7 Cara Menjauhkan Narkoba dan Rokok Pada Anak - Ashefa Griya Pusaka

7 Cara Menjauhkan Narkoba dan Rokok Pada Anak

7 Cara Menjauhkan Narkoba dan Rokok Pada Anak
Share on:

Kasus penyalahgunaan narkoba pada anak semakin meningkat, oleh karena itu kamu perlu mengetahui cara menjauhkan zat adiktif ini, supaya anggota keluarga kita tidak terjerumus pengunaan NAPZA.

7 Cara Menjauhkan Narkoba dan Rokok Pada Anak

Pada saat ini tak dipungkiri jika banyak sekali anak-anak terutama kalangan remaja yang
mencoba-coba mengonsumsi dan mendekati narkoba dan rokok. Hal tersebut perlu
perhatian dan penanganan yang tepat agar tidak menyesal dikemudian hari karena efek samping yang timbul akibat penyalahgunaan.

Melihat dampak yang terjadi akibat mengonsumsi narkoba dan rokok pada anak-anak
terutama kalangan remaja sangat berdampak buruk pada kesehatan dan juga masa depannya.
Sehingga perlu peran orangtua dan pihak terdekat untuk mengingatkan hal tersebut.

Pengawasan orang tua dan orang-orang terdekat merupakan cara yang paling berpengaruh
dalam menjaga buah hati anda di masa remaja. Tak hanya orang tua keluarga dan rekan-rekan
terdekatnya bisa membantu mengawasinya.

Kasus Penyalahgunaan Narkoba dan Rokok di Kalangan Remaja

Usia remaja merupakan usia mencari jati diri seseorang. Tidak heran banyak sekali remaja
yang salah melangkah dan terjun dalam penyalahgunaan narkoba dan rokok. Padahal seperti
yang kita ketahui bahwa dampak penggunaan narkoba dan rokok memiliki efek yang buruk.

Terlihat dari jumlah penyalahguna narkoba dan rokok yang ada di Indonesia terus saja
mengalami peningkatan. Jumlah penyalahguna narkoba dan rokok memiliki angka yang
cukup tinggi dan selalu meningkat setiap tahunnya.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan menyatakan bahwa kalangan muda terutama
remaja di tahun 1995-2003 memiliki angka prevalensi perokok mencapai 2-36,3%. Hal
tersebut jelas membuat miris karena angkanya yang begitu tinggi dan mungkin akan terus
meningkat setiap tahunnya.

Hal tersebut berarti jika 20 tahun yang lalu dari 3 orang Indonesia terdapat 1 orang Indonesia
yang merokok. Jika dibandingkan dengan tahun ini maka kemungkinan terdapat 2-3 orang
yang merokok.

Hal tersebut menunjukkan perbandingan penyalahguna merokok pada 20 tahun yang lalu dan tahun ini. Jelas terjadinya peningkatan. Peningkatan terhadap penyalahgunaan narkoba dan merokok memang sudah menjadi sebuah kasus yang perlu ditangani dengan segera. 

Tak hanya itu, menurut Badan Narkotika Nasional (BNN) diketahui bahwa penyalahguna narkoba di Indonesia tercatat sebanyak 5,9 juta orang di tahun 2015. Jika dilihat dari tahun ke tahun penyalahguna narkoba justru terus meningkat.

Survei yang dilakukan menyatakan bahwa peningkatan prevalensi terjadi di lingkungan rumah tangga khusus seperti kontrakan dan kos-kosan. Jika dibandingkan dengan lingkungan rumah tangga umum maka lingkungan rumah tangga khusus jauh lebih besar. 

Para penyalahguna narkoba dan rokok sebenarnya mengetahui dampak yang akan dialami dan dirasakan bagi dirinya. Namun, upaya pencegahan para penyalahguna narkoba dan rokok ini yang masih kurang. 

Perlu adanya dorongan dan bantuan dari orang-orang sekitar baik keluarga, kerabat ataupun teman-teman sekitar. Bisa berupa komunikasi, informasi ataupun edukasi yang bisa mencegah para penyalahguna terjun menyalahgunakan narkoba dan rokok. Sebagai upaya pertama membantu mereka yang mengalami masalah dengan ketergantungan NAPZA, sebaiknya konsultasikan masalah Anda ke Pusat Rehabilitasi Narkoba Ashefa Griya Pusaka.

Berikut Cara Menjauhkan Narkoba dan Rokok Pada Anak

Pada kesempatan kali ini kita akan mempelajari bagaimana cara menjauhkan anak dari narkoba dan rokok. Efek samping dari keduanya bisa merusak kesehatan, jika Anda sayang dengan anggota keluarga sebaiknya lakukan langkah ini sebelum terlambat !

1. Kenali pergaulan anak

Pemantauan orangtua terhadap anak memang sangat penting. Terlebih mengetahui pergaulan buah hati. Dengan siapa mereka bermain dan kemana mereka keluar. Hal tersebut perlu diketahui oleh orangtua agar dapat memantau bagaimana mereka bergaul. 

Selektif terhadap pergaulan anak memang bisa dilakukan agar mampu mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Pengaruh teman dalam sebuah pergaulan di masa remaja sangat berpengaruh terhadap anak untuk masa depannya. 

Jangan sampai buah hati memiliki teman yang sudah terjerumus menjadi penyalahguna narkoba dan rokok karena bisa jadi anak  anda akan ikut coba-coba dan akhirnya terjerumus menjadi penyalahguna. 

Sehingga mengetahui pergaulan anak sejak dini merupakan cara mencegah buah hati agar tidak terjerumus narkoba dan rokok. 

2. Tanamkan nilai-nilai agama sejak dini pada anak

Agama merupakan ajaran yang paling penting untuk duniawi dan juga akhirat. Ajaran agama bisa mencakup nilai moral dan juga etika di dalam kehidupan. Memberikan ajaran agama sejak dini merupakan salah satu pencegahan yang bisa dilakukan agar anak tidak menyalahgunakan narkoba dan rokok. 

Dengan memahami ajaran agama maka bisa menjaga anak dari berbagai hal negative yang mungkin saja menghampiri dan menjerumuskan kea rah yang tidak baik. Pengawasan orangtua memang tidak bisa sepenuhnya dapat dilakukan. 

Karena anak juga memiliki kebebasan. Namun jika anak sudah dibekali dengan ajaran agama maka mereka akan lebih memilah mana yang boleh dilakukan dan yang dilarang. Sehingga nilai agama menjadi salah satu mencegah dan menjauhkan anak dari narkoba dan rokok. 

3. Menjalin komunikasi mengenai narkoba dan rokok sejak dini

Cara pencegahan selanjutnya adalah dengan menjalin komunikasi antara orangtua dan anak mengenai bahaya narkoba dan rokok sejak dini. Anak harus mengetahui apa dampak buruk dan bahaya jika menyalahgunakan narkoba dan rokok. 

Memberi pemahaman sejak dini dari usia yang masih kecil mengenai bahaya narkoba dan rokok ini akan lebih tertanam dalam pikiran dan pemahaman anak agar tidak menyalahgunakan narkoba dan rokok. 

4. Menjalin keharmonisan keluarga

Keluarga yang harmonis merupakan dambaan semua anak dan juga orangtua. Tak sedikit anak yang menyalahgunakan narkoba dan rokok karena keluarga yang tidak harmonis. Anak mencari kebahagiaan diluar yakni dengan menyalahgunakan narkoba dan rokok. 

Oleh karena itu menjalin keluarga yang harmonis merupakan salah satu bentuk pencegahan agar anak tidak mencari bahagianya diluar. Tak hanya itu jika sudah tercipta keluarga yang harmonis maka anak pun akan lebih terpantau karena mereka merasa nyaman di dalam rumah.

5. Memberikan contoh yang baik

Orangtua merupakan salah satu contoh yang dapat dijadikan sebagai role model untuk anak. Tidak sedikit anak yang meniru orangtua nya baik itu kebiasan yang baik ataupun kebiasaan yang buruk. 

Oleh sebab itu memberikan contoh yang baik pada anak dengan tidak mengonsumsi narkoba dan rokok merupakan salah satu cara agar mampu mencegah anak agar tidak menyalahgunakan narkoba dan rokok. 

6. Hadapi masalah dengan cepat dan segera

Jika orangtua melihat ada sesuatu yang berbeda dari sang anak maka orangtua harus segera melakukan tindakan dengan segera. Karena jika tidak diatasi dengan segera maka akan lebih berisko pada penyalahguna narkoba dan rokok tersebut. 

Penyelesaian masalah dengan cepat dan segera akan jauh lebih baik dibandingkan dengan menunda dan mendiamkan masalah. 

7. Membuat dan memberitahu mengenai peraturan di rumah

Peraturan di rumah bisa dilakukan agar anak bisa bertanggung jawab dengan aturan yang ada dan mampu menjalankannya. Misalnya membuat aturan tidak boleh menyalahgunakan narkoba dan rokok. 

Tidak hanya akan membuat anak menjauhi narkoba dan rokok, namun bisa juga melatih anak menaati peraturan dan lebih bertanggung jawab. 

Kesimpulan

Penyalahgunaan narkoba dan rokok memang lebih banyak dan mayoritas terjadi pada anak-anak usia remaja. Hal tersebut perlu adanya pencegahan yang dilakukan agar tidak terjerumus menyalahgunakannya. 

Upaya pencegahan yang bisa dilakukan seperti menciptakan keluarga yang harmonis, membuat peraturan, mengajarkan nilai-nilai agama, memberikan contoh yang baik dan lain-lain yang bisa dilakukan oleh orangtua dan orang-orang terdekat.

Sekian informasi cara menjauhkan narkoba pada anak, lebih baik mencegah daripada mengobati. Jauhi narkoba dan rokok sejak dini akan menyelamatkan masa depan anda. 

Sumber:
https://hellosehat.com/hidup-sehat/berhenti-merokok/menjauhkan-anak-dari-rokok-dan-narkoba/
https://balangankab.bnn.go.id/10-cara-mencegah-dan-menjauhkan-anak-dari-bahaya-narkoba/
https://www.honestdocs.id/upaya-mencegah-narkoba-dan-rokok-pada-anak

Publikasi: Ashefa Griya Pusaka

Scroll to Top