Cara Mengatasi Kecanduan Gadget pada Anak - Ashefa Griya Pusaka

Cara Mengatasi Kecanduan Gadget pada Anak

cara mengatasi kecanduan gadget pada anak
Share on:

Anak-anak kita lahir di dunia teknologi. Oleh karena itu, kita tidak terkejut bahwa kebanyakan dari mereka memiliki akses ke gadget jauh lebih awal dari mereka mulai membaca atau menulis. Pada saat ini banyak anak yang mengalami kecanduan gadget. Tak selalu buruk namun juga tak semuanya baik. Bagaimana cara mengatasi kecanduan gadget pada anak?

Fakta Kecanduan Gadget pada Anak

Ada beberapa fakta yang menunjukkan bahwa anak-anak zaman sekarang memang sangat akrab dengan gadget. Bahkan sampai pada taraf kecanduan. Berikut beberapa fakta yang mendukung asumsi bahwa anak memang sudah kecanduan gadget :

  • Anak-anak menghabiskan sebagian besar waktu luang mereka di depan komputer, tablet, atau ponsel
  • Berkomunikasi lebih sedikit secara langsung, dan semakin banyak secara virtual
  • Hukuman paling berat yang dapat diterapkan ketika mereka bersalah atas sesuatu yaitu meminta gadget mereka.
  • Anak-anak selalu memiliki setidaknya satu gadget yang membuat mereka sibuk bahkan ketika berbincang dengan orangtua.

Kecanduan teknologi dan gadget apakah selalu buruk? Apakah anak-anak adalah pengguna Teknologi Informasi dengan potensi besar untuk masa depan yang sukses? Tentu saja, tidak semua anak dapat dan akan terus bekerja menuju karier TI yang sukses. Karena itu sebelum membuat kesimpulan bahwa anak sudah kecanduan gadget maka penting untuk menilai dengan benar perilaku dan potensi mereka:

  • Jenis informasi apa yang mereka cari di Internet?
  • Apa hobi mereka selain menggunakan teknologi?
  • Pada mata pelajaran apa mereka berkomunikasi dengan teman-teman mereka?
  • Kemampuan khusus apa yang ditemukan pada anak?
  • Mata pelajaran apa yang menonjol prestasinya di sekolah?

Ini hanyalah beberapa pertanyaan penting yang harus kita tanyakan pada diri kita sendiri sebagai orangtua untuk memahami dengan benar potensi anak-anak kita dan untuk dapat mengarahkan mereka ke masa depan yang sukses.

Cara Mengatasi Kecanduan Gadget pada Anak

Cara Mengatasi Kecanduan Gadget pada Anak

Ketergantungan pada teknologi dapat menguntungkan jika dirasakan dengan benar ketika anak mengembangkan keterampilan TI yang benar-benar berguna untuk masa depan. Jika anak Anda teridentifikasi setidaknya dalam salah satu profil berikut:

Kecanduan Kreatif : Jika anak menghabiskan banyak waktu untuk mencari, mengarsipkan, atau berbagi teks, video, dan beberapa gambar khusus yang bersifat kreatif, abstrak, teatrikal, atau futuristik, ia memiliki bakat menggambar, memproses, membuat model, dll., dan ia melakukannya dengan senang hati, maka anak Anda memiliki banyak peluang untuk memiliki keterampilan kreatif, dan harus didukung dalam pengembangan keterampilan TI, yang secara tak terduga akan berguna baginya di masa depan.

Solusi : Daftarkan anak Anda dalam kursus pelatihan yang akan memberikan pelatihan di bidang digital kreatif, arahkan mereka ke program pendidikan di mana mereka akan memiliki kesempatan untuk berinteraksi dengan informasi yang berguna dan berkomunikasi dengan banyak anak lain dengan minat yang sama. Masa depannya mungkin menjadi expert di bidang grafik digital – area yang akan menawarkan peluang jangka panjang yang nyata untuk karier yang sukses.

Kecanduan Eksis di Dunia Virtual : adalah ketika anak anda senang melihat dan membuat video yang sering dia unggah di lingkungan virtual, bersemangat untuk menulisnya dan suka diperhatikan.

Solusi : Bantu dia menemukan dan berpartisipasi bersama dalam berbagai acara dan program pendidikan yang didedikasikan untuk anak-anak yang menyukai komunikasi virtual. Dengan cara ini, ia akan dapat memusatkan perhatiannya pada kegiatan yang benar-benar relevan untuk masa depan dan mengubah upaya komunikasi virtual yang berisiko dan tidak berpengalaman menjadi partisipasi yang konstruktif.

Kecanduan Inovasi Teknologi : ketika anak menyukai film fiksi ilmiah, teori tentang evolusi teknologi di masa depan, robot, aplikasi revolusioner, dan perjalanan ruang angkasa.

Solusi : bantu dia memahami bahwa dia bisa menjadi bagian dari perkembangan teknologi, menguasai pengetahuan baru, menakjubkan dan sekaligus bermanfaat. Mempelajari robotika dalam format permainan, dalam lingkungan pendidikan yang dirancang dengan baik untuk anak-anak seusianya, dapat menjadi solusi untuk memanfaatkan waktu luang dengan bermanfaat.

Kecanduan Game Virtual : anak menghabiskan sebagian besar waktunya di depan komputer atau ponsel, bermain, sering berbicara tentang grafik, strategi, sejarah, hal baru dan kompleksitas kontrol permainan, bertukar kesan dengan teman tentang topik serupa dan mengetahui tren inovasi terbaru yang muncul di pasaran.

Solusi: Sarankan dia bidang pemrograman, di mana dia akan menemukan dunia gamenya dan kemungkinan menjadi pencipta game virtualnya sendiri. Mulailah mengambil langkah kecil ke arah ini bersamanya: berpartisipasi bersama dalam acara yang didedikasikan untuk anak-anak di lapangan. Kunjungi pusat rehabilitasi atau addiction center, untuk membantu Anak menghilangkan kecanduan game yang sedang dialaminya.

Publikasi: Ashefa Griya Pusaka

Scroll to Top