahaya narkoba.

Komunikasi Terbuka

Anak-anak harus tahu jika orangtua merupakan sosok yang aman untuk meminta bantuan. Orangtua harus memberitahukan apa apa yang akan terjadi di kehidupan mereka,kelak apakah itu baik dan juga buruk. Biarkan anak-anak tahu resiko yang akan terjadi agar mereka mempersiapkan diri secara baik dalam merespon sebuah kejadian.

Memahamkan Arti Kecanduan

Berikan pemahaman kepada anak-anak jika konsumsi alkohol dan narkoba adalah perilaku negatif yang akan sulit dihentikan. Bahkan narkotika jenis LSD dan kokain dapat membuat kecanduan ketika baru pertama mencicipinya.

Narkoba adalah Racun

Jelaskan kepada anak-anak jika narkotika pada prinsipnya merupakan racun. Biarpun sedikit yang digunakan, namun zat tersebut pelan-pelan pasti merusak organ tubuh. Kelewat banyak obat yang masuk tubuh bisa mematikan sel-sel otak, merusak hati, dan merusak organ tubuh lainnya.

Konten Narkoba di Televisi

Anak-anak harus mengerti bahwa kendati di televisi ditayangkan konten tentang rokok, minuman keras, dan konsumsi narkoba, namun itu tidak lah realitas yang sebenarnya di kehidupan. Ada akibat buruk dari berbagai kebiasaan tersebut yang muaranya adalah kematian.

Berikan Pujian

Termasuk mendidik anak-anak termasuk memberikan pujian atas tindakan benar yang telah mereka lakukan. Misalnya ketika mereka merawat tubuh mulai dari menyikat gigi, mandi, olahraga dan lain sebagainya. Anak-anak akan senang dengan pujian sebab membuat mereka merasa dihargai.

Itu tadi berbagai tips menjelaskan kepada anak-anak mengenai bahayanya narkoba. Anak-anak harus selalu terlindungi kesehatannya dan dari perbuatan yang bisa menjurus kepada penggunaan narkoba. Bila memang sudah terlanjur terjerumus ke jeratan narkoba, rehabilitasi adalah jalan terbaik. Pemerintah menjamin bahwa para korban penyalahguna narkoba akan mendapatkan layanan rehabilitasi narkoba hingga tuntas di berbagai instansi penanggulangan narkoba mulai dari puskesmas, rumah sakit dan lembaga lainnya.

Bila menginginkan lembaga rehabilitasi dengan layanan lebih, panti rehabilitasi swasta bisa menjadi pilihannya. Ashefa Griya Pusaka salah satu pilihannya. Pusat rehabilitasi terpercaya Ashefa Griya Pusaka berkomitmen membantu para korban yang mengalami ketergantungan narkoba dalam menjalankan proses penyembuhan menggunakan penanganan komprehensif yang didukung sumber daya professional sekaligus menawarkan fasilitas sebelum sampai pasca pemulihan.

Tempat Rehabilitasi Ashefa Griya Pusaka

Ashefa Griya Pusak merupakan tempat rehabilitasi narkoba yang ada di Indonesia, kita memiliki beberapa cabang dianataranya Jakarta, Cirebon dan Bali. Pelayanan 24 jam yang baik akan membuat anda merasa lebih aman dan nyaman, kita juga memliki fasilitas rehabilitasi premium dan program berkualitas untuk membantu keluarga anda pulih.

Akhir kata

Nah itu dia bahaya narkoba bagi pelajar dan apa saja yang perlu anda lakukan untuk mengedukasi anak supaya menolak narkoba dilingkungannya.

Dengan cara ini peran orangtua perlu diperhatikan untuk memaksimalkan, pengetahuan anak akan dampak negatif dari narkoba. Anak kita akan berfikir dua kali untuk mencobanya, pengetahuan tentang hal-hal yang terjadi setelah mengkonsumsi narkoba sangatlah bagus untuk edukasi dini bagi anak-anak tercinta.

Berhenti menggunakan narkoba dan bantu orang lain keluar dari ketergantungan narkoba, mari bersama-sama kita tolak narkoba untuk Indonesia yang lebih sehat.

Jika anda tidak berpengalaman mengatasi orang-orang dengan ketergantungan Narkoba, silahkan hubungi hot line kami untuk mendapatkan pelayanan rehabilitasi narkoba cepat dan tepat.

For More Information

Hotline : 081388884646

Publikasi: Ashefa Griya Pusaka

Scroll to Top