Pengaruh Buruk Psikologis Anak Ketika Orang Tua Kecanduan Narkoba - Ashefa Griya Pusaka

Pengaruh Buruk Psikologis Anak Ketika Orang Tua Kecanduan Narkoba

Pengaruh Buruk Psikologis Anak Ketika Orang Tua Kecanduan Narkoba
Share on:

Pengaruh buruk kecanduan narkoba akan mempengaruhi psikologis anak ketika orang tuanya memiliki ketergantungan NAPZA.

Kata Psikologi berasal dari bahasa Yunani yaitu Psyche artinya jiwa, sedangkan Logos artinya ilmu pengetahuan. Jadi secara etimologi psikologi yaitu ilmu yang mempelajari tentang ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan jiwa, baik itu gejala, proses, maupun latar belakangnya. Psikologi merupakan disiplin ilmu yang membahas tentang mental, pikiran dan tindakan. Ilmu psikologi seringkali di gunakan untuk mencari solusi aktivitas manusia termasuk permasalahan yang terjadi.

Pengaruh Buruk Psikologis Anak Ketika Orang Tua Kecanduan Narkoba

Permasalahan ini berkaitan dengan mental, pikiran dan perilaku manusia.  Oleh karena itu penting sekali untuk mendalami tentang psikologi dalam meraih kesehatan mental maupun kenyamanan hidup. Telah dijelaskan mengenai psikologi, lalu apa sih pengaruh buruk psikologi anak ketika orangtua kecanduan narkoba?

Saat orangtua terjerat dalam kasus narkoba, salah satu hal yang paling dikhawatirkan adalah dampak psikologis anak. Karena bisa berisiko jika tidak segera diatasi dan tak mudah bagi seorang anak jika tinggal di lingkungan bernarkoba. Apalagi ketika anak menyaksikan langsung trauma orangtua yang menyalahgunakan narkoba, efek yang di timbulkan pada anak pun dalam jangka panjang.

Jika anak melihat orangtua menyalahgunakan Narkoba, kemungkinan anak akan mengikutinya saat dia tumbuh dewasa. Selain itu anak jadi merasa terabaikan, dilecehkan secara fisik dan lainnya. Tak hanya itu saja, ketika anak melihat orangtua kecanduan narkoba emosinya tidak stabil dan terjadi keterlambatan dalam belajar, gangguan mental dan emosional. Sehingga menimbulkan pengaruh buruk pada psikologi anak seperti:

  • Mental dan emosi jadi tidak stabil
  • Lebih suka menyalahkan diri sendiri  yang ekstrim
  • Menjadi anak yang pemalu dan takut untuk bersosialisasi
  • Percaya diri berkurang
  • Lebih suka melamun daripada berbicara

Cara Menghadapi Anak dengan Orangtua yang Kecanduan Narkoba

Hidup bersama orangtua yang kecanduan narkoba sering membuat kondisi ruamah menjadi berantakan dan sulit untuk di atur. Supaya anak tidak membenci orngatua yang kecanduan narkoba ada beberapa hal yang bisa di terapkan. Menurut National Associtaion for Children Alcoholics (NACoA) menyebutkan ada empat hal yang perlu di ketahui anak saat orangtua kecanduan obat-obatan terlarang maupun alkohol. Paling utama yang harus diketahui yaitu kecanduan narkoba bukan hal yang mudah untuk di kendalikan oleh siapapun. Anak juga harus dijelaskan untuk tidak melakukan hal yang sama di masa depan.

  • Menjelaskan pada anak jika kecanduan bisa diatasi

Salah satu efek dari narkoba yaitu berbicara yang tidak masuk akal. Bahkan bisa melakukan hal yang memalukan seperti berkata kasar. Tentunya ketika anak mendengar kata kasar tersebut akan timbul rasa malu, marah dan bingung dengan prilaku orangtuanya. Oleh karena itu harus memberi tahu jika hal ini adalah normal. Beritahu juga kecanduan masih bisa dapat diatasi. Kita juga perlu meyakinkan pada anak-anak bahwa orangtua bukan orang yang jahat. Mereka sedang dalam kondisi terpuruk namun mengambil jalan yang buruk

  • Menegaskan jika orangtua tak bersalah

Kebanyakan anak terlintas di pikirannya jika yang di lakukan orangtua salah karena menyalahgunakan narkoba. Namun, ada juga yang berpikiran realitas jika mereka tak bersalah.  Sehingga anak berpikir apa yang dapat dilakukan untuk mencegah orangtuanya dari penyalahgunaan narkoba. Ini terjadi pada anak yang lebih dewasa. Menghabiskan waktu bersama orangtua berharap bisa terhindar dari kecanduan narkoba. Selain itu kita harus menjelaskan jika yang di alami orangtuanya sekarang bukan merupakan kesalahan mereka.

  • Meyakinkan anak bahwa tidak sendirian

Tinggal bersama orang yang kecanduan narkoba memang sungguh mengkhawatirkan. Bagaimanapun juga anak akan lebih nyaman dan tentram tanpa rasa khawatir.  Terkadang muncul rasa tidak nyaman tinggal bersama penyalahguna narkoba. Oleh sebab itu kita harus memberitahu anak jika mereka tidak sendirian. Masih banyak orang yang bisa di ajak untuk mengobrol.

  • Tidak usah menutupi yang sudah terjadi pada orangtuanya

Ada kemungkinan anak menyembunyikan jika orangtuanya penyalahgunanarkoba karena malu. Untuk mengatasi hal itu perlu dilakukan untuk meyakinkan anak dalam berterus terang kepada tanpa ada rasa takut atau my. Beritahu anak tidak harus berbohong untuk menutupi kesalahan orangtua. Begitupun orangtua tidak usah berbohong untuk menutupi penyalahgunaan narkoba, lambat laun anak akan menyadarinya. Beri pengertian juga pada anak bahwa mereka bukan orang jahat, supaya kesehatan mental anak baik-baik saja

Pentingnya Melihat Kondisi Anak dari Orngatua Kecanduan Narkoba

Peristiwa yang terjadi pada orangtua yang kecanduan narkoba tentu berdampak buruk ada mena anak. Oleh karena itu penting sekali untuk menjaga kesehatan mental anak. Harus ada salah satu anggota keluarga yang menjelaskan tentang apa yang sebenarnya terjadi supaya anak lebih mengerti. Sebaiknya terbuka pada anak sejak awal. Jadi anak setelah tahu tidak membenci orngatuanya.

Cara Jelaskan Pada Anak Mengenai Orangtua Penyalahguna Narkoba

Kita sebagai anggota keluarga jangan sampai asal bicara supaya anak paham tentang yang terjadi. Ada beberapa upaya yang dilakukan agar anak tidak membenci orngatuanya atau mengulangi kesalahan yang sama. Sehingga ada niatan untuk ikut membantu pemulihan orangtuanya dari kecanduan narkoba. Nah berikut ini caranya:

  • Secepatnya memberitahu

Kita jangan terus membiarkan peristiwa ini terjadi terlalu lama tanpa sepengetahuan anak. Biarkan anak mendengarkan langsung peristiwa yang buruk ini. Jangan sampai anak mendengarkan hal ini dari orang lain. Biasanya dari orang lain akan menceritakan hal yang berlebih-lebihan

  • Jangan menutupi masalah

Ada baiknya untuk menceritakan dengan jujur mengenai alasan orangtua menjadi penyalahguna narkoba. Kemudian ditegaskan kembi jika hal itu tidak boleh dilakukan lagi

Baca juga Dampak Bagi Anak Apabila Orangtua Kecanduan Ganja

  • Menjelaskan dampak buruk

Jika melakukan hal ini harus mampu bertanggungjawab dan menerima konsekuensinya.

  • Menghindari rasa marah dan sedih

Hindari memperlihatkan ekspresi marah dan sedih di hadapan anak. Supaya anak tidak ikut khawatir maupun cemas. Bersikap tenang jika anak bertanya tentang peristiwa ini.

  • Berkomunikasi dengan baik

Jika orangtua harus masuk penjara atau melakukan rehabilitasi tetap berkomunikasi dengan baik. Supaya bisa mengetahui perkembangan orangtua. Kehadiran anak juga akan lebih memotivasi orangtua untuk pulih dari narkoba.

  • Berjanji untuk tidak mengulanginya

Buatlah acara untuk orangtua berjanji untuk tidak mengulangi lagi. Biarkan anak mengetahui apa saja yang di lakukan orangtua untuk menepa janjinya. Supaya anak tidak beranggapan jika orangtuanya bukan penjahat

Cara Supaya Anak Tidak Meniru Kesalahan Orangtua

Ada pepatah mengatakan “Buah tidak jatuh jauh dari pohonnya” anak biasanya akan mengikuti kesalahan yang dialami orangtuanya. Namun, ketika orangtua mengakuinya kesalahannya ada kemungkinan tidak akan menirunya. Nah berikut ini cara supaya anak tidak meniru kesalahan orangtua yaitu:

  • Mengakui kesalahannya

Orangtua harus mengakui kecanduan narkoba adalah suatu yang salah. Orangtua juga harus jujur dampak apa yang sudah dirasakan. Dengan begitu anak tidak memiliki keinginan untuk mencoba atau mengikuti di kemudian hari

  • Menjelaskan alasannya

Menjelaskan kenapa mau mengonsumsi narkoba? Beri alasan yang umum mengonsumsi narkoba, misalnya untuk meningkatkan rasa percaya diri, mencari ketenangan dan kenyamanan, dan mencari kebahagiaan semu.

  • Beritahu narkoba tidak menyelesaikan masalah

Apapun alasannya untuk mengonsumsi narkoba bukanlah pilihan yang tepat. Justru memperumit masalah. Masih banyak cara yang positif untuk mewujudkan hal tersebut.

  • Menciptakan keluarga yang bahagia

Menciptakan keluarga yang bahagia adalah sala satu caranya suapay anak tidak mengikuti kesalahan orangtua. Jangan membiarkan anak merasa tertekan saat berada di rumah.

  • Saling terbuka

Saling terbuka satu sama lain akan lebih baik, jangan sampai tertutup satu sama lain sehingga hubungan di keluarga jadi kaku

Nah itulah pengaruh buruk pada anak ketika orangtua kecanduan narkoba dan cara mengatasinya. Jangan segan untuk berkonsultasi pada dokter atau psikiater.

Konsultasi gratis penyalahgunaan narkoba, dengan Ashefa Griya Pusaka.

Publikasi: Ashefa Griya Pusaka

Scroll to Top