Hormon Endorfin: Fungsi dan Cara Meningkatkannya - Ashefa Griya Pusaka

Hormon Endorfin: Fungsi dan Cara Meningkatkannya

Hormon Endorfin: Fungsi dan Cara Meningkatkannya
Share on:

Hormon endorfin merupakan salah satu hormon penting dalam otak. Endorfin adalah sejenis zat kimia hormon yang dihasilkan oleh tubuh dan berfungsi sebagai pereda rasa sakit dan juga peningkat suasana hati. 

Dalam mengendalikan perasaan, hormon endorfin juga memiliki peranan yang sangat penting. Karena hormon ini memiliki peranan dan tanggung jawab terkait rasa senang yang dirasakan setelah kita melakukan aktivitas. Sayang itu juga diketahui hormon endorfin dapat memberikan energi positif dalam diri kita.

Untuk lebih memperjelas terkait hormon endorfin, artikel ini akan memberikan banyak pemahaman untuk anda. Mulai dari fungsinya dalam tubuh dan juga bagaimana cara memicu keluarnya hormon endorfin. Tadi baca terus artikel ini hingga selesai.

Apa itu Hormon Endorfin?

Hormon Endorfin adalah hormon yang dihasilkan oleh kelenjar pituitari. Sedangkan, kelenjar pituitari sendiri merupakan salah satu kelenjar endokrin yang terletak di dalam otak dan ukurannya sangat kecil. Hormon ini juga termasuk ke dalam hormon bahagia. Di mana fungsinya sangat berkaitan dengan pengendalian suasana hati dan juga rasa senang.

Selain fungsi utamanya tersebut, hormon endorfin juga memiliki beberapa fungsi lain yang penting untuk diketahui. Adapun beberapa fungsi tersebut yaitu sebagai berikut.

  • Meningkatkan suasana hati
  • Meningkatkan kepercayaan diri
  • Meningkatkan nafsu makan
  • Mengurangi rasa tidak nyaman ataupun rasa sakit
  • Mengurangi rasa cemas, stres, dan depresi
  • Membantu melepaskan hormon seksual
  • Memperkuat sistem imunitas tubuh
  • Meredakan peradangan
  • Meningkatkan memori dan fungsi kognitif

Cara Melepaskan Hormon Endorfin

Sangat penting untuk kamu ketahui bahwa hormon endorfin ini bisa dipicu agar bisa diproduksi. Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk itu, seperti:

1. Olahraga Rutin

Olahraga adalah salah satu cara paling efektif Untuk memicu diproduksinya hormon endorfin dengan baik. Saat kamu berolahraga, itu akan membantumu mengatasi stres dan juga depresi. Selain itu olahraga juga dapat meningkatkan kualitas tidur, rasa percaya diri, hingga menghilangkan kegelisahan di dalam hati.

2. Tertawa

Untuk memicu produksi endorfin, tertawa juga bisa menjadi pilihan alternatif. Selain endorfin, hormon lain seperti serotonin dan dopamin juga akan meningkat secara bersamaan ketika kita tertawa.

Kamu bisa melakukan hal-hal yang bisa membuatmu tertawa. Kamu juga bisa menonton video lucu atau menceritakan hal-hal yang lucu bersama dengan teman-temanmu. Atau juga bisa sekedar memikirkan hal-hal lucu yang kamu tahu atau ingat, sehingga bisa membuatmu tertawa.

3. Mengkonsumsi makanan pedas dan manis

Makanan juga bisa menjadi faktor utama pemicu diproduksinya hormon endorfin ini. Yang paling utama adalah makanan manis, karena makanan ini secara cepat dapat meningkatkan hormon-hormon bahagia yang bisa meningkatkan suasana hatimu.

Selain makanan manis, banyak orang percaya makanan pedas juga bisa menjadi pemicu kuat diproduksinya hormon ini. Akan tetapi kamu harus mengkonsumsi makanan-makanan manis dan pedas secukupnya saja. Jika dikonsumsi secara berlebihan bisa saja menyebabkan masalah pencernaan, dan itu malah menjadi merugikanmu.

4. Meditasi

Dikutip dari alodokter, meditasi merupakan salah satu pemicu endorfin diproduksi. Dengan bermeditasi, kamu juga bisa lebih fokus dalam bernafas dan melatih konsentrasi. Meditasi juga bisa membuat pikiran menjadi lebih jernih dan juga dapat dengan mudah mengelola stres.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan yang sederhana dari pembahasan tentang hormon endorfin yang dapat kami berikan. Semoga artikel tentang fungsi dan cara melepaskan hormon endorfin ini dapat berguna bagi anda.

Publikasi: Ashefa Griya Pusaka

Scroll to Top