Tips Menangani Kecanduan Narkoba pada Orang Terdekat - Ashefa Griya Pusaka

Tips Menangani Kecanduan Narkoba pada Orang Terdekat

Tips Menangani Kecanduan Narkoba pada Orang Terdekat
Share on:

Memiliki teman atau anggota keluarga dengan masalah penyalahgunaan narkoba pasti menjadi beban pikiran kita, berikut ini tips menangani kecanduan narkoba pada orang terdekat.

Saat seseorang mengonsumsi narkoba maka orang tersebut akan terpengaruh oleh efek dari narkoba. Salah satunya kecanduan. Jika pengguna sudah kecanduan narkoba maka efek yang diterima beragam. Mulai dari efek emosional, psikologi dan finansial. Efek tersebut, tidak dirasakan pada pengguna saja tetapi pada anggota keluarga juga.

Tips Menangani Kecanduan Narkoba pada Orang Terdekat

Apabila di keluarga atau orang terdekat mengalami situasi seperti itu, maka ada hal yang perlu dilakukan untuk menolong orang yang kamu sayangi dan melindungi diri dari pengaruh narkoba juga. Untuk menangani permasalahan kecanduan narkoba membutuhkan waktu yang lama. Namun hasilnya pun sepadan dengan perjuangan untuk menangani kecanduan narkoba pada orang terdekat.

Tips Menangani Kecanduan Narkoba

Tips Menangani Kecanduan Narkoba pada Orang Terdekat

Tips menangani kecanduan narkoba pada orang terdekat. Memiliki masalah dengan kecanduan narkoba merupakan hal yang sangat berbahaya dan tidak bisa dibiarkan begitu saja, akibatnya akan sangat fatal jika Anda tidak segera menolong mereka.

Untuk menangani permasalahan kecanduan narkoba pada keluarga atau orang terdekat ada yang harus dilakukan seperti berikut ini:

  • Mencari informasi di internet

Carilah informasi mengenai program rehabilitasi narkoba di Ashefa Griya Pusaka. Seperti tempat rehabilitasi narkoba, program rehabilitasi narkoba, dan pengendalian masalah kecanduan narkoba. Carilah informasi yang akurat dan terpercaya, seperti situs web yang mempunyai dasar ilmiah maupun program medis yang jelas. 

Mempelajari ciri-ciri masalah kecanduan yang di alami orang terdekat yang mengonsumsi narkoba. Hal tersebut dilakukan supaya bisa membantu kamu untuk memahaminya.

  • Memahami permasalahan kecanduan

Kecanduan merupakan masalah yang tidak mudah untuk dipulihkan baik itu fisik dan mental. Jika kamu memahami permasalahan tersebut, maka bisa menolong kamu dalam menghadapi situasi ini.

Kamu berpikir jika pengguna narkoba itu orang yang mempunyai standar moral yang rendah. Tetapi, sebenarnya ada proses biologis dibaliknya yang membuat pengguna narkoba merasa sulit untuk berhenti.

  • Mempelajari cara penanganan kecanduan narkoba

Mempelajari cara penanganan menurut ahli kesehatan  juga penting dilakukan. Karena bisa membantu orang lepas dari kecanduan. Seperti metode terapi kognitig perilaku, manajemen  kontingensi, terapi penguatan motivasi dan terapi keluarga.

Mencari Bantuan Profesional

Carilah pusat rehabilitasi terdekat untuk orang yang mengalami kecanduan narkoba. Ketika memiliki seseorang yang kecanduan narkoba segeralah bantu untuk pulih, dengan cara sederhana mengenalkan tempat rehabilitasi narkoba terbaik seperti Ashefa Griya Pusaka

Melakukan konsultasi pada tenaga kesehatan yang profesional atau mencari penyediaan layanan yang menangani korban kecanduan narkoba yaitu rehabilitasi narkoba.

Pada kesempatan ini, korban penyalahguna narkoba akan mendapatkan program pemulihan untuk membantunya.

Melakukan program detoksifikasi yaitu penanganan efek fisik dari kecanduan narkoba. Tubuh seorang yang sudah terbiasa mengonsumsi narkoba, jika berhenti mengonsumsi maka akan berakibat pada bahaya serius. Oleh sebab itu program ini harus di bawah pengawasan dokter dan tenaga medis yang dibidangnya. Kemudian tim medis akan membantu dalam menghilangkan zat yang mengakibatkan kecanduan di tubuh pengguna secara sistematis dan aman.

Selanjutnya menjalani program rawat jalan. Program tersebut akan melibatkan sesi pertemuan dengan tenaga medis yang profesional yang mempunyai spesialisasi dalam menangani masalah kecanduan.

Tak hanya itu saja, berkonsultasi dengan terapis atau konselor yang profesional juga diperlukan. Supaya bisa lebih tahu adiksi hal apa saja yang dibutuhkan oleh korban kecanduan narkoba. 

Melakukan konseling keluarga bisa membantu orangtua, anak atau pasangan yang merasa stress atau kebingungan. Dilakukannya terapi keluarga untuk mengidentifikasi pola perilaku yang tak berguna atau pemicu perilaku pengguna narkoba.

Terapi bisa membantu keluarga dalam mengatasi permasalahan atau hambatan dan membangun pola interaksi yang baru. Terapi keluarga juga bisa membantu kemungkinan pengguna kambuh lagi (Relapse) dan menangani situasi darurat seperti overdosis narkoba atau perilaku kekerasan akibat kecanduan.

Fokus, Teguh dan Menentukan Batasan

Memberikan dukungan emosional namun tak mendukung perilaku kecanduan adalah hal yang tepat. Guna menyalamat pengguna dari penyalahgunaan zat yang sedang dikonsumsinya.  Mendukung pengguna untuk serius menjalani perawatan. 

Kemudian memberikan batasan yang sehat seperti tidak memberikan uang yang lebih sehingga dia tidak mampu membeli narkoba, memberikan dukungan emosional tapi tidak mengizinkan untuk mengonsumsi narkoba, selalu ada buat dia, mengharapkan kehadirannya dalam acara bersama tatapi bukan saat dia sedang mengonsumsi narkoba.

Melakukan komunikasi yang efektif dalam berbagai hal. Belajar mengungkapkan pikiran dan perasaan yang efektif. Melakukan komunikasi efektif  membuat kamu bisa fokus pada percakapan yang bermanfaat dan kemajuan dalam menolong pengguna narkoba. Kemudian terhindar dari pikiran negatif, saling mengalahkan, dan membentak.

Kemudian ajak dan dekati pengguna untuk berhenti mengonsumsi narkoba saat tidak sedang di pengaruhi efek sampingnya. Sehingga bisa untuk menerima respons yang tenang dan rasional.

Usahakan bawa obrolan ke arah yang lebih positif dan memberikan perhatian lebih. Kepedulian dan ramah dalam bertutur kata sangat bermanfaat, sedangkan dengan emosional atau marah tidak akan menyelesaikan masalah.

Jika ada waktu atau kesempatan konsultasi dengan konselor atau terapis mengenai cara-cara yang disarankan melakukan komunikasi yang efektif. 

Hindari komunikasi negatif seperti menceramahi agar berubah, membuatnya merasa bersalah, mengambil alih tanggung jawabnya, menyembunyikan atau membuang narkoba, bertengkar atau debat, menemani mengonsumsi narkoba.

Tips untuk Mengetahui Batas Kemampuan dalam Membantu Orang Kecanduan

Untuk mengetahui batas kemampuan kamu dalam membantu orang terdekat sangat penting untuk kepentingan kesehatan dan kebahagiaan sendiri. Jika kamu tidak memperhatikan diri sendiri juga, maka akan sulit menolong orang terdekat untuk berhenti mengonsumsi narkoba. Kamu juga harus tau mengenai batasan untuk terlibat dalam masalah kecanduan yang di alaminya.

Usahakan mempunyai hubungan yang baik di keluarga dan positif pada anak-anak. Harus saling membantu satu sama lain dan memotivasi.

Kecanduan narkoba tidak mudah untuk dipulihkan tanpa bantuan tim medis yang profesional. Anggota keluarga yang kecanduan narkoba, akan lebih terbantu dengan manfaat terapi individual maupun kelompok. Terapi ini dapat membantu keluarga pengguna narkoba bisa mengendalikan stress yang diakibatkan oleh hubungan yang bermasalah.

Baca juga Bagaimana Cara Menyikapi Anggota Keluarga Yang Memiliki Permasalahan Narkoba

Demikianlah penjelasan mengenai tips menangani kecanduan narkoba pada orang terdekat. Sebelum terlambat ayo ajak orang terdekatmu yang mengonsumsi narkoba untuk berhenti menyalahgunakan. Ikuti program rehabilitasi narkoba yang ada untuk pulih dari kecanduan narkoba. Ada beberapa tempat Rehabilitas narkoba yang bisa kamu kunjungi salah satunya rehabilitasi narkoba Ashefa Griya Pusaka. Banyak sekali program yang bermutu dan berkualitas. Tempatnya nyaman dan mempunyai tenaga yang profesional.

Publikasi: Ashefa Griya Pusaka

Scroll to Top