Apa itu Kecanduan Narkoba & Solusi Mengatasinya - Ashefa Griya Pusaka

Apa itu Kecanduan Narkoba & Solusi Mengatasinya

Apa itu Kecanduan Narkoba & Solusi Mengatasi Kecanduan
Share on:

Apa itu kecanduan narkoba dan ini solusi mengatasinya, hal ini sangat berguna untuk membantu anggota keluarga yang mengalami masalah ketergantungan.

Apa
Apa itu Kecanduan Narkoba & Solusi Mengatasi Kecanduan

Narkoba merupakan salah satu jenis obat-obatan atau zat yang berbahaya bagi tubuh sehingga dilarang dalam penggunaannya. Meskipun sudah ada larangan mengenai penyalahgunaan narkoba para penyalahguna masih banyak yang menyalahgunakannya.

Pelarangan penyalahgunaan narkoba dikarenakan narkoba bisa menghilangkan kesadaran, menimbulkan nyeri dan penyakit serta yang paling parah bisa menyebabkan kematian bagi para penyalahguna narkoba. 

Meskipun dampak bahaya yang akan dialami oleh para penyalahguna narkoba sangat banyak namun sebelum mengalaminya para penyalahguna akan mengalami sensasi dari narkoba yang di konsumsinya. Efek dari zat adiktif ini bisa sangat berbahaya karena hal tersebut bisa membuat para penyalahguna narkoba mengalami ketergantungan.

Mengenal Lebih Jauh Tentang Narkoba

Lalu apa itu narkoba? NAPZA, narkoba, narkotika dan obat-obatan berbahaya merupakan sebuah zat atau obat yang berbahaya bagi tubuh jika dikonsumsi secara berlebihan dan tanpa anjuran dokter. Narkoba bisa berasal dari tanaman ataupun berasal dari sintetis ataupun semi sintetis.

Narkotika memiliki beberapa golongan yang digolongkan sesuai dengan jenisnya. Narkotika dikelompokkan menjadi 3 golongan diantaranya adalah:

Narkotika golongan 1

Narkotika golongan 1 ini bisa digunakan hanya untuk kepentingan pengembangan ilmu pengetahuan atau sains. Narkotika golongan 1 tidak diperbolehkan untuk digunakan atau diproduksi dalam kepentingan lainnya. 

Sehingga dalam penggunaan narkotika golongan 1 perlu diawasi langsung oleh Menteri Kesehatan. Salah satu jenis narkotika golongan 1 diantaranya adalah heroin, kokain dan ganja

Narkotika golongan 2

Narkotika golongan 2 ini bisa digunakan untuk pengobatan jika sangat diperlukan dan menjadi pilihan terakhir sehingga narkotika golongan 2 ini pun bisa digunakan untuk terapi dan pengembangan ilmu pengetahuan atau sains. 

Narkotika golongan 2 memiliki efek atau risiko mengalami ketergantungan sehingga dalam penyalahgunaan narkotika golongan 2 ini perlu dilakukan sesuai dengan anjuran dokter. Salah satu jenis narkotika golongan 2 diantaranya adalah morfin, petidin serta turunan garam dalam golongan tertentu.

Narkotika golongan 3

Narkotika golongan 3 ini bisa digunakan untuk pengobatan dan juga terapi. Tak hanya iu narkotika golongan 3 juga bisa digunakan untuk pengembangan ilmu pengetahuan atau sains. Namun narkotika golongan 3 ini bisa menimbulkan ketergantungan. 

Salah satu jenis narkotika golongan 3 diantaranya adalah kodein san juga garam narkotika dalam gologan tertentu. 

Apa itu Kecanduan Narkoba?

Kecanduan narkoba merupakan suatu kondisi yang cukup sulit untuk diatasi dan sangat kompleks. Kecanduan narkoba terjadi karena adanya gangguan pada produksi hormon dopamin. Orang yang telah kecanduan narkoba disebut korban penyalahguna narkoba.

Dopamin merupakan salah satu jenis hormon yang dapat memberikan sensasi kebahagiaan. Sensasi kebahagiaan tersebut dikeluarkan dan dilepaskan oleh otak dengan jumlah yang tidak sedikit sehingga menyebabkan para penyalahguna nya merasa sangat bahagia. 

Sensasi kebahagiaan tersebut terjadi bisa dikarenakan karena makanan enak, menang judi, hubungan seks, alkohol, rokok ataupun narkoba sehingga menimbulkan efek ketergantungan dan juga kecanduan

Kandungan di dalam narkoba yang membuat kerja hipotalamus menjadi terganggu karena manipulasi narkoba. Hipotalamus berfungsi sebagai pengatur emosi dan juga suasana hati. Sehingga jika terganggu maka emosi dan suasana hati akan terganggu dan tidak stabil. 

Efek yang akan terjadi apabila seseorang kecanduan narkoba perasaan yang dialaminya adalah rasa bahagia dan keinginan untuk terus mengonsumsi narkoba.

Tak hanya membuat bahagia kecanduan narkoba juga menyebabkan semangat yang sangat tinggi, percaya diri serta teler karena terlalu parahnya menyalahgunakan narkoba. Hal tersebut terjadi akibat dari dopamin yang dikeluarkan terlalu banyak. 

Sensasi kebahagiaan yang dikeluarkan membuat para penyalahguna narkoba menjadi ingin terus merasakan hal tersebut sehingga terus menerus meningkatkan dosis yang digunakan. Hal tersebut justru akan merusak otak hingga menyebabkan kecanduan dan ketergantungan. 

Kecanduan dan ketergantungan narkoba ketika mengalaminya dan ingin keluar dari hal tersebut perlu adanya keyakinan dan kekuatan yang tinggi karena tidak sedikit para penyalahguna narkoba merasa sulit keluar dari narkoba karena mengalami sakau narkoba. 

Sakaw narkoba yang dialami oleh para penyalahguna narkoba berbeda-beda sesuai dengan jenis jenis narkoba yang disalahgunakan dan juga dosis yang digunakan. 

Solusi keluar dari kecanduan narkoba

Banyak sekali para penyalahguna narkoba yang sudah mengalami kecanduan narkoba ingin keluar dari kondisi dan situasi tersebut. Namun begitu sulit untuk keluar dari kecanduan dan ketergantungan narkoba tersebut. 

Namun tak sedikit juga banyak yang ingin keluar dari kecanduan narkoba namun karena sulit sehingga memilih untuk tidak keluar dari kecanduan dan ketergantungan narkoba tersebut. Kecanduan narkoba bisa terjadi akibat kesulitan dalam pengendalian diri dan juga lemahnya iman para penyalahguna narkoba. 

Kurangnya pemahaman yang dimiliki oleh para penyalahguna narkoba perlu diatasi dengan pemberian pemahaman yang cukup mengenai risiko penyalahgunaan narkoba yang menyebabkan kecanduan narkoba. 

Para penyalahguna narkoba yang ingin keluar dari kecanduan narkoba bisa diatasi secara mandiri ataupun dengan bantuan orang lain. Pengendalian diri dan tekad yang kuat agar keluar dari kecanduan narkoba tersebut bisa menjadi salah satu solusinya. 

Namun jika terasa sulit maka dukungan keluarga dan orang-orang terdekat bisa dilakukan agar dapat lebih mudah untuk keluar dari kecanduan narkoba. Namun jika masih terasa sulit cobalah untuk menghubungi pihak yang ahli di bidangnya. 

Misalnya dengan melakukan rehabilitasi. Rehabilitasi sangat penting dilakukan agar mampu keluar dari kecanduan narkoba. Karena tak sedikit para penyalahguna mengalami kesulitan sehingga rehabilitasi dilakukan oleh pihak yang ahli. 

Hal tersebut bisa memudahkan para penyalahguna narkoba untuk keluar dari kecanduan narkoba. Karena tak sedikit juga para penyalahguna narkoba ketika keluar dari narkoba mengalami sakaw narkoba dengan gejala yang bervariasi. 

Sehingga dengan rehabilitasi akan mendapatkan penanganan dan solusi yang tepat bagi para penyalahguna narkoba yang ingin keluar dari kecanduan narkoba. Segera konsultasikan masalah penyalahgunaan Anda ke pusat rehabilitasi narkoba Ashefa Griya Pusaka.

Kesimpulan

Setelah mengetahui apa itu kecanduan narkoba, sebaiknya kita tidak terjerumus menggunakan obat ini. Karena efek yang diberikan sangat merugikan kesehatan fisik dan mental penggunanya.

Narkoba merupakan suatu zat atau obat-obatan yang berasal dari alam ataupun sintetis dan juga semisintetis. Narkoba dilarang penyalahgunaannya karena menimbulkan dampak yang berbahaya. Kecanduan narkoba akan berakibat pada kondisi kesehatan dan sosial bagi korban penyalahguna.

Narkoba memiliki 3 jenis golongan. Narkoba dilarang penyalahgunaan nya karena mampu menimbulakn efek kecanduan dan ketergantungan. Jika para penyalahguna narkoba mengalami kecanduan narkoba maka akan sulit untuk keluar dari narkoba. 

Kecanduan narkoba terjadi akibat dari hormon dopamin yang dikeluarkan oleh otak terlalu banyak sehingga menimbulkan efek bahagia yang berlebihan. Karena merasa sensasi bahagia(euforia) yang berlebihan sehingga para penyalahguna narkoba banyak yang meningkatkan dosisnya. 

Hal tersebut perlu diatasi dengan dukungan keluarga ataupun orang-orang terdekat dan bisa juga dilakukan dengan rehabilitasi.

Publikasi: Ashefa Griya Pusaka

Scroll to Top