Faktor Penyebab Maraknya Pergaulan Bebas - Ashefa Griya Pusaka

Faktor Penyebab Maraknya Pergaulan Bebas

Penyebab Maraknya Pergaulan Bebas
Share on:

Banyak sekali pergaulan bebas yang kini marak terjadi seperti minum-minuman keras, penyalahgunaan narkoba, balap liar hingga seks bebas. Dampak dari pergaulan bebas ini bisa berpengaruh terhadap suramnya masa depan generasi muda. Sehingga, hal tersebut harus dihindari dengan mengetahui apa saja penyebab maraknya pergaulan bebas ini. Diantaranya adalah ekonomi, broken home, kurangnya pemahaman agama, lingkungan yang buruk, pendidikan yang minim hingga gaya hidup yang berlebihan.

Pergaulan bebas merupakan suatu perilaku menyimpang di masyarakat yang tidak sesuai dengan norma dan hukum yang berlaku di masyarakat dan berlebihan dan bisa menyebabkan dampak buruk bagi dirinya sendiri. 

Penyebab pergaulan bebas

1. Ekonomi

Ekonomi keluarga yang berada pada taraf menengah ke bawah tidak sedikit menyebabkan anak menjadi berontak, karena merasa kebutuhannya tidak tercukupi. Sehingga, untuk memenuhi kebutuhannya anak mencari cara untuk memenuhinya dengan berbagai cara. 

Misalnya menjadi psk, minum minuman keras atau berjudi. Pergaulan bebas tersebut memang banyak terjadi karena faktor ekonomi yang kurang terpenuhi. Itu sebabnya, sebelum memutuskan untuk memiliki anak, pastikan terlebih dahulu bagaimana perekonomian keluarga ke depannya apakah sudah tercukupi atau masih kurang.

2. Broken home

Faktor penyebab yang kedua adalah broken home. Broken home biasanya disebabkan karena perceraian, kekerasan seksual di dalam keluarga, KDRT ataupun penyebab lainnya yang memang membuat mental anak menjadi terganggu. 

Pengawasan orang tua kepada anak pun menjadi tidak maksimal karena permasalahan di dalam keluarganya. Hal tersebut yang menjadi penyebab pergaulan bebas semakin meningkat.

3. Kurangnya pemahaman agama

Pemahaman agama yang kurang baik juga menjadi penyebab lain terjadinya pergaulan bebas. Selain dari pemahaman akademik, pemahaman agama pun tak kalah penting dan harus diimbangi agar tidak tersesat di akhirat kelak. 

Jika pemahaman agama kita sudah baik, maka perilaku menyimpang tidak akan terjadi pada diri kita sendiri. Selain itu, setiap agama pasti mengajarkan hal-hal yang baik di dunia maupun di akhirat. Karena, hidup ini hanya sekali, gunakanlah waktu sebaik mungkin agar tidak menyesal. 

4. Lingkungan yang buruk

Lingkungan yang buruk juga menjadi penyebab terjadinya pergaulan bebas. Lingkungan akan membentuk perilaku seseorang. Sehingga, pilihlah lingkungan yang memang tidak menjerumuskan pada perilaku yang salah. 

Misalnya, lingkungan pertemanan yang senang mabuk-mabukan, seks bebas dan pergaulan bebas lainnya, maka akan terjerumus kepada perilaku yang sama. Selain itu, jika di dalam lingkungan merupakan lingkungan psk, maka hal tersebut juga bisa menjerumuskan pada pergaulan bebas.

5. Pendidikan yang minim

Pengetahuan mengenai kesehatan reproduksi ini masih dianggap tabu dan tingkat pendidikan masyarakat pun masih berada pada menengah ke bawah. Sehingga, ketidaktahuan masyarakat mengenai dampak seks bebas, penyalahgunaan narkoba atau mabuk-mabukan masih belum tercapai. 

Oleh sebab itu, jika terjadi pergaulan bebas, maka akan berpengaruh terhadap masa depannya. Bisa terjadi hamil diluar nikah, penyakit serius akibat seks bebas serta penyalahgunaan narkoba dan alkohol.

6. Gaya hidup yang berlebihan

Gaya hidup yang berlebihan namun tidak didukung dengan ekonomi yang memadai bisa menyebabkan seseorang melakukan perilaku yang menyimpang. Seperti mencuri, seks bebas menjadi psk dan lain sebagainya. 

Kesimpulan

Pergaulan bebas merupakan perilaku menyimpang remaja yang tidak sesuai dengan norma dan aturan yang berlaku di masyarakat. Sehingga, hal tersebut menyebabkan dampak buruk bagi dirinya sendiri dan juga orang lain. 

Penyebab maraknya pergaulan bebas seperti ekonomi, broken home, kurangnya pemahaman agama, lingkungan yang buruk, pendidikan yang minim hingga gaya hidup yang berlebihan.

Dampak dari pergaulan bebas ini bisa menyebabkan pengaruh buruk, seperti penyakit serius akibat seks bebas serta penyalahgunaan narkoba dan alkohol, hamil diluar nikah dan lain sebagainya.

Publikasi: Ashefa Griya Pusaka

Scroll to Top