Apa itu Methylphenidate & Manfaatnya - Ashefa Griya Pusaka

Apa itu Methylphenidate & Manfaatnya

Apa itu Methylphenidate & Manfaatnya
Share on:

Methylphenidate adalah sebuah obat stimulant yang berfungsi mempengaruhi sistem saraf pusat, merupakan obat generik golongan psikotropika. Memiliki kegunaan untuk mengatasi gejala yang terjadi akibat attention deficit hyperactivity disorder (ADHD).

Apa itu Methylphenidate & Manfaatnya
Apa itu Methylphenidate & Manfaatnya

Methylphenidate juga memiiki kegunaan sebagai obat narkolepsi yang bisa menyebabkan penderita  gangguan tidur bisa menjadi tidur secara tiba-tiba. Memiliki kegunaan untuk menyeimbangkan zat kimia yang ada di dalam otak (nutrotransmitter).

Sehingga methylphenidate memiliki banyak manfaat yang bisa digunakan untuk mengatasi berbagai gejala yang terjadi sehingga gangguan perilaku penderita bisa teratasi dan mampu dikendalikan. Baca juga Manfaat Obat Psikotropika Bagi Berbagai Penyakit

Apa itu Methylphenidate?

Apa itu Methylphenidate? Methylphenidate adalah obat yang bisa digunakan untuk mengendalikan attention deficit hyperactivity disorder (ADHD) dan termasuk obat golongan resep. Penggunaan obat ini, biasanya bermanfaat untuk pengobatan narkolepsi.

Baca juga Narkotika Juga Bisa Digunakan Dalam Terapi Medis

Obat ini merupakan stimulan saraf pusat yang bisa mempengaruhi zat kimia yang ada di dalam otak & saraf.

Penggunaan obat ini juga harus dibawah pengawasan dokter, karena termasuk obat keras. Jika digunakan secara berlebihan dan tidak sesuai dengan resep yang dianjurkan, akibatnya bisa menimbulkan efek samping dan kecanduan.

Jenis obat dengan bentuk tablet, methylphenidate memiliki nama yang sering dikenal di pasaran dengan nama Prohiper, Ritalin, dan Concerta. Methylphenidate bisa digunakan untuk mengatasi berbagai gangguan narkolepsi atau gangguan tidur yang dipengaruhi oleh zat kimia yang terdapat di dalam saraf dan otak. 

Selain itu, obat ini juga bisa digunakan untuk mengatasi gangguan hiperaktif atau sikap yang tidak bisa diam dan tenang sehingga terlalu melakukan hal-hal secara berlebihan. Dalam penggunaan Methylphenidate harus sesuai dengan resep dokter dan tidak boleh berlebihan. 

Kegunaan dan manfaat Methylphenidate

Methylphenidate adalah sebuah obat yang bisa mempengaruhi zat kimia yang ada di dalam otak dan saraf sehingga bisa mengontrol aktivitas dan hal-hal yang berlebihan sehingga bisa menyebabkan impuls kontrol dan impuls hiperaktif. 

Methylphenidate juga bisa digunakan untuk penderita yang sedang melakukan terapi attention hyperactivity disorder (ADHD) dan juga attention deficit disorder (ADD) yang bisa terjadi pada anak-anak ataupun dewasa. 

Namun, perlu diketahui bahwa obat Methylphenidate merupakan obat keras sehingga dalam penggunaan obat Methylphenidate harus dalam pengawasan dokter dan sesuai dengan resep dokter dan tidak boleh berlebihan. 

Hal tersebut bisa menyebabkan kecanduan. Methylphenidate bisa mengendalikan kadar senyawa kimia yang terdapat di dalam otak sehingga konsentrasi dan fokus bisa seimbang dan terkendali. Diantaranya adalah keseimbangan norepinefrin dan dopamine di dalam otak. 

Cara menggunakan Methylphenidate

Dalam menggunakan Methylphenidate harus digunakan sesuai dengan intruksi dokter dan resep dokter karena dalam menggunakan Methylphenidate tidak boleh berlebihan. Penggunaan Methylphenidate secara berlebihan bisa menyebabkan ketergantungan dan kecanduan. 

Methylphenidate adalah obat keras sehingga jika digunakan secara berlebihan dan tidak sesuai dengan seharusnya akan menyebabkan efek samping yang bisa berdampak buruk bagi pengguna Methylphenidate. 

Obat Methylphenidate harus diminum setidaknya 30 atau 45 menit sebelum makan jika menggunakan obat Methylphenidate dalam bentuk tablet dan kapsul. Namun, jika dalam bentuk kapsul Extended-release atau obat yang mampu bekerja lambat bisa digunakan setelah atau sebelum makan. 

Namun, hal tersebut lebih baik jika dikonsultasikan dengan dokter mengenai kapan waktu terbaik untuk menggunakan Methylphenidate. Dalam menggunakan obat Methylphenidate pun harus digunakan secara utuh. 

Perlu diketahui juga bahwa menggunakan obat Methylphenidate ini pun harus digunakan secara langsung dan perlu dihindari dengan menggunakan obat Methylphenidate dengan dikunyah, dihancurkan, atau digerus karena bisa berbahaya bagi pengguna obat Methylphenidate ini. 

Jika penggunaan obat Methylphenidate digunakan tidak sesuai dengan seharusnya justru akan menurunkan efektivitas obat Methylphenidate dan menimbulkan overdosis. Gunakan obat Methylphenidate sesuai dengan jadwal dan dosis yang sesuai. 

Penggunaan obat Methylphenidate pun digunakan sesuai dengan kondisi dan kebutuhan para penderita yang membutuhkan obat Methylphenidate. Jangan pernah menghentikan obat Methylphenidate secara tiba-tiba karena bisa memberikan efek samping yang buruk bagi pengguna obat Methylphenidate. 

Biasanya bisa menyebabkan depresi, perubahan suasana hati secara mendadak dan drastis hingga menyebabkan keinginan untuk bunuh diri. Sehingga dalam menggunakan obat Methylphenidate harus sesuai dan tidak boleh berlebihan agar manfaat dari obat Methylphenidate dapat dirasakan dan efek samping berlebihan dapat ditekan. 

Dosis Methylphenidate

Perlu memperhatikan penyimpanan obat ini, harus disimpan pada suhu ruangan dan jangan disimpan di kamar mandi atau saluran pembuangan apalagi dibekukan. Tak hanya itu obat Methylphenidate pun perlu mendapatkan cahaya yang cukup dan jauhkan dari tempat yang lembap dan cahaya langsung.

Dosis obat Methylphenidate yang bisa digunakan untuk orang dewasa sekitar 18 mg ataupun 36 mg dalam sehari sekali. Tak hanya itu ada juga yang menyebutkan bahwa dosis untuk dewasa bisa digunakan pada angka 20 mg. 

Sedangkan untuk orang dewasa, dosis maksimal tidak boleh lebih dari 60 mg dalam penggunaan sehari sekali. Penggunaan obat Methylphenidate pun digunakan sesuai dengan kebutuhan dan dosis yang sesuai dengan intruksi dokter. 

Sementara itu untuk dosis yang digunakan bagi anak-anak bisa diberikan dengan menyesuaikan pada usia dan berat badan penderitanya. Dokter akan menyesuaikan mengenai kondisi kesehatan yang akan terjadi kedepannya setelah menggunakan obat Methylphenidate. 

Dosis yang bisa digunakan untuk anak-anak usia 6-17 tahun bisa diberikan 5-10 mg dan digunakan 1-2 kali sehari. Sementara itu untuk dosis maksimal berada di angka maksimal 60 mg per hari dan dibagi menjadi beberapa dosis. 

Namun, pada penggunaan obat Methylphenidate harus disesuaikan dengan intruksi dan dosis yang seharusnya diberikan oleh dokter. Digunakan sesuai dengan jadwal dan tidak boleh berlebihan karena bisa menyebabkan dampak dan efek samping yang berbahaya bagi tubuh. 

Tak hanya itu lebih parah lagi bisa sampai menyebabkan overdosis, ketergantungan hingga kematian. 

Kesimpulan

Methylphenidate adalah sebuah obat stimulan yang berfungsi mempengaruhi sistem saraf pusat dan termasuk golongan obat resep. Methylphenidate memiliki kegunaan untuk mengatasi gejala yang terjadi akibat attention deficit hyperactivity disorder (ADHD). Methylphenidate bisa digunakan untuk mengatasi narkolepsi atau gangguan tidur dan juga digunakan ketika melakukan terapi attention hyperactivity disorder (ADHD) dan juga attention deficit disorder (ADD) yang bisa terjadi pada anak-anak ataupun dewasa.

Publikasi: Ashefa Griya Pusaka

Scroll to Top