Efek Samping Berbahaya Putau - Ashefa Griya Pusaka

Efek Samping Berbahaya Putau

Efek Samping Berbahaya Putau
Share on:

Siapa yang tak kenal dengan jenis narkoba satu ini? Jenis narkoba yang biasa disebut heroin atau biasa juga disebut dengan putau merupakan salah satu jenis narkotika yang disukai dan dipakai oleh korban penyalahguna narkoba.

Efek Samping Berbahaya Putaw
Efek Samping Berbahaya Putau

Jenis narkoba dengan bentuk seperti serbuk putih ini biasanya bisa berubah menjadi cokelat kehitaman ketika dipanaskan. Selain itu tekstur nya pun akan berubah menjadi lengket. Heroin atau putau merupakan jenis narkoba yang dapat menimbulkan efek halusinasi.

Jangan sampai salah bahwa tidak hanya euforia yang akan didapatkan atau dirasakan oleh korban penyalahguna narkoba mengenai jenis narkoba satu ini. Karena efek lainnya pun sangat banyak dan bisa mengancam dirinya sendiri.

Jenis jenis narkoba memang memiliki banyak varian. Tentunya dengan bentuk dan bahaya berbeda-beda. Dalam segi pemakaian nya pun berbeda-beda. Namun yang paling jelas adalah semua jenis narkoba ini dapat menimbulkan ketergantungan.

Apa itu Putau?

Efek Samping Berbahaya Putau

Putau/putaw adalah salah satu jenis dari dari penggolongan NAPZA. Biasanya jenis narkoba satu ini digunakan untuk meningkatkan euforia, menimbulkan efek halusinasi, menurunkan kesadaran dan paling parah bisa menyebabkan kecanduan.

Putau atau heroin memiliki bentuk seperti bubuk atau serbuk putih seperti susu. Untuk cara pemakaian nya pun bisa dilakukan dengan dihirup, disuntikan atau dicampur dengan air. Ada juga yang menggunakan dengan cara dibakar atau ditelan langsung.

Heroin atau putau merupakan jenis dari penggolongan narkotika golongan 1. Sehingga hal tersebut merupakan suatu jenis narkotika yang tidak digunakan untuk terapi dan digunakan untuk kepentingan riset dan pengembangan ilmu pengetahuan.

Apa itu Overdosis Putau?

Mengenal apa itu Heroin atau putau merupakan salah satu zat yang merupakan golongan opioid. Golongan opioid merupakan suatu obat-obatan yang biasanya dipakai untuk mengatasi ketika seseorang mengalami nyeri hebat.

Heroin atau putau, codein, morfin, methadone merupakan jenis narkotika yang termasuk ke dalam golongan opioid. Biasanya dokter atau tenaga medis memberikan opioid bagi paseien yang mengalami nyeri hebat. Seperti kepada pasien yang mengalami kanker (cancer pain).

Karena kegunaan dan efek yang dapat dirasakan tersebut membuat opioid ini salah satunya heroin atau putau sering disalahgunakan dalam pemakaiannya sehingga banyak sekali korban penyalahguna narkoba yang mengalami ketergantungan.

Dampak penggunaan narkoba, bagi penyalahguna yang mengonsumsi heroin atau putau akan mengalami pernapasan yang lebih teratur, keadaan yang lebih tenang dan santai serta mengalami rasa nyaman. Hal tersebut yang membuat penyalahguna menjadi ketergantungan.

Pada waktu berikutnya, korban penyalahguna narkoba harus mengonsumsi dosis heroin atau putau dalam dosis yang lebih banyak. Karena efeknya akan dirasakan setelah ia meningkatkan dosisnya. Sehingga lama kelamaan penyalahguna narkoba akan mengalami overdosis.

Hal tersebut dialami oleh korban penyalahguna narkoba yang mengonsumsi jenis narkoba ini. mereka menginginkan untuk mendapatkan efek yang lebih baik namun yang terjadi adalah mereka akan mengalami berbagai keluhan lain seperti mual, muntah, lemas, tekanan darah tinggi dan bahkan kehilangan kesadaran.

Efek Samping Heroin atau Putau

Pada abad ke-19 heroin atau putau beralih fungsi yakni digunakan sebagai obat batuk. Namun setelah beberapa tahun ke depan penggunaan heroin atau putau sebagai obat ini diketahui menimbulkan adiksi serta ketergantungan. Efek samping putau sangat berbahaya bagi penyalahgunanya.

Hal tersebut terjadi karena heroin atau putau ini akan masuk ke dalam aliran darah dan kemudian akan terbawa oleh darah menuju otak. Hal ini bisa menurunkan kinerja otak. Setelah berada di otak, heroin atau putau ini akan menimbulkan euforia atau kesenangan berlebih dan juga diikuti dengan rasa tenang dan mengantuk. Baca juga Pengaruh Dari Penyalahgunaan NAPZA Terhadap Kinerja Otak

Efek yang sering dicari oleh korban penyalahguna narkoba adalah ketenangan, kenyamanan dan juga euforia. Tidak hanya itu masih banyak efek samping yang akan dirasakan ketika mengonsumsi jenis narkoba satu ini.

Tidak hanya itu, bahaya yang akan dialami oleh korban penyalahguna narkoba pun akan dirasakan dan bisa mengancam dirinya sendiri. Kematian bisa datang kapan saja. Oleh karena itu mari simak apa saja efek samping mengonsumsi jenis narkoba satu ini.

Efek samping jangka pendek yang akan dirasakan oleh korban penyalahguna narkoba diantaranya adalah :

  • Tangan dan kaki terasa berat
  • Mual dan muntah
  • Mulut kering
  • Penurunan kesadaran
  • Sulit berfikir dan berkonsentrasi
  • Kulit terasa hangat dan disertai dengan gatal

Selain itu pun masih banyak efek samping yang dapat dirasakan. Selain itu pun penggunaan jangka panjang akan menimbulkan masalah yang dapat dialami jika mengonsumsi heroin atau putau diantaranya adalah :

  • Insomnia atau kesulitan tidur
  • Disfungsi seksual
  • Siklus haid tidak teratur
  • Gangguan mental seperti :
  • Gangguan cemas
  • Halusinasi
  • Depresi
  • Abses atau infeksi pada lokasi suntikan
  • Kerusakan pada pembuluh darah akibat penggunaan jarum suntik berulang kali
  • Peningkatan resiko HIV dan hepatitis
  • Kekebalan tubuh menurun
  • Gangguan hati
  • Gangguan hormone
  • Masalah pencernaan
  • Gangguan saraf

Bahaya Lain Dari Heroin atau Putau

Heroin atau putau memiliki efek kecanduan yang cukup besar dibandingkan jenis narkoba lainnya. Misalnya saja dibandingkan dengan morfin, heroin atau putau memiliki efek candu 2-3 kali lebih kuat dibandingkan morfin.

Korban penyalahguna narkoba terutama heroin atau putau jika diberhentikan secara tiba-tiba maka hal tersebut akan menimbulkan sakaw. Sakaw yang dialami bisa menimbulkan gejala-gejala yang tidak bisa dianggap remeh.

Diantaranya adalah ketika seseorang mengalami sakaw maka akan mengalami gejala seperti cemas, kesulitan untuk tidur, gemetaran, tubuh terasa sakit dan lain sebagainya. Selain itu pun jika digunakan secara lama dan dalam jangka panjang maka akan menimbulkan suatu efek toleransi atau dapat menyebabkan overdosis.

Jika tidak segera diatasi dan diberikan pertolongan maka korban penyalahguna narkoba akan mengalami beberapa bahaya lainnya seperti kejang, koma, gagal napas dan bisa mencapai meninggal dunia.

Oleh karena itu sudah seharusnya kita jauhi narkoba agar hidup kita selamat. Bahaya dan efek samping yang akan dialami pun tidak main-main. Jangan sampai menyesal karena masuk ke lubang yang salah.

Kesimpulan                            

Putau atau heroin merupakan salah satu jenis dari dari penggolongan narkotika. Biasanya jenis narkoba satu ini digunakan untuk meningkatkan euforia, menimbulkan efek halusinasi, menurunkan kesadaran dan paling parah adalah menyebabkan kecanduan.

Putau atau heroin memiliki bentuk seperti bubuk atau serbuk putih seperti susu. Untuk cara pemakaian nya pun bisa dilakukan dengan dihirup, disuntikan atau dicampur dengan air. Ada juga yang menggunakan dengan cara dibakar atau ditelan langsung.

Efek yang sering dicari oleh korban penyalahguna narkoba adalah ketenangan, kenyamanan dan juga euforia. Tidak hanya itu masih banyak efek samping yang akan dirasakan ketika mengonsumsi jenis narkoba satu ini.

Banyak sekali bahaya yang dapat dirasakan oleh korban penyalahguna anrkoba yang mengonsumis heroin atau putau. Oleh karena itu lebih baik mencegah daripada mengobati. Saling mengingatkan orang-orang sekitar untuk tidak dan jangan terjerumus ke dalam narkoba.

Segera konsultasikan masalah Anda ke layanan hot line kami di nomor 081388884646

Informasi lebih lanjut, kunjungi website kami: ashefagriyapusaka.co.id

Sumber : Alodokter, klikdokter

Artikel ini dipublikasikan oleh: https://ashefagriyapusaka.co.id.

Scroll to Top