Tak Hanya Narkoba, Ini Zat Adiktif yang Dapat Menimbulkan Ketergantungan - Ashefa Griya Pusaka

Tak Hanya Narkoba, Ini Zat Adiktif yang Dapat Menimbulkan Ketergantungan

Zat adiktif adalah zat yang dapat menimbulkan
Share on:

Zat adiktif adalah zat yang dapat menimbulkan efek adiksi atau ketergantungan terhadap penyalahgunanya. Banyak sekali jenis zat adiktif yang bisa menimbulkan ketergantungan hingga sulit untuk dihentikan. Seseorang yang sudah sering mengonsumsi zat ini biasanya akan terus menggunakannya, seolah tidak bisa berhenti karena kebutuhan.

Zat adiktif adalah zat yang dapat menimbulkan
Zat adiktif adalah zat yang dapat menimbulkan

Hal tersebut dipengaruhi oleh kandungan yang ada didalam zat adiktif. Senyawa kimia dari zat ini bisa sangat berbahaya jika digunakan dalam dosis yang sangat tinggi. Hingga saat ini kasus penyalahgunaan zat adiktif seolah tidak ada habisnya, padahal efek dari zat ini bisa sangat berbahaya bagi kondisi kesehatan fisik dan mental. Apa lagi jika digunakan secara berlebihan.

Zat adiktif bisa sangat merusak kondisi kesehatan fisik dan mental bagi penyalahgunanya. Hal yang paling berbahaya dari penggunaan zat adiktif adalah overdosis hingga kematian.

Apa itu Zat Adiktif?

Zat merupakan zat yang bisa memberikan efek ketergantungan dan ketagihan. Lebih parah lagi penyalahguna zat adiktif yang sudah parah akan menimbulkan rasa lelah, tidak nyaman dan gejala lain yang mungkin lebih parah jika harus putus dari zat adiktif tersebut.

Kandungan yang ada di dalam zat adiktif akan bekerja secara biologis dengan tubuh sehingga menimbulkan efek ketagihan dan ingin terus menerus menyalahgunakannya. Zat adiktif bukan hanya narkoba.

Selain narkoba, ada juga psikotropika dan zat adiktif lainnya yang juga sama menimbulkan ketagihan dan kecanduan. Jika sudah mengalami kecanduan maka bisa menyebabkan gangguan pada tubuh seperti gangguan kesehatan mental dan juga gangguan otak.

Penyalahgunaan zat adiktif yang berlebihan sebaiknya dibatasi sedikit demi sedikit sebelum menyebabkan hal yang lebih serius lagi. Banyak sekali efek yang bisa ditimbulkan dari zat adiktif seperti memberikan kenyamanan, kesenangan namun hanya sementara.

Oleh sebab itu perlu diketahui apa saja efek yang ditimbulkan dari zat adiktif itu sendiri sebelum mengalami ketergantungan terhadap zat adiktif. Berikut ini merupakan ulasan lengkap mengenai zat adiktif dapat menimbulkan efek apa saja.

Tak Hanya Narkoba, Ini Zat Adiktif yang Dapat Menimbulkan Ketergantungan

Efek dari penyalahgunaan zat adiktif memang sangat banyak dan bisa mempengaruhi fungsi kerja tubuh. Berawal dari efek nyaman dan merasa enak ketika menyalahgunakan zat adiktif dan berakhir menimbulkan ketergantungan dan kecanduan.

Efek ketergantungan ini bisa mempengaruhi secara fisik maupun psikologis kepada orang yang menyalahgunakan zat adiktif. Oleh sebab itu perlu adanya batasan dalam menggunakan dan mengonsumsi segala sesuatu. Perlu di pahami bahwa zat adiktif adalah zat yang dapat menimbulkan ketergantungan bagi penggunanya. Berikut ini macam-macam zat adiktif dan efek yang ditimbulkan dari zat tersebut, antara lain:

1. Alkohol

Alkohol adalah salah satu jenis dari zat adiktif lainnya. Penyalahgunaan alkohol bisa menimbulkan kerusakan sistem saraf dan otak hingga menyebabkan mabuk dan kehilangan kesadaran dan sulit untuk berkonsentrasi.

Penyalahgunaan alkohol yang berlebihan juga bisa menyebabkan tubuh tidak bisa mengontrol apa yang dilakukan sehingga melakukan hal-hal yang tidak disadari. Selain itu alkohol juga bisa menyebabkan tremor, kejang, halusinasi, depresi, gangguan kecemasan.

Lebih parah lagi alkohol bisa menyebabakan stroke hingga kematian. Oleh sebab itu lebih baik hindari minum alkohol demi menjaga tubuh tetap sehat.

2. Zat inhalan

Zat inhalan merupakan salah satu jenis zat adiktif yang termasuk ke dalam zat psikotropika. Dalam penggunaannya zat inhalan digunakan dengan cara dihidap uapnya. Dalam peredarannya zat inhalan memang dapat dijual secara legal.

Namun asap yang keluar dari zat inhalan bisa memberikan bau yang sangat menyengat dan uap nya pun bisa merusak paru-paru hingga merusak saraf pada otak.

3. Kokain

Kokain adalah jenis adiktif yang berasal dari narkotika yang merupakan zat stimulant dari daun tanaman koka. Kokain bisa menimbulkan efek euphoria karena tingkat dopamine yang meningkat di otak.

Selain itu pun kokain bisa menimbulkan insomnia, depresi, kelelahan dan juga penurunan daya ingat dan konsentrasi di otak.

4. Kopi dan teh

Kopi dan teh merupakan salah satu jenis minuman yang enak dinikmati kapanpun karena bisa menimbulkan efek nyaman dan santai. Namun ternyata kopi dan teh mengandung kafein yang merupakan zat kimia golongan stimulant.

Kafein bisa memberikan efek stimulant terhadap susunan saraf pusat yang bisa menghilangkan rasa lelah, letih, mengantuk hingga rasa lapar. Hal tersebut yang menjadi alasan mengapa minum kopi dan teh bisa membuat rasa nyaman dan senang.

Tak hanya itu kopi dan teh juga bisa meningkatkan suasana hati dan juga konsentrasi. Sehingga kopi dan teh bisa menyebabkan ketergantungan dan kecanduan.

5. Rokok

Zat adiktif lainnya juga seperti rokok. Rokok merupakan tembakau yang telah dikeringkan dan dikonsumsi dengan cara dibakar. Rokok juga mengandung nikotin yang menyebabkan kecanduan dan ketergantungan.

Banyak sekali orang yang tidak bisa berhenti merokok karena sudah kecanduan. Padahal rokok mengandung beragam zat berbahaya yang bisa merusak tubuh. Seperti merusak sistem saraf, saraf tepi hingga saraf pusat, jantung, paru-paru, usus hingga otak.

6. Heroin

Heroin merupakan obat opioid yang terbuat dari morfin yang termasuk ke dalam zat adiktif jenis narkotika. Heroin bisa menimbulkan ketergantungan dan efek euphoria yang meningkat. Selain itu juga bisa menimbulkan efek gelisah, muntah dan diare, nyeri otot dan kerusakan pada otak yang menyebabkan kehilangan materi putih di otak.

Baca juga Dampak Penyalahgunaan Heroin Dalam Jangka Pendek & Panjang

7. Ganja

Ganja adalah zat adiktif yang paling banyak disalahgunakan dari jenis narkotika. Ganja juga dikenal dengan marijuana. Ganja bisa menimbulkan efek ketergantungan, gelisah, penurunan nafsu makan hingga gangguan suasana hati.

Ganja juga bisa menimbulkan gangguan pada koordinasi tubuh serta merusak memori yang ada di dalam otak sehingga bisa menyebabkan fokus yang terganggu setelah menyalahgunakan ganja.

8. Barbiturat

Jenis zat adiktif lainnya adalah barbiturat. Barbiturat bisa menyebabkan depresan dan menimbulkan ketergantungan. Jenis dari barbiturate seperti pentobarbital, secobarbital, amobarbital, tuinal dan phenobarbital.

Barbiturat bisa menyebabkan gangguan kecemasan, insomnia, psikosis, kejang, hipotermia hingga kematian.

Kesimpulan

Zat adiktif adalah zat yang dapat menimbulkan ketergantungan dan kecanduan. Namun tak hanya zat adiktif jenis narkotika saja yang menimbulkan ketergantungan. Zat adiktif lainnya dan juga jenis psikotropika sama-sama menimbulkan efek ketergantungan.

Semua jenis zat adiktif memang menimbulkan ketergantungan tergantung seberapa banyak zat yang disalahgunakan dan kadar yang ada di dalam zat tersebut. Seperti hal nya kopi dan teh pun legal dikonsumsi namun jika berlebihan tetap bisa menimbulkan ketergantungan.

Apalagi zat adiktif yang memang sudah illegal dan tidak boleh disalahgunakan seperti jenis narkotika dan psikotropika. Hal tersebut dikarenakan efek yang ditimbulkan sangat besar dan berbahaya bagi tubuh.

Artikel ini dipublikasikan oleh: https://ashefagriyapusaka.co.id.

Scroll to Top